Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP, Honda BR-V Raih Skor 5 Bintang

Awal April ini, ASEAN NCAP (New Car Assessment Program) telah merilis hasil uji tabrak (crash test) dari mobil Honda terlaris saat ini, Honda BR-V. Selain Honda BR-V, Asean NCAP juga telah merilis hasil uji tabrak beberapa mobil Honda lainnya, seperti Honda Jazz, Honda HR-V, CR-V, Civic, dan Honda City. Hasilnya, semua mobil Honda tersebut lolos dengan nilai minimal 4 bintang.

Honda-BR-V Crash Test

Honda-BR-V Crash Test

Nah, khusus untuk Honda BR-V, hasil dari Asean NCAP ini adalah 4 bintang dan 5 bintang. Loh kok iso? Hehe… 4 bintang yang didapatkan BR-V adalah untuk BR-V yang tidak dilengkapi ESC (Electronic Stability Control), sementara yang mendapatkan 5 bintang adalah BR-V yang dilengkapi dengan ESC. Untuk detail dari hasil uji tabrak ini adalah sebagai berikut.

Honda-BR-V Crash Test

Honda-BR-V Crash Test

AOP (Adult Occupant Protection)

Asean NCAP mensyaratkan mobil dengan 5 bintang hanyalah mobil dengan fitur ESC, maka otomatis hanya BR-V varian tertinggi (varian Prestige CVT) yang bisa mendapatkan skor 5 bintang. BR-V varian S dan varian E baik M/T maupun A/T maksimal hanya mendapatkan skor 4 bintang. Walaupun beda bintang, namun nilai AOC atau perlindungan terhadap orang dewasa dari Honda BR-V mencapai 14,79 dari maksimal 16 poin, nilainya sama untuk BR-V dengan ESC maupun tanpa ESC.

AOP Honda BRV

AOP Honda BRV

COP ( Child Occupant Protection)

Sedangkan untuk nilai COP atau perlindungan terhadap anak-anak, Honda BR-V mampu mendapatkan nilai total 35,04 dari maksimal 49.

COP Honda BRV

COP Honda BRV

Mantab juga ternyata hasil uji tabrak Honda BR-V ini ya… OK, bagaimana kalau kita bandingkan dengan rivalnya di Indonesia, Toyota Rush yang juga mendapatkan 4 bintang? Toyota Rush saya pilih karena sama-sama mobil laris di Indonesia untuk kategory small SUV, walaupun 5 seater vs 7 seater. Monggo disimak tabel dibawah ini.

Crash Test BR-V vs Rush

Crash Test BR-V vs Rush

Dari tabel diatas, terlihat bukan bahwa Honda BR-V unggul di AOP atau perlindungan terhadap orang dewasa, sementara Toyota Rush unggul di COP atau perlindungan terhadap anak. Nah, sekarang mau pilih yang mana?

 

Related Post

Advertisements

9 comments on “Hasil Uji Tabrak ASEAN NCAP, Honda BR-V Raih Skor 5 Bintang

  1. Pingback: Perbandingan Uji Tabrak Antara Avanza, Xenia, Ertiga, Datsun Go, Calya dan Sigra. Siapa yang Paling Aman? | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s