Mobil Batam : Antara Plat X, Z, V, U dan Y. Apa Bedanya?

 

Halaman Sebelumnya : Mobil Plat X

2. Mobil Plat Z

Tahun 2011, di Batam diadakan registrasi ulang semua kendaraan Plat X  untuk menertibkan administrasi kendaraan di Batam yang saat itu banyak bermasalah. Setelah diregistrasi, maka mobil-mobil dengan plat X akan diganti menjadi plat Z. Jadi, Plat Z atau Plat X pada dasarnya sama, hanya sudah registrasi ulang atau belum. Kalau kita mau membeli mobil bekas Batam dan ternyata masih plat X, berarti belum registrasi ulang dan kita harus merogoh kocek sekitar 450 ribu rupiah untuk registrasi ulang ke plat Z (kalau lewat calo bisa sampai 1,5 juta rupiah).

Mobil Plat Z

Mobil Plat Z – Epoh Bro…

3. Mobil Plat V

Berbeda dengan Plat X dan Plat Z yang merupakan mobil impor dalam keadaan bekas atau seken, mobil dengan plat V adalah mobil baru yang diimpor bulat-bulat (eh…kotak ding) masuk ke Batam alias CBU. Mobil Plat V ini harganya jauh lebih murah dibandingkan mobil yang jenisnya sama tetapi “diimpor” melalui Jakarta atau kota lain selain Batam ataupun produksi dalam negeri.

Honda Fit Plat V

Honda Fit Plat V

Untuk mobil CBU plat V, harganya memang lebih murah dibandingkan harga mobil CKD atau made in Indonesia yang sejenis. Namun, konsekuensinya adalah pajak tahunan yang lebih mahal dibandingkan mobil “lokal”. Honda Fit saya dengan cc 1.300, pajak tahunannya sekitar 2,5 juta rupiah, lebih mahal dibandingkan dengan Avanza Veloz dengan cc 1.500 yang “hanya” sekitar 2 jutaan per tahun.

Dan juga, STNK mobil plat V pasti ada cap”Fasilitas FTZ CBU” yang tidak enak dilihat tapi tidak mungkin dihilangkan 😀

STNK Plat V

STNK Plat V – Ada Tulisan Fasilitas FTZ CBU

4. Mobil Plat U

Ada lagi Plat U, dimana salah satu huruf di belakang angka plat nomor ada huruf U. Misalnya BP 222 BU, atau BP 111 UH. Nah, untuk yang ada huruf U di plat nomornya, bisa dipastikan mobil tersebut adalah angkutan umum atau bekas angkutan umum. Bisa taksi, angkot ataupun bis kota semuanya akan menggunakan huruf U di plat nomornya.

Taksi Batam - Plat U

Taksi Batam – Plat U

Taksi Batam - Plat U dari Jakarta

Taksi Batam – Plat U dari Jakarta

Bagimana dengan mobil impor yang dijadikan sebagai angkutan umum?

Untuk mobil impor yang dijadikan angkutan umum, maka aturan nomor 1, 2 dan 3 di atas tetap berlaku. Misalnya mobil bekas yang diimpor dari Singapore sebelum tahun 2003 dijadikan taksi, maka plat nomornya akan menjadi misalnya BP 4444 XU atau BP 4444 ZU jika sudah registrasi ulang. Jika mobil impornya baru (CBU), maka plat nomornya akan menjadi misalnya BP 4444 UV atau BP 4444 VU. Di Batam banyak lho Civic SiR, Lancer MIVEC ataupun Nissan Cefiro impor dari Singapore yang dijadikan taksi 😀

Taksi Batam - Plat U impor CBU

Taksi Batam – Plat U (impor CBU)

Next : Mobil Plat Y

82 comments on “Mobil Batam : Antara Plat X, Z, V, U dan Y. Apa Bedanya?

    • Kalau dikampak dan diambil mesinnya, secara legal tetep ga bisa… kecuali masuk ke Batam sudah dalam kondisi gelondongan mesin itu baru bisa keluar legal. Tapi denger-denger sih mobil Batam akan bisa keluar Batam…biar ga macet, cuma masih rumor sih

  1. inilah kampungku batam kepulauan riau… sakyline, ferari, lamborgini, limosin aja di buat narik penumpang… disinilah mobil bernilai jual tinggi didaerah lain namun dibatam kebanyakan jadi rongsokan…

  2. Pingback: Diperkenalkan Di Batam, Ini Harga Toyota Calya | MivecBlog.com

  3. Di sana ada yang jual honda delsol ga mas? Dan apa betul ga bisa keluar batam, kl di bayar pajak dan lain2 bisa berati ya? Atau ndak bisa juga..
    Mohon pencerahan nya tertarik sama honda delsol sejak lama

  4. kalau dari sumatra barat di mutasi ke batam sama kasusnya seperti dari jakarta mutasi ke batam ya mas. Dan kendaraannya tetap bisa di bawa keluar batam nantinya…?

  5. Om kalo kita punya subaru wrx plat B dan diluar batam bisa ga kita ke batam bawa stnk dan plat nomer terus beli subaru wrx juga yang identik di batam terus dibawa keluar batam pake plat dan stnk plat B tadi? 😁

  6. nah kalo misal saya bawa mobil kijang dari Jakarta masuk ke Batam naek kapal. lalu saya swap RB26DETT di batam. trus keluar batam lagi bisa mbah? dari plat sih ga ada X Z V Y nya. pasti lolos dong. eh.. cucu bingung ini. cara keluar dari batam itu cuma tinggal naek kapal aja kan ya? asal bukan X Z V Y bisa langsung naek? kalo X V Y Z dilarang naek. kalo selain itu tinggal naek aja(tanpa surat2/ditanya2) kan?

    • Lha… kan waktu keluar dari Batam dicek mobilnya. Kalau petugasnya teliti sampai dicek ke nomor mesin dan rangka lho mbah… 🙂
      Apalagi tujuan Jakarta… teliti banget. Kalau tujuan Pinang sih ga begitu detail kadang ngeceknya… ehhh

  7. hahahaha..
    aneh y…
    masa v,z,x masi ga bisa kluar batam…
    sama” mobil menggunakan plat nomor nasional tp ada yg di batasi…
    itu mah namanya ga adil….
    sama” beli n bayar pajak juga pun…
    kalo emng g bisa jajal jalanan seluruh indonesia seharusnya jangan dikasi plat nasional dong…

  8. misi donk min… klau boleh ikut tanya
    barti utk mobil yg bsa kluar dr batam stlah byar Ppn 10% yg plat X??
    adkah cara utk beli mobil seken dr batam utk dbwa ke jawa yg bisa plat yg apa? X?

  9. Plat U untuk plat kuning atau umum (angkot, taxi, bus umum/ bus pariwisata), plat Y untuk kendaraan mutasi dari luar daerah/ luar provinsi yang dibawa ke Batam

  10. gan mau tanya, kalo misalkan kita beli mobil cbu di jakarta via importir umum lalu kita mutasiin ke batam tetep bisa dibawa keluar batam kan ya?

  11. Pingback: Ini Dia Harga Suzuki Nex II di Batam, Benar-benar #KerenCaraBaru Nih! | MivecBlog.com

  12. Pingback: Harga Promo Ninja 250SL di Batam Paling Mahal Se-Indonesia. FTZ-nya Kemana? | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.