Mobil Batam : Antara Plat X, Z, V, U dan Y. Apa Bedanya?

OK, seperti janji saya dalam tulisan sebelumnya, saya akan sedikit menjelaskan tentang mobil-mobil di Batam, dilihat dari plat nomornya.

Mobil-mobil di Batam memang terbilang berbeda dibandingkan dengan mobil-mobil di daerah lain di Indonesia. Di Batam akan sangat banyak kita temui mobil-mobil yang “asing” karena tidak akan atau jarang kita jumpai di Jakarta, ataupun daerah lain di Indonesia. Ada Mitsubishi Storm, Pajero IO, Lancer Mivec, Colt hatchback, Lancer Wagon, Honda Integra, CRX Del Sol, Honda Civic SiR, EK4 dan EK9 (walaupun sekarang sudah banyak yang menghilang), Honda S2000, Daihatsu Copen, Toyota Corolla diesel, Corona GLi 1.6, Toyota MR2, Nissan Skyline dan masih banyak lagi terutama dari pabrikan Jepang.

Deretan Mobil CBU di Batam Motor Show

Deretan Mobil Impor di Batam Motor Show

Tentu saja hal ini disebabkan oleh status Batam yang ditetapkan sebagai kawasan FTZ (free trade zone) sehingga barang-barang build up termasuk mobil dan motor bisa “bebas” masuk ke Batam tanpa tambahan bea masuk, PPn dan PPnBM. Bebas disini bukan berarti kita bisa langsung pesan Nissan GTR dari Jepang dan mengimpor ke Indonesia ya 😀 . Walaupun bebas tetapi tetap ada aturannya, misalnya pengimpor harus terdaftar sebagai importir, memenuhi kuota mobil/motor yang boleh masuk tiap tahun, dan lain-lain. Tapi yang jelas, harga mobil impor CBU akan menjadi jauh lebih murah dibandingkan harga mobil CKD atau produksi dalam negeri. Lha bandingkan saja, Subaru BRZ di Batam “hanya” 400 juta rupiah, kalau di Jakarta sudah 600-an juta kan? :mrgreen:

Harga VW Polo 1.4 MPI

Harga VW Polo 1.4 MPI (Batam)

Nah, kemudian yang jadi persoalan, bagaimana kita membedakan antara mobil CBU dan non CBU? Soalnya sudah jelas, mobil CBU yang masuk ke Batam tidak bisa keluar dari Batam bagaimanapun caranya (kecuali ilegal lho ya… ups!). Inilah konsekuensi dari status FTZ di Batam, bebas masuk tapi tidak bebas keluar. Masalah ini yang akan kita bahas bersama, dimana mobil CBU dan non CBU ternyata bisa dibedakan dari plat nomornya.

Di Batam, sejauh yang saya tahu setidaknya ada 5 jenis mobil yang berbeda. Kelima jenis mobil tersebut bisa kita bedakan dari huruf yang terdapat pada plat nomornya, yaitu plat X, Z, V, U dan Y. Walaupun sama-sama Toyota Alphard dengan tahun yang sama, kapasitas mesin sama, bisa jadi harganya berbeda, pajak tahunannya berbeda dan juga ada yang bisa keluar Batam namun ada juga yang tidak boleh. Karena agak panjang, saya bagi menjadi beberapa halaman ya… 🙂

1. Mobil Plat X

Berdasarkan SK Menteri Keuangan nomor 825 tahun 1990, seluruh barang masuk ke Batam termasuk mobil dan motor tidak dikenakan bea masuk dan pajak pertambahan nilai. Waktu itu ada kebijakan yang diterapkan Otorita Batam (sekarang BP Batam) bagi importir yang ingin memasukkan mobil bekas ke Batam alias bukan brand new (baru), yaitu harus mobil yang umurnya maksimal 5 tahun sejak tahun diproduksi. Maksudnya kalau misalnya sekarang tahun 1997, berarti maksimal kendaraan yang dimasukkan ke Batam harus produksi tahun 1992. Jadi, mobil produksi tahun 1992 ke bawah sudah dilarang masuk ke Batam.

Syarat lain dari Otorita Batam waktu itu adalah one in one out. Importir mobil harus menghancurkan atau scrapping satu mobil lama sebelum memasukkan satu mobil lagi ke Batam. Dan ia harus menunjukkan bukti scrapping kendaraan tersebut pada OB, walaupun sepertinya pengawasan untuk yang satu ini sangat sulit. Setelah tahun 2003, kendaraan bekas tidak boleh lagi masuk ke Batam dengan keluarnya PP 63 tahun 2003 yang menyebutkan bahwa mobil yang masuk Batam haruslah mobil baru, tidak lagi mobil bekas.

Nah, mobil-mobil bekas yang dimasukkan ke Batam inilah yang akan membawa identitas plat X. Maksud Plat X ini adalah adanya huruf X di bagian belakang plat nomor, misalnya BP 888 EX atau BP 1111 XL. Dengan cara apapun mobil ber-plat X tidak akan bisa keluar dari Batam, kecuali ilegal :mrgreen:

Contoh Plat X Batam

Contoh Plat X Batam

Next : Mobil Plat Z

Advertisements

70 comments on “Mobil Batam : Antara Plat X, Z, V, U dan Y. Apa Bedanya?

    • Kalau dikampak dan diambil mesinnya, secara legal tetep ga bisa… kecuali masuk ke Batam sudah dalam kondisi gelondongan mesin itu baru bisa keluar legal. Tapi denger-denger sih mobil Batam akan bisa keluar Batam…biar ga macet, cuma masih rumor sih

  1. inilah kampungku batam kepulauan riau… sakyline, ferari, lamborgini, limosin aja di buat narik penumpang… disinilah mobil bernilai jual tinggi didaerah lain namun dibatam kebanyakan jadi rongsokan…

  2. Pingback: Diperkenalkan Di Batam, Ini Harga Toyota Calya | MivecBlog.com

  3. Di sana ada yang jual honda delsol ga mas? Dan apa betul ga bisa keluar batam, kl di bayar pajak dan lain2 bisa berati ya? Atau ndak bisa juga..
    Mohon pencerahan nya tertarik sama honda delsol sejak lama

  4. kalau dari sumatra barat di mutasi ke batam sama kasusnya seperti dari jakarta mutasi ke batam ya mas. Dan kendaraannya tetap bisa di bawa keluar batam nantinya…?

  5. Om kalo kita punya subaru wrx plat B dan diluar batam bisa ga kita ke batam bawa stnk dan plat nomer terus beli subaru wrx juga yang identik di batam terus dibawa keluar batam pake plat dan stnk plat B tadi? 😁

  6. nah kalo misal saya bawa mobil kijang dari Jakarta masuk ke Batam naek kapal. lalu saya swap RB26DETT di batam. trus keluar batam lagi bisa mbah? dari plat sih ga ada X Z V Y nya. pasti lolos dong. eh.. cucu bingung ini. cara keluar dari batam itu cuma tinggal naek kapal aja kan ya? asal bukan X Z V Y bisa langsung naek? kalo X V Y Z dilarang naek. kalo selain itu tinggal naek aja(tanpa surat2/ditanya2) kan?

    • Lha… kan waktu keluar dari Batam dicek mobilnya. Kalau petugasnya teliti sampai dicek ke nomor mesin dan rangka lho mbah… 🙂
      Apalagi tujuan Jakarta… teliti banget. Kalau tujuan Pinang sih ga begitu detail kadang ngeceknya… ehhh

  7. hahahaha..
    aneh y…
    masa v,z,x masi ga bisa kluar batam…
    sama” mobil menggunakan plat nomor nasional tp ada yg di batasi…
    itu mah namanya ga adil….
    sama” beli n bayar pajak juga pun…
    kalo emng g bisa jajal jalanan seluruh indonesia seharusnya jangan dikasi plat nasional dong…

  8. misi donk min… klau boleh ikut tanya
    barti utk mobil yg bsa kluar dr batam stlah byar Ppn 10% yg plat X??
    adkah cara utk beli mobil seken dr batam utk dbwa ke jawa yg bisa plat yg apa? X?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s