Mengenal Lebih Dekat Honda Fit GE6 CBU Tahun 2012

Mesin & Performa

Di bawah kap, inilah bedanya Honda Jazz dan Honda Fit saya. Mesinnya bukan 1,5 liter, tetap hanya 1,3 liter. Menggunakan mesin yang identik dengan Honda Brio Sport, L13A, mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal 100 ps @6000 rpm dan torsi 126 Nm @4800 rpm.

Honda_Fit_L13A

Honda_Fit_L13A

Honda_Fit_L13A

Honda_Fit_L13A

Tenaga tersebut disalurkan ke roda dengan transmisi CVT, yups CVT… bukan 5 Speed AT seperti halnya Honda Jazz di Indonesia. Penggunaan CVT di Honda Fit memang membuat irit BBM, namun untuk urusan performance hmm… cuma 3 kata, lemot, lemot dan lemot, terutama di tarikan awal 😀

Honda_Fit_CVT

Honda_Fit_Transmisi CVT

Tapi kalau RPM sudah berada di atas 3000, maka tenaganya baru akan terasa, sangat enak untuk “srunthulan” 🙂 . Karena pakai CVT, jadi tuas transmisi juga tidak ada D3, D2 dan D1 ( sudah tahu kelesss 😀 ), cuma ada P, R, N, D, S dan L. Tapi memang karena Grade Logic Controlnya bekerja sangat baik, jarang sekali saya pakai S dan L… cukup D dalam semua kondisi 🙂

Transmisi Honda_Fit CBU

Tuas Transmisi Honda_Fit CBU

Konsumsi BBM sendiri mungkin tidak terlalu irit. Saat dipakai istri saya, konsumsi BBM yang tertera di MID rata-rata sekitar 13 km/liter. Rutenya memang lebih banyak di dalam kota seperti mengantar anak sekolah, mengambil barang jualan, dll. Namun kalau saya yang pakai rata-rata berada di kisaran 14 hingga 15 km/liter. Memang beda kaki beda hasil sih 😀

Konsumsi BBM Honda Fit_Dipakai oleh Istri

Konsumsi BBM Honda Fit_Dipakai oleh Istri

Konsumsi BBM Honda Fit_Dipakai saya

Konsumsi BBM Honda Fit_Dipakai saya

Sedangkan kalau dipakai ke luar kota, biasanya ke arah Barelang bisa mencatatkan konsumsi BBM sekitar 18 km/liter. Tidak terlalu irit memang karena kondisi jalan yang naik turun dan lalu lintas yang tidak sepi.

Konsumsi BBM Honda Fit_Keluar Kota

Konsumsi BBM Honda Fit_Keluar Kota

Lain-lain

Hal lain dari Honda Fit CBU yang mungkin berbeda dengan Honda Jazz adalah di bagian bagasi. Ukuran bagasi sih sama, cuma isi di bawah bagasi yang berbeda. Kalau di Honda Jazz selain ada tool set juga ada ban serep, nah…kalau di Honda Fit tidak ada tuh namanya ban serep. Yang ada hanyalah cairan pencegah ban bocor, walaupun hingga sekarang alhamdulillah belum saya pakai :mrgreen:

Isi bagasi Honda_Fit

Isi bagasi Honda Fit CBU

Cairan anti bocor bawaan Honda Fit CBU

Cairan anti bocor bawaan Honda Fit CBU

Satu lagi fitur yang agak aneh menurut saya adalah kaca di balik sun visor. Di Honda Fit saya, kaca di balik sun visor hanya ada di bagian pengemudi, di bagian penumpang depan malah nihil. Mungkin mobil ini memang dikhususkan buat cewek kali ya 😀

Kaca Sun Visor Honda Fit

Kaca Sun Visor Honda Fit

Wihhh panjang juga ternyata ngelindurnya… Okelah, mungkin ini saja yang bisa saya ceritakan tentang Honda Fit CBU. Semoga bermanfaat…

 

Related Post

 

28 comments on “Mengenal Lebih Dekat Honda Fit GE6 CBU Tahun 2012

  1. Pingback: Mobil Batam : Antara Plat X, Z, V, U dan Y. Apa Bedanya? | MivecBlog.com

  2. itu ada paddlepop eh paddleshift nya kan ya, masih penasaran sih dengan cvt kalo di ala manual gitu gimana rasanya.. soalnya seumur-umur bawa mobil metik baru 4AT nya freed dan 5AT jazz gen-2.. itu aja rasanya belum dapet feel mainan paddleshift.. :mrgreen:

  3. Perbedaan harga fit sama jazz brp ya bang? Utk bekas pnya.. jarang soalny lihat honda fit dibatam, ap karena bodiny yg emg mirip dgn jazz jd agak susah bedainny 😂 , soalnya suka aja dgn bodi kek jazz apalgi klo udah di modif kan, pas lihat honda fit jdi penasaran nih? 😅 Soalny hrga honda jazz mahal2 sih wlaupun bekas….

  4. Pingback: Full Review Suzuki Ignis, Urban SUV Keren dan Penuh Fitur | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.