Hyundai Ioniq segera Diluncurkan, Akankah Menjadi Prius Killer?

Pasar mobil hijau semakin dilirik oleh produsen mobil-mobil dunia, terutama akibat harga minyak yang semakin lama semakin naik dan juga isu emisi gas buang yang tidak bisa dianggap remeh. Ada yang langsung mengeluarkan mobil listrik (EV : Electric Vehicle) seperti Tesla dan Nissan Leaf, namun ada pula yang bermain dulu di mobil hybrid, seperti Honda Jazz hybrid dan tentu saja Toyota Prius.

Toyota Prius 2016

Toyota Prius 2016

Walaupun sedikit ketinggalan, namun produsen mobil dari Korea, Hyundai juga akan segera menelurkan satu jagoannya yang merupakan mobil hybrid. Tak tanggung-tanggung, mobil hybrid Hyundai ini merupakan yang pertama dengan tiga varian sekaligus yaitu hybrid, plug-in hybrid dan mobil listrik (EV). Lhoh, emang apa bedanya hybrid dan plug-in hybrid? Jelas beda dong… Ini bedanya :

  1. Mobil hybrid adalah mobil yang menggunakan tenaga mesin bahan bakar bensin/solar dan juga baterai yang menggerakkan motor listrik. Saat berjalan, baterai akan diisi/di-charge oleh putaran mesin sehingga bia digunakan oleh motor listrik saat dibutuhkan (misalnya di kecepatan rendah).
  2. Mobil Plug-in hybrid adalah mobil hybrid yang sedikit dikembangkan layaknya mobil listrik, yaitu dengan tambahan colokan listrik untuk mengisi baterai mobil. Jadi secara gampang, mobil hybrid tidak bisa di-charge lewat colokan listrik, sedangkan plug in hybrid bisa di-charge 🙂
Mobil Hybrid vs Plug-in Hybrid

Mobil Hybrid vs Plug-in Hybrid

Nah, balik lagi nang laptop Hyundai Ioniq…

Hyundai Ioniq akan segera meluncur di Korea pada bulan Januari 2016 ini. Sedangkan untuk pasar internasional baru akan diperkenalkan di ajang Geneva Auto Show dan New York Auto Show 2016 nanti. Namun, spyshot pengetesan mobil ini sudah bertebaran di dunia maya, mulai dari yang ditutup-tutupi hingga yang telanjang alias tanpa penutup. 

Hyundai Ioniq - Spyshot

Hyundai Ioniq – Spyshot

Hyundai Ioniq - Spyshot 2

Hyundai Ioniq – Spyshot tanpa penutup

Untuk spesifikasi lengkapnya masih belum diketahui, namun kabarnya mobil ini akan menggendong mesin 4 silinder 1600 cc GDI (Gasoline Direct Injection) dengan tenaga maksimal 105 HP @5.700 rpm dan torsi maksimal 147 Nm @4.000 rpm. Kemudian untuk motor listriknya sendiri akan menghasilkan tenaga 43 hp dan torsi 169 Nm yang nantinya akan disalurkan ke roda depan melalui transmisi DCT 6 speed yang tentu saja lebih smooth, cepat dan juga irit. Wah, benar-benar bakalan jadi saingan berat nih buat Toyota Prius… 😀

Hyundai Ioniq

Hyundai Ioniq – Keren nih…

Toyota Prius sendiri mempunyai spesifikasi mesin 4 silinder 1800 cc dengan tenaga 134 hp @5200 rpm dan torsi 142 Nm @4000 rpm ditambah dengan motor listriknya yang mampu mengeluarkan tenaga 98 hp. Tenaga sebesar itu disalurkan ke roda dengan transmisi CVT yang walaupun irit namun performanya masih cukup mengecewakan.

Soal fuel efficiency alias keiritan, menurut bocoran Hyundai Ioniq akan mampu melahap 22,5 km untuk tiap liter bensinnya (versi velg 15 inchi) dan 20,2 km/liter untuk versi velg 17 inchi. Sepertinya untuk urusan irit-iritan cukup bersaing dengan Prius yang mampu mendapatkan angka sekitar 22,1 km/liter untuk varian standar dan 24,7 km/liter untuk varian ECO (Prius 2016, Wikipedia).

Hyundai Ioniq Specs

Spesifikasi Hyundai Ioniq (klik untuk memperbesar)

Nah, dengan bocoran spesifikasi ini, kira-kira mampukah Ioniq melawan dominasi Toyota Prius? Kalau di Indonesia jelas susah, lha wong mobil hybrid saja jarang, apalagi dengan nama besar Toyota? Namun kalau di luar Indonesia jangan ditanya, Hyundai (bersama KIA) termasuk produsen mobil yang pertumbuhan penjualannya tercepat di dunia. Tahun 2008, Hyundai hanya menduduki peringkat ke-8 dari produsen mobil seluruh dunia, kemudian tahun 2012 lalu, peringkat Hyundai sudah naik ke posisi 5. Jadi, bisa saja kan dengan tambahan Ioniq maka penjualan Hyundai akan terdongkrak…?

 

Related Post

Advertisements

13 comments on “Hyundai Ioniq segera Diluncurkan, Akankah Menjadi Prius Killer?

    • Negeri Samsung n LG sebentar lagi nyalip negeri Sony n Panasonic untuk urusan Otomotif. Kalau electronic dah kesalip malah…

      Apalagi Hyundai juga sudah menelorkan Veloster turbo, Genesis dan next N 2025 Vision Gran Turismo…Juozzz

  1. Sayangku negara kita blm punya regulasi kebijakan tentang mobil hemat energi..Kepentingan perusahaan2 mobil besar masih kuat. Maka mobil efesien dan hemat energi pasti ada aja rintangan2nya..Bahkan menteri aja ndak bisa ganggu hal ini..Wow…Disisi lain subsidi untuk minyak bumi masih mengganjal di anggaran belanja negara kita..
    Nah inilah anehnya, mobil hyrid dan listrik ditempat kita termasuk barang mewah…pajaknya menggila..so siapa yang mo beli…kecuali berduit ya..coba harga mobil listrik dibuat semurah mungkin dan dapat subdisi dari pemerintah..pasti deh kebutuhan akan minyak bumi menurun dan efek2 lain akan terasa..
    kita harus bagaimana..ndak tahu..gagal pahamlah..
    pemerintah maunya gmn ndak tahu…yang pasti kepentingan2 perusahaan besar otomotif masih punya andil di negara ini…
    Nunggu BEP Mobil murah versi agya, ayla, wagon dan lain2 kah?
    Apa nunggu minyak bumi naik sampai berratus-ratus dollar..atau nunggu yang lain..
    Kenapa tidak kita bangun ekosistem mobil listrik atau hydrogen dari sekarang?
    Maaf malah jadi kemana2..
    Prihatin aja ama pola pikir penggampu kebijakan dan perusahaan2 otomotif besar di Negara tercinta kita ini..

    • Setuju banget untuk yang ini… Sedih banget melihat Selo dkk harus dilumpuhkan sebelum berkembang, padahal inisiatornya sekelas menteri dan pengusaha kawakan… Belum lagi melihat kancil, komodo, tawon dkk yang tidak bisa berkembang karena pemerintah yg (sengaja) tutup mata.

      Terlalu banyak kepentingan kuat dinegeri ini… 😦

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s