Lagi, Akibat Selfie, Sebuah Jembatan di Langsa Aceh Ambruk

Lagi, lagi dan lagi… akibat selfie yang kebablasan membuat korban kembali berjatuhan. Kalau sebelumnya sempat heboh dengan taman bunga di Jogja dan Baturaden yang menjadi korban, kali ini giliran sebuah jembatan gantung yang menjadi korban, disamping para pengguna jembatan sekaligus para “selfier“.

Kalau yang ini Jembatan Gantung Imogiri

Kalau yang ini Jembatan Gantung Imogiri, Jogja

Kejadian ini terjadi kemarin sekitar jam 17.30 di kawasan hutan lindung (hutan kota) di daerah Perumnas, Langsa Baro, Aceh. Jembatan ini ternyata hanya didesain untuk kapasitas 40 orang saja disaat bersamaan diatas sebuah jembatan. Namun, karena musim liburan tiba, pengunjung yang membludak membuat banyak orang tidak sabar untuk bergantian berselfie di atas jembatan ini.

Kapasitas maksimum Jembatan Langsa

Kapasitas maksimum Jembatan Langsa

Dan inilah yang terjadi, karena tidak kuat menampung muatan berlebih, jembatan gantung tersebut langsung ambruk dan membuat semua orang yang berada di atasnya tercebur ke danau. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Masih nggak habis pikir saya, sepertinya memang kebiasaan orang Indonesia apa ya, yang justru sukanya melanggar aturan yang sudah dibuat. Sepertinya bangga gitu… :(. Lihat saja di jalanan, betapa carut-marutnya kondisi lalu lintas di Indonesia. Bahkan saya mendapatkan gambar yang membuat saya cukup yakin bahwa pelanggaran di Indonesia sudah dianggap lumrah,termasuk korupsi! 😡

Pada sekolah nggak sih? Ngga bisa baca ya?

Pada sekolah nggak sih? Ngga bisa baca ya?

Kembali ke masalah jembatan gantung yang roboh. Menurut sumber di sini, beberapa pihak justru menyalahkan pemerintah kota Langsa yang tidak merencanakan pembangunan ini dengan baik.

“Runtuhnya jembatan gantung di hutan kota ini harus menjadi tanggung jawab pemerintah Kota Langsa, terutama konsultan perencana yang dinilai tidak becus dalam membuat perencanaan. Pembangunan jembatan gantung di hutan lindung yang menghabiskan dana hingga ratusan juta rupiah ini untuk tempat rekreasi, seharusnya konsultan perencana pempertimbangkan kapasitas bangunan tersebut.”

Beginilah kalau sudah terjadi, bukannya sadar diri dan introspeksi…lha kok malah saling menyalahkan. Indonesia… oh Indonesia!

Tambahan, berikut beberapa video mengenai runtuhnya jembatan Langsa ini.

 

Related Post

Advertisements

10 comments on “Lagi, Akibat Selfie, Sebuah Jembatan di Langsa Aceh Ambruk

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s