Nicky Hayden Resmi Masuk dalam Daftar Legenda MotoGP

Nicky Hayden telah resmi mengumumkan diri pensiun dari MotoGP setelah musim ini berakhir. Pembalap yang pernah meraih gelar juara dunia MotoGP tahun 2006 bersama Honda ini akan pindah ke WSBK (World Superbike) menunggangi CBR1000RR Fireblade SP.

Nicky Hayden - Juara Dunia MotoGP 2006

Nicky Hayden – Juara Dunia MotoGP 2006

Nah, GP Valencia kali ini merupakan race terakhir Hayden di MotoGP. Dalam kesempatan ini, Hayden resmi masuk dalam daftar Legenda MotoGP ke 22, setelah sebelumnya Stoner dan (alm) Simoncelli juga dinobatkan sebagai Legenda MotoGP. 

Nicky Hayden - Legenda MotoGP

Nicky Hayden – Legenda MotoGP ke 22

Hayden terjun ke MotoGP bersama tim Repsol Honda tahun 2003 setelah tahun sebelumnya menjuarai AMA (American Motorsport Associaation) Superbike. Di tahun pertamanya, Hayden suskes merebut gelar Rockie of the Year dan berada di tempat kelima klasemen MotoGP. Namun, di tahun 2004, Hayden mengalami masa sulit dan hanya mampu finish di posisi ke 8 klasemen akhir. Namun, semangat The Kentucky Kid tidak meredup. Di tahun 2005, iapun menorehkan podium puncak pertama kali di race Laguna Seca dan finish di posisi 3 kalsemen akhir.

Tidak sampai disitu, setahun berselang alias di tahun 2006, Hayden suskes mematahkan rentetan 5 kali juara dunia berturut-turut Valentino Rossi dan berhak menjadi Juara Dunia MotoGP 20006. Di tahun tersebut, Hayden “hanya” sukses tampil di podium 1 sebanyak 2 kali sementara “rival” terdekatnya Valentino Rossi sukses menjuarai race sebanyak 5 kali. Di race penentuan Valencia, Rossi yang saat itu pole position dan unggul 8 poin dari Hayden tampil amburadul dan sempat crash sehingga hanya finish ditempat ke-13. Hayden-pun berhak mengklaim Juara Dunia MotoGP 2006 setelah finish di tempat ketiga pada race Valencia. Klasemen akhir, Hayden 252 poin sementara Rossi hanya meraih 247 poin.

Sayangnya, performa pembalap dengan nama asli Nicholas Patrick Hayden ini menurun di 2 tahun kemudian bersama Honda akibat beberapa perselisihan yang timbul dengan Honda dan rekan setimnya Dani Pedrosa. Dan akhirnya, tahun 2009 Hayden memutuskan untuk hijrah ke tim Ducati hingga tahun 2013 meskipun performanya tidak membaik.

Tahun 2014, Hayden kembali membela tim Honda bersama Aspar Team mengendarai Honda RCV1000R dan berlanjut hingga tahun ini dengan RC213V-RS.

 

Related Post

 

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s