Suzuki Karimun Wagon R “Otomatis” Segera Meluncur!

Suzuki Karimun Wagon R sudah meluncur di Indonesia selama lebih dari setahun, kira-kira pada bulan November 2013 lalu diluncurkan. Kiprah mobil ini selama setahun lebih beredar di Indonesia juga tidak bisa dibilang jelek. Tiap bulan, Karimun Wagon R terjual rata-rata sebanyak 1500 unit, cukup laris walaupun tidak selaris si duo kembar Agya dan Ayla (serta Datsun Go+).

Karimun Wagon R

Karimun Wagon R (Pict : Google)

Nah, IMHO, salah satu hal yang mungkin agak menghambat penjualan mobil ini adalah tidak adanya varian dengan transmisi otomatis untuk mobil ini. Padahal sebagai city car yang seharusnya berada di habitat perkotaan yang “rawan” macet pastilah sangat dibutuhkan transmisi otomatis ini. Namun, jangan patah semangat bagi yang mengidolakan Karimun Wagon R dengan transmisi otomatis. Dalam waktu dekat, Suzuki kabarnya akan menghadirkan Karimun Wagon R dengan transmisi “otomatis” Yups, saya beri tanda petik pada kata “otomatis”. Kenapa? Karena transmisi otomatis yang ditawarkan Suzuki bukanlah transmisi otomatis konvensional (geared AT) ataupun CVT, melainkan AGS atau Auto Gear Shift. Lho apa pula ini?

AGS Suzuki

AGS Suzuki

AGS pada dasarnya adalah transmisi pintar dari Suzuki yang berupa transmisi manual namun ditambahkan kopling dan actuator pemindah gigi hidrolik sehingga bisa bekerja untuk memindahkan gigi secara otomatis, tanpa menekan kopling. Namun jika senang menggunakan transmisi manual, AGS juga mempunyai fitur ini. Jadi tinggal mengarahkan tongkat perseneleng ke posisi M dan menekan + atau – maka mobil ini sudah berjalan layaknya menggunakan transmisi manual, hanya saja tanpa kopling. Wow…LCGC pakai transmisi Tiptronik dong, juozz..!

AGS Suzuki

AGS Suzuki

Untuk pasar Jepang dan India, AGS sudah dipakai di beberapa mobil seperti Suzuki Alto, Alto RS, Celerio dan juga Carry Pick Up. Berarti Suzuki Indonesia akan segera menyusul dengan mengaplikasikan AGS ini di Karimun Wagon R, mantab!

AGS Suzuki Celerio

AGS Suzuki Celerio (Pict : responsejp.com)

Kabarnya, beberapa media otomotif ternama (saya nggak temasuk hiks hiks 😀 ) sudah mendapatkan undangan untuk mencoba transmisi AGS di Karimun Wagon R bulan Mei mendatang. Okelah, kita tunggu saja kabar selanjutnya…

 

Related Post

Advertisements

16 comments on “Suzuki Karimun Wagon R “Otomatis” Segera Meluncur!

  1. Pingback: Akhirnya… Suzuki Karimun Wagon R Otomatis “AGS” Resmi Diluncurkan Hari Ini. Harganya Mulai 113 Juta Rupiah | MivecBlog.com

  2. Pingback: Wow…Konsumsi BBM Suzuki Karimun Wagon R AGS Bisa Mencapai 36,16 Km/Liter | MivecBlog.com

  3. Pingback: Suzuki Karimun Wagon R AGS Resmi Meluncur di Batam | MivecBlog.com

  4. Pingback: Renault Kwid 1.0 AMT Meluncur di India, Tanpa Tuas Persneleng? | MivecBlog.com

  5. Pingback: Suzuki Ignis Segera Meluncur di Batam, Ini Dia Bocoran Harganya | MivecBlog.com

  6. Pingback: Full Review Suzuki Ignis, Urban SUV Keren dan Penuh Fitur | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s