Gara-gara 3 Foto Ini, Mina Padi Menjadi Terkenal Kembali

Hari Senin lalu, 3 buah foto diunggah oleh akun Milah Yabmob dari Research and Development Information Systems ke akun Facebook miliknya. Tak disangka ribuan like dan ratusan comment langsung membanjiri akun ini. Ketiga foto tersebut adalah foto-foto mengenai penanaman padi yang disertai dengan memelihara ikan di sawah yang sama atau yang biasanya kita kenal dengan istilah Mina Padi.

Milah Yabmob

Milah Yabmob

Yups, sayapun kembali ke jaman SD dulu untuk mengingat istilah ini, padahal saya sudah lupa kalau istilah ini ada, apalagi ternyata masih ada yang “melestarikannya” 😀 . Mina Padi (Mina = Ikan), yang bisa diartikan sebagai cara pemeliharaan ikan di sela-sela tanaman padi dalam satu tempat, atau bisa juga sebagai penyelang diantara dua musim tanam padi atau pemeliharaan ikan sebagai pengganti palawija di persawahan. Biasanya jenis ikan yang dipelihara dalam sistem Mina padi adalah ikan mas, nila, mujair, karper, dan tawes. Akan tetapi ikan mas-lah yang biasanya paling banyak dibudidayakan.

Kembali ke foto-foto yang diunggah oleh Milah Yabmob tadi. 3 foto ini terlihat sangat menarik karena begitu banyaknya ikan mas yang berlalu-lalang diantara tanaman padi dimana tanaman padinya juga terlihat sangat subur dan teratur. Berikut foto-foto tersebut.

Mina Padi di Ngemplak, Sleman

Mina Padi di Ngemplak, Sleman

Mina Padi di Ngemplak, Sleman

Mina Padi di Ngemplak, Sleman

Mina Padi di Ngemplak, Sleman

Mina Padi di Ngemplak, Sleman

Foto-foto ini ternyata diambil dari Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Ngemplak, Bimomartani, Ngemplak, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Menurut Milah Yabmob, ikan-ikan tersebut merupakan bayi/anak ikan yang ditebar saat musim tanam.

“Ikan yang dipelihara disini adalah babyfish alias bayi ikan mas yang ditebar di tengah sawah pada saat musim tanam. Tapi sawah disini masih alami, beda dengan sawah yang ada di Aceh,” jelas Milah Yabmob.

Milah Yabmob yang sangat peduli dengan kondisi Acehpun berharap agar pemerintah daerah Aceh bisa segera melakukan revolusi pertanian yang ramah lingkungan, multi guna, efektif dan produktif. Menurutnya saat ini kondisi pertanian di Aceh sudah sangat tidak sehat akibat penggunaan pestisida yang berlebihan.

So… back to nature, salah satunya dengan Mina Padi ini, inilah yang seharusnya kita laksanakan untuk meningkatkan mutu pertanian Indonesia… setuju?

 

 

Advertisements

6 comments on “Gara-gara 3 Foto Ini, Mina Padi Menjadi Terkenal Kembali

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s