Komparasi Konsumsi BBM Skutik dan Motor Sport di Indonesia

Salah satu media otomotif nasional, Otomotifnet telah merilis daftar konsumsi BBM dari beberapa motor yang telah mereka test. Mulai dari kelas skutik 110 cc hingga motor sport 250 cc yang mereka test, didapatlah perbandingan konsumsi BBM ini. Metode yang digunakan tidak disebutkan, tapi yang jelas BBM yang digunakan adalah jenis Pertamax Ron 92.

Komparasi Konsumsi BBM oleh Otomotifnet

Komparasi Konsumsi BBM oleh Otomotifnet

Beberapa motor yang dites Otomotif tersebut adalah kelas Skutik 110 cc seperti Honda BeAT FI, Suzuki Nex, Yamaha Mio J, dan TVZ Dazz. Khusus TVS Dazz masih menggunakan karburator alias belum injeksi, jadi konsumsi bahan bakarnya seharusnya adalah yang paling boros (benarkah?). Kemudian di kelas 125 cc ada motor Honda Vario 125 CBS ISS dan Yamaha GT125 Eagle Eyes. Sayangnya di kelas ini, Otomotif tidak menyertakan Suzuki Hayate 125. Ada juga kelas skutik retro yang berisi motor Yamaha Mio Fino, Honda Scoopy FI dan Suzuki Let’s.

Komparasi Skutik

Sedangkan di kelas sport, dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas 150 cc dan 250 cc. Ada juga kelas 200 cc, tapi sepertinya kurang greng karena “hanya” diisi oleh pabrikan non Jepang, yaitu KTM Duke200 dan Kawasaki Pulsar 200NS (Pulsar aslinya masih diproduksi Bajaj kan?). Kelas 150 cc diisi oleh Honda Megapro, Yamaha Byson, CB150R Streetfire, New V-ixion Lightning serta All New CBR150R dan YZF-R15. Sedangkan di kelas 250 cc diisi oleh Honda All New CBR250R, Kawasaki Ninja RR Mono, Yamaha YZF-R25, dan Kawasaki Ninja 250FI.

Siapa juaranya?

Dari test ini, untuk kelas skutik 110 cc, Honda New Vario FI menjadi jawara skutik teririt sedangkan TVS Dazz menjadi yang terboros (wajarlah, masih karbu). Namun, juara umumnya ternyata bukan dari kelas 110 cc, tetapi malah yang 125 cc, yaitu Vario 125 CBS ISS, dengan konsumsi BBM 44,6 km/liter, wow… Berikut daftar lengkapnya.

Komparasi BBM Skutik

Komparasi BBM Skutik

Komparasi BBM Motor Sport

Komparasi BBM Motor Sport

Nah, dari komparasi ini minimal sudah bisa menjadikan salah satu pedoman jika ingin membeli motor baru. Karena BBM dipastikan akan terus naik, tidak ada salahnya memperhatikan konsumsi BBM, walaupun yang akan dibeli adalah kelas “sport”. Namun, konsumsi BBM pastinya tidak akan sama antara motor satu dengan yang lain walaupun tipenya sama, kondisi motor dan “skill” pengendaralah yang paling menentukan konsumsi BBM ini, termasuk kondisi jalan yang dilalui.

 

Sumber 1, Sumber 2

Advertisements

2 comments on “Komparasi Konsumsi BBM Skutik dan Motor Sport di Indonesia

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s