Joss, Tiga Kapal Pencuri Ikan Milik Vietnam Ditenggelamkan di Laut Anambas

Rencana Prediden Jokowi dan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti untuk menenggelamkan kapal-kapal asing yang mencuri ikan di tanah air benar-benar diwujudkan. Memarin, 3 kapal berbendera Vietnam yang tertangkap patroli TNI tersebut diledakkan dan ditenggelamkan di laut Anambas, Kepulauan Riau.

Kapal Pencuri Ikan Asing Ditenggelamkan

Kapal Pencuri Ikan Asing Ditenggelamkan

Ketiga kapal Vietnam tersebut adalah KM K690433TS/ATS 006 dengan nakhoda Nguyen Duy Khanh, KM K693466 TS/ATS 005 dengan nakhoda Van Tanh Son danKM K6 94266 TS/ATS 012 dengan nakhoda Nguyen Duc Van. Menurut Panglima Komando Armada Bagian Barat (Pangarmabar), Lakasmana Muda TNI Widodo menegaskan, penenggelaman 3 kapal nelayan asing yang dilakukan di area perairan Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan hal yang wajar dan lumrah karena tindakan Illegal fishing bisa dianggap membahayakan kedaulatan negara.

“Ini sesuatu yang lumrah dilakukan, karena tindakan illegal seperti ini bisa membahayakan perekonomian negara kita, bahkan mungkin membahayakan kedaulatan negara. Kapal kita juga pernah mendapat perlakuan serupa, yakni dibakar di Australia, Malaysia, Cina, bahkan juga sempat di Thailand,” ungkap Widodo dalam Konfrensi pers setelah menyaksikan proses penenggelaman 3 kapal nelayan asing di Anambas.

Tindakan ini juga sudah dilakukan berdasarkan kaidah-kaidah hukum yang berlaku di Indonesia, sehingga tidak akan menumbulkan kecaman dari khalayak Internasional. Sesuai dengan ketentuan Ketua Pengadilan Negeri Ranai pada 3 Desember 2014, penenggelaman ketiga kapal tersebut sudah sah. 

Masih menurut Pangarmabar, Pemerintah Indonesia juga telah melakukan komunikasi terhadap negara tempat ketiga kapal nelayan asing tersebut berasal melalui kedutaan besarnya yang ada di Jakarta.

“Setiap kapal asing yang ditangkap pasti kita mengkomunikasikan dengan kedutaan di Jakarta. Pasti akan kita sampaikan. Karena selama ini kita sudah mengatur wilayah NKRI memang memberlakukan hukum positif, maka kita juga akan sampaikan kepada negara yang bersangkutan sesuai dengan hukum yang ada di Indonesia. Sejah ini mereka bisa memahaminya. Setelah tindakan kita lakukan, nanti kedutaan mereka akan mengatur masalah deportasi ke negara asalnya,” ujar Pangarmabar lagi.

Mantablah kalau begitu, semoga bisa konsisten agar bisa memberikan efek jera kepada kapal-kapal asing yang hendak mencuri kekayaan laut Indonesia. Menurut Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan,  setelah menegelamkan kapal asing di perairan Anambas, beberapa kapal asing lainnya menunggu untuk dieksekusi pekan depan. Kapal-kapal itu hasil tangkapan Kementerian dan TNI AL. Juoss…

“Minggu depan di Batam dan minggu depannya lagi di Pulau Aru (Maluku),” kata Susi Pudjiastuti.

Berikut beberapa foto penenggelaman kapal yang saya ambilkan dari Tribun Batam.

 

Advertisements

10 comments on “Joss, Tiga Kapal Pencuri Ikan Milik Vietnam Ditenggelamkan di Laut Anambas

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s