Wew… Walikota Batam Salah Ucapkan Sila-sila Pancasila. Piye Iki?

Tanggal 25 November 2014 merupakan hari peringatan HUT PGRI ke 69 sekaligus Hari Kesehatan Nasional (HKN) dan Hari Guru Nasional (HGN). Di Batam, peringatan ini diperingati dengan upacara di Dataran Engku Putri, Batam Center. Sayangnya upacara ini tidak berjalan sebagaimana yang direncanakan. Pasalnya, saat pembacaan sila-sila Pancasila, Walikota Batam Ahmad Dahlan tak bisa melafalkan sila-sila Pancasila dengan benar.

Walikota Batam saat Upacara HUT PGRI di Batam

Walikota Batam saat Upacara HUT PGRI di Batam (Pict : Tribun Batam)

Saat itu, setelah melafalkan sila pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa), walikota Batam yang menjadi inspektur upacara langsung melafalkan ila ketiga (Persatuan Indonesia), alias tanpa melafalkan bunyi sila kedua (Kemanusian Yang Adil dan Beradab). Seketika itu juga, para guru dan pelajar SD, SMP, SMA yang mengikuti upacara langsung diam tidak mengikuti lagi pembacaan teks Pancasila oleh Dahlan. Pada kaget kali ya… 😀

Mungkin karena sadar telah melakukan kesalahan, Ahmad Dahlan langsung mengulangi pembacaan Pancasila dari sila kedua hingga sila kelima.

image

Kok iso?

Setelah upacara selesai, Dahlan yang kesal langsung memarahi panitia. Menurutnya, kesalahan ada di panitia karena tidak menyediakan teks Pancasila.

“Saya ingatkan semua, khususnya kepada saudara-saudara yang berlima untuk senantiasa bertanggung jawab terhadap apa yang dibebankan kepada saudara. Harus memeriksa menyiapkan persiapan upacara mulai dari persiapan administarasi, personil dan teknis. Tadi saya tanya apa sudah siap, kalian siapkan, dan saya masuk karena saya anggap semua siap termasuk teks Pancasila,” kata Dahlan, seperti saya kutip dari Tribun Batam.

Tak cukup sampai disitu, para pegawai yang lainpun ikut kena semprot.

“Ingat semua, bagi seluruh pegawai negeri Batam harus bertanggung jawab dan saya memberi tegoran kepada saudara-saudara ini. Sekretaris harus laksanakan tegoran ini, ini kesalahan besar dimana saya harus salah membacakan teks Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia. Bukan saya tak hafal, karena mendadak saya tidak siap untuk itu,” imbuhnya.

Selain itu, Dahlan juga berpesan kepada para pegawai, murid-murid dan juga guru-guru, agar tidak menyepelekan hal sekecil apa pun, apalagi dalam acara sebesar ini.

Ealah…yang salah siapa yang kena getahnya siapa 😀

Advertisements

9 comments on “Wew… Walikota Batam Salah Ucapkan Sila-sila Pancasila. Piye Iki?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s