Kenapa Airbag Takata Mudah Meledak? Ini Penyebabnya!

Recall mobil terkait malfunction Airbag Takata yang terpasang di sebagian besar mobil di dunia telah menggegerkan dunia persilatan per-otomotif-an di tahun ini. Menurut New York Times edisi Senin 24 November 2014, tak kurang dari 14 juta mobil di seluruh dunia telah di tarik untuk dilakukan penggantian komponen airbag ini. Sebagian besar adalah mobil Honda.

Recall Airbag

Recall Airbag

Takata Airbag Recall (Bloomberg.com)

Takata Airbag Recall (Bloomberg.com)

Setidaknya sudah ada 5 orang meninggal akibat meledaknya airbag Takata saat terjadi kecelakaan. Rata-rata penyebab korban meninggal adalah karena airbag meledak sesaat sebelum mengembang ketika terjadi kecelakaan. Ledakan yang seharusnya hanya berisi gas ini, ternyata juga berisi beberapa pecahan besi pembungkus bahan pembakar. Setelah ditelusuri, ternyata awal mula terjadinya ledakan adalah berasal dari senyawa kimia yang digunakan sebagai bahan pembakar.

Takata

Takata

Terus, bagaimana bisa airbag Takata ini mudah meledak? Berikut saya ambilkan referensi yang diposting oleh vivanews hari ini. 

1991 adalah awal mula Takata mendistribusikan produk airbag untuk pasar Amerika Serikat. Kala itu perusahaan ini menggunakan senyawa kimia NaN3 atau biasa disebut Sodium Azide. Meski bisa mengembang dalam bentuk gas dengan cukup cepat, zat ini cukup berbahaya apabila terhirup manusia.

System Airbag

System Airbag

Sayangnya saat itu zat ini adalah satu-satunya solusi ideal yang bisa diterapkan untuk membuat kantung udara mengembang dengan jangka waktu sepersekian detik.

Di 1998 para produsen kantung udara mulai melirik zat baru yang lebih aman digunakan sebagai bahan pembakar, yakni CH2N4. Zat yang diberi nama Tetrazole ini terdiri dari senyawa nitrogen dan karbon yang dipercaya tidak berbahaya apabila terhirup manusia.

Solusi murah

Sayangnya pembuatan tetrazole tidaklah mudah, yang berakibat tingginya ongkos produksi dengan hasil yang tidak terlalu banyak. Meski Takata sesumbar akan menggunakan zat ini dalam semua produksi airbag mereka, kenyataannya di 1999 perusahaan memaksa tim ahli mereka untuk beralih ke bahan baku yang lebih murah, yakni amonium nitrat.

Langkah ini ditempuh Takata demi mengejar keuntungan yang semakin menipis apabila terus memakai tetrazole, selain mulai ketatnya persaingan diantara sesama pembuat kantung udara.

Ammonium Nitrate

Ammonium Nitrate

Amonium nitrat atau NH4NO3 banyak digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pupuk. Namun zat ini juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai campuran bahan peledak. Sekitar 80 persen bahan peledak yang digunakan di Amerika Serikat memakai zat ini sebagai campurannya.

Zat ini memiliki sifat yang tidak stabil, terutama apabila terkena perubahan suhu. Ini yang menyebabkan tidak ada yang mau menggunakan amonium nitrat sebagai bahan pembakar kantung udara, kecuali Takata.

Amonium nitrat juga mudah menyerap uap air, dimana bila ini terjadi maka zat ini akan berakselerasi dari bentuk padat menjadi gas dengan mudah.

Recall

Namun pihak Takata yakin bisa mengendalikan perubahan sifatnya agar aman digunakan sebagai bahan pembakar kantung udara, meski hal ini ditentang oleh beberapa mantan tim ahli yang dulu bekerja di salah satu pabrik mereka.

Sayangnya kini langkah Takata tersebut harus dibayar mahal dengan sejumlah penarikan kendaraan akibat mudah meledaknya airbag buatan mereka. Bahkan muncul tuntutan, baik dari badan pengawas keselamatan maupun pihak peluarga korban, yang ditujukan pada perusahaan asal Jepang tersebut.

Mereka menuntut Takata untuk sesegera mungkin mengganti modul bahan pembakar dengan model baru yang lebih aman, agar kejadian serupa tidak terulang kembali. Produsen kendaraan roda empat juga diminta melakukan recall seluruh produk yang menggunakan airbag buatan Takata.

 

Advertisements

8 comments on “Kenapa Airbag Takata Mudah Meledak? Ini Penyebabnya!

  1. Pingback: Waduh… Jutaan Mobil Jadul Mazda Direcall Akibat “Ignition Switch” | MivecBlog.com

  2. Pingback: Nissan Motor Indonesia Recall 53.766 Unit Mobil Terkait Airbag Takata | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s