Inilah Penyebab Bentrok TNI vs Brimob di Batam Versi Danrem 033/Wira Pratama

Bentrok TNI vs Brimob di daerah Tembesi, Batam kemarin berlangsung hingga malam hari. Suara tembakan terdengar hingga jam 11 malam lebih dari perumahan di sekitar Mako Brimob, seperti perumahan Buana Impian, Perumahan Cipta Asri dan perumahan lainnya. Pagi ini, suasana sudah kondusif dan masyarakat sekitar Mako Brimob sudah beraktifitas seperti biasa.

Kondisi Mako Brimob Pasca Baku Tembak

Kondisi Mako Brimob Pasca Baku Tembak

Kondisi Mako Brimob Pasca Baku Tembak

Kondisi Mako Brimob Pasca Baku Tembak

Sebelumnya, di sini sudah saya tulis bahwa penyebab bentrokan yang berlanjut ke baku tembak ini hanyalah masalah sepele, dimana adalah akibat saling pandang/lirik sewaktu mengisi BBM di sebuah kios. Nah, pagi ini ada pernyataan resmi dari Danrem 033/WP, Brigjen TNI Eko Margiyono di Mako Brimob. Berikut pernyataan selengkapnya yang saya kutip dari Batampos

Bentrok bersenjata antara anggota Brimob Polda Kepri dan prajurit Batalyon Infanteri 134/TS, kembali terjadi. Barak Teratai Mako Brimob Polda Kepri di Tembesi diserang puluhan prajurit Yonif 134/Tuah Sakti, Rabu (19/11) sekitar pukul 10.15 WIB. Kaca bagian depan barak pecah akibat lemparan batu.

Kerusuhan itu dipicu dua prajurit Yonif 134/TS, Pratu Nuryanto dan Praka Budiono saat mengisi bahan bakar minyak di sebuah SPBU di kawasan perumahan Buana Impian, Sagulung. Nuryanto dan Budiono yang baru selesai bertugas, berpapasan dengan dua anggota Brimob Polda Kepri, Bripda Erik Simanjuntak dan Bripda Salatib.

“Anggota kita ini ingin pulang untuk ganti pakaian. Saat itu melintas dua anggota brimob dan saling pandang atau lirik-lirikan. Di situ terjadi kesalah-pahaman dan timbul percekcokan,” ujar Danrem 033/WP, Brigjen TNI Eko Margiyono di Mako Brimob.

Eko menambahkan, dari kesalahpahaman itu lantas puluhan prajurit Yonif 134/TS yang bertempat tinggal di kawasan Buana Impian bergerombolan mendatangi lokasi keributan. Padahal, awalnya cekcok itu sudah diselesaikan Provost Polda.

“Tapi kembali terjadi kesalahpahaman. Setelah itu, puluhan anggota memutar jalan dan menjatuhkan sepeda motor yang diparkir di depan barak Brimob,” jelasnya.

Kasat Brimob Polda Kepri, Kombes Tory Kristanto juga mengtakan, dirinya langsung turun ke lokasi untuk meredam kericuhan. “Sudah saya tenangkan, tapi ada yang mutar dan menjatuhkan motor yang diparkir. Barak yang rusak itu akibat dilempar,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang pedagang di lokasi mengatakan melihat puluhan prajurit Yonif 134/TS berpakaian lengkap yang menggunakan sepeda motor menyerang barak Teratai Mako Brimob. Puluhan prajurit tersebut terlihat membawa kayu serta batu.

“Awalnya ngumpul-ngumpul di sini (Buana Impian, red). Setelah itu ada puluhan orang pakai sepeda motor nyerang ke sana (Barak). Mereka pakai baju loreng,” ujarnya.

Ia menambahkan, setelah aksi penyerangan itu mendengar suara tembakan dari arah Mako Brimob. Suara tembakan itu terdengar beberapa kali. “Saya tidak tahu pasti jumlah tembakannya. Tapi beberapa kali saja,” ujarnya.

Selongsong peluru yang banyak ditemukan di sekitar Mako Brimob

Selongsong peluru yang banyak ditemukan di sekitar Mako Brimob

Baku tembak TNI vs Brimob tadi malam kabarnya juga menewaskan satu orang dari TNI (belum dikonfirmasi kebenarannya – confimed) dan juga melukai satu warga sipil yang terkena tembakan di bagian kaki. Untuk korban sipil, saat ini masih dirawat di rumah sakit BP Batam. Kapolri Jenderal Polisi Sutarman yang pagi tadi langsung turun ke Batam, sudah mengkonfirmasi adanya korban sipil peluru nyasar ini.

“Ya, ada warga sipil yang terluka,” kata Kapolri.

Korban Peluru Nyasar

Korban Peluru Nyasar

 

Advertisements

9 comments on “Inilah Penyebab Bentrok TNI vs Brimob di Batam Versi Danrem 033/Wira Pratama

  1. Pingback: Pasca Bentrok, TNI dan Brimob Goyang Bareng di Lapangan Mako Brimob Batam | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s