Helm LTD, Helm Favorit Orang Batam, Dirazia Karena Tidak Ber-SNI

Pernah dengan tentang Helm LTD? Kalau orang Batam dan mungkin daerah Sumatra lainnya tentu sudah sangat familiar dengan helm ini. Berbeda jauh ketika saya mudik ke Jawa, Helm LTD belum pernah sekalipun saya jumpai ( saya yang katrok kali ya 😀 ). Di luar Batam, orang akan lebih mengenal Helm Arai, Nolan, AGV, KYT, NHK, INK dan lain-lain baik itu helm lokal ataupun helm impor. LTD type Avent dan Super Avent mungkin yang sering kita jumpai di Batam disamping LTD Sport.

LTD Super Avent

LTD Super Avent

LTD Avent

LTD Avent

Helm LTD merupakan helm produk Malaysia yang diproduksi oleh Solidgold Helmets Sdn Bhd yang berada di Balakong, Cheras Jaya, Selangor Darul Ehsan. Solidgold sudah membuat helm sejak tahun 1980 – 1981, atau sekitar 34 taun yang lalu dan sudah mengantongi standar ISO 9001: 2008, DOT dan ECE 22.05.

SolidGold Helmets Sdn Bhd

SolidGold Helmets Sdn Bhd (ltdsgvhelmets.blogspot.com)

Helm LTD memang menjadi favorit para pemilik motor di Batam, tak heran forum jual beli online di facebook selalu dipenuhi dengan orang-orang yang mencari ataupun menjual helm LTD ini. Harga baru helm ini bervariasi dikisaran 300 ribu rupiah, lumayan mahal untuk sebuah helm yang katanya belum bersertifikat SNI ini. Ntah benar atau tidak… tetapi kebanyakan Helm LTD yang saya temui tidak ada logo SNI tertempel. Harga pasaran helm LTD, bahkan yang kondisinya lecet-lecet-pun masih bisa laku dikisaran 150 ribu rupiah, weleh… 😀

FJB - Dipenuhi dengan Jual beli LTD

FJB – Dipenuhi dengan Jual beli LTD

Sayangnya, saking larisnya helm ini, para maling helm-pun mempunyai incaran baru. Sudah banyak sekali helm LTD yang lenyap digasak maling diparkiran mall ataupun di ruko-ruko. Contohnya seperti di link berikut :

Mungkin karena saking larisnya juga, pihak Direktorat Jenderal (Dirjen) Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK), Kementerian Perdagangan Republik Indonesia menjadi sedikit terusik dengan kehadiran helm ini di Batam. Kemarin, tanggal 29 – 30 Oktober 2014, Dirjen SPK melakukan sidak dan razia di beberapa tempat penjualan helm di Batam. Sebenarnya tidak hanya helm non SNI yang dirazia, tetapi juga ban, barang elektronik, obat-obatan, kosmetik dan juga hp yang diperkiran dijual secara “ilegal”.

Dalam sidak dan razia ini puluhan helm LTD dan Index yang semuanya berasal dari Malaysia disita dan tidak mempunyai logo SNI.

“Inikan wilayah Indonesia, dan wajib SNI, tapi helm ini kenapa nggak ada logo SNI-nya? Jangan memperkaya negara luarlah. Ini (helm merek Index dan LTD) kami sita dulu untuk diuji di lab Jakarta. Kami sita beberapa saja, selebihnya tidak boleh diperjualbelikan dulu, sampai ada hasil uji lab. Tetap di sini saja, dirapikan boleh.” ujar Direktur Jenderal SPK, Widodo via Tribun Batam.

Nah, jelas bukan… Helm LTD (dan Index) yang dijual di Batam ternyata belum bersertifikat SNI alias belum diuji secara resmi tentang kualitas dan faktor keselamatannya. Walaupun mungkin sudah berstandar DOT atau standar keselamatan negara lain, namun tetap saja helm ini tidak diakui secara resmi oleh Standar Nasional Indonesia. Artinya helm ini tidak boleh dijual di Indonesia, termasuk Batam. Untung helm saya bukan LTD 😀

Advertisements

32 comments on “Helm LTD, Helm Favorit Orang Batam, Dirazia Karena Tidak Ber-SNI

  1. helm LTD sya SNI punya. gag nyaman kalau tidak pakai helm LTD. ribetnya kemana-kemana harus di bawa. kalau di tinggalkan 1menit saja pun,helm LTD anda akan raip. wkwkwk

  2. Ane tinggal di bandung & kebetulan punya temen orang batam, dia kemana2 pake helm ltd tipe avent grey persis kaya yang ada di gambar.
    Ane sendiri belum pernah liat helm ltd selain yang dipake sama dia, pas ane iseng cari di toko helm pun nggak ada :v

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s