Android 5.0 Lollipop Rilis 3 November 2014. Apa Saja Fitur Utamanya?

Generasi terbaru dari Android yang diberi nama Lollipop akan segera dirilis ke publik dalam hitungan hari. Sebelum Lollipop, sejumlah rumor mengenai calon nama Android 5.0 banyak bermunculan seperti Licorice, Laddo, Lemon Pie, Laffy Taffy dan juga Lemon Meringue Pie. Namun versi yang digunakan akhirnya adalah Lollipop.

Versi Android

Versi Android

Sejak pertama kali diluncurkan tahun 2007 lalu, Android sudah berkembang dengan sangat-sangat pesat hingga menjadi OS paling populer saat ini disamping iOS. Termasuk Android L atau Android 5.0, total sudah 12 kali Google mengupdate versi Android.

  • Alpha (1.0)
  • Beta (1.1)
  • Cupcake (1.5)
  • Donut (1.6)
  • Eclair (2.0–2.1)
  • Froyo (2.2–2.2.3)
  • Gingerbread (2.3–2.3.7)
  • Honeycomb (3.0–3.2.6)
  • Ice Cream Sandwich (4.0–4.0.4)
  • Jelly Bean (4.1–4.3.1)
  • KitKat (4.4–4.4.4)
  • Lollipop (5.0)

Menurut Google, Android terbaru yang diberi nama Lollipop ini akan dirilis ke publik pada tanggal 3 November mendatang. Sejumlah perbedaan significant, kabarnya akan disematkan dalam Android Lollipop ini. 

Tanggal release Android 5.0

Tanggal release Android 5.0

Beberapa fitur utama yang didapatkan pengguna setelah mengupgrade ke Android 5.0 antara lain :

1. Baterai

Tambahan penggunaan baterai sebanyak 90 menit akan didapatkan pengguna Lollipop karena proses komputasi yang lebih efisien. Pengguna juga sekarang bisa melihat waktu yang diperlukan untuk men-charge baterai sampai penuh atau melihat sisa waktu pemakaian baterai yang masih tersedia. Wow… enelan?

2. Performa

Lollipop juga menyediakan pengalaman yang lebih smooth dan responsif. Dengan fitur baru ini, performa aplikasi bisa 4 x lebih cepat dan aplikasi yang berjalan di background lebih kompak sehingga multi-taskingnya bisa berjalan dengan lebih sempurna.

3. Keamanan

Sepertinya Google ingin mengubah reputasi keamanan Android yang selama ini dikenal buruk. (Emang buruk ya?) Sistem keamanan khusus sudah disematkan untuk melindungi pengguna, jika ponsel hilang atau digitalnya dicuri. Device baru Android Lollipop akan datang dengan enkripsi otomatis ketika dinyalakan. Fitur SELinux juga akan membuat semua aplikasi mendapatkan perlindungan yang lebih baik melawan malware.

Selain itu, ketika produsen perangkat lain berlomba-lomba menghadirkan fingerprint, Google berinovasi lewat sistem keamanan berbasis suara. Pengenalan suara dinilai lebih efektif dibanding sidik jari. Benarkah? Mbuhlah…kita lihat saja nanti :mrgreen:

4. Dukungan untuk Perangkat 64-bit

Pastinya kedepan akan banyak perangkat yang menggunakan arsitektur 64-bit seperti Snapdragon 808 dan Snapdragon 810. Tampaknya smartphone tidak mau ketinggalan dengan PC yang sudah beberapa tahun terakhir menggunakan arsitektur 64 bit.

5. Media

Kemampuan grafis ditingkatkan dengan warna yang lebih baik, audio yang lebih baik, dan kapabilitas kamera baru seperti HEVC dan UHD 4K video playback.

6. Fitur Kesehatan

Fitur ini dapat mengumpulkan data aktivitas olahraga bagi penggunanya. Data tersebut juga bisa dikoneksikan dengan perangkat lain, salah satunya lewat platform Android Wear seperti fitur serupa yang hadir di iOS 8 buatan Apple, HealthKit.

7. Pembaruan pada Google Now

Fitur asisten pribadi Google Now tampak jauh tertinggal ketika Apple memperbarui Siri dan Microsoft menghadirkan Cortana. Lewat Lollipop, Google pun melakukan inovasi dengan mengintegrasikannya ke beragam perangkat.

Lollipop

Lollipop

Kemudian Hape tipe saja yang akan mendapatkan update Lollipop ini? Kita bahas di postingan selanjutnya ya… 🙂

 

Advertisements

8 comments on “Android 5.0 Lollipop Rilis 3 November 2014. Apa Saja Fitur Utamanya?

  1. hahahahaa, sebenernya android itu gak secure ya karena usernya (maap) “jorok” :D… coba bandingin sm ekosistem lain (wp, ios dan bb), apps gak bisa diinstall selain via marketplace.

    master key (even kitkat) udh nyebar lho, dengan master key tsb, hacker bisa mengcompile ulang suatu aplikasi existing dan menyisipkan kode program yg berbahaya trus publish aja deh apknya, dan secara mata awam pasti gak tau klo itu apk modifan or ori.

    yes, install apps via marketplace doank emang ngerepotin dan bahkan bikin kantong kempes. tp hal itu ngebantu brand-nya agar tetap bersih. klo brand-nya dibilang jelek padahal karena kelakuan usernya kan yg kena tetep brand-nya.

    just my 2 cent.

  2. Pingback: Daftar Smartphone Yang Akan Mendapatkan Update Android 5.0 Lollipop | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s