Kawasaki H2R, Motor Super Berwajah Predator dengan Tenaga 300 PS

Di ajang Intermot 2014 yang diselenggarakan di Cologne, Jerman, KMI eh salah… KHI (Kawasaki Heavy Industries ) memperkenalkan motor terbarunya yang mengusung tema “Intense Force Design” Kawasaki H2R.  Kawasaki H2R merupakan varian “racing” dari Kawasaki H2 yang teasernya sudah beberapa kali muncul sebelumnya.

Kawasaki H2R

Kawasaki H2R

Motor ini dirancang untuk bisa mendapatkan tenaga maksimal 300 PS (296 HP) dengan “hanya” mengandalkan mesin 998 cc inline 4 cylinder. Namun, dibalik kubikasinya yang “hanya” 998 cc tersebut, ditambahkan pula sebuah supercharger agar bisa mendongkrak tenaga hingga maksimal. Penambahan turbocharger ini bekerjasama dengan anak perusahaan Kawasaki yang bergerak di bidang Gas Turbine & Machinery Company, Aerospace Company and Corporate Technology Division.

Selain dari tenaganya yang sangat wow, desain H2R ini juga sedikit out the box jika dibandingkan dengan moge-moge Jepang lainnya. Desainnya menurut saya malah mirip dengan moge-moge Eropa seperti MV Agusta dan Ducati. Lihat saja bagian kerangkanya yang menggunakan tipe trellis, alih-alih menggunakan tipe monokok,  tipe twin spar aka “deltabox” atau frame-frame lain yang biasa digunakan moge-moge Jepang. Selain itu terlihat juga pada bagian swing arm-nya yang menggunakan single side swing arm…jadi makin garang dan makin mirip moge Eropa 🙂

Single Side Arm-nya Juoss

Single Side Arm-nya Juoss

Kawasaki H2R ini juga dilengkapi dengan sayap karbon di bagian fairingnya. Menurut Kawasaki, sayap tersebut bukan sekadar pemanis untuk aksesoris. Peran sayap ini adalah untuk meningkatkan stabilitas ketika H2R dibesut hingga kecepatan ultra-tinggi serta menambah sudut aerodinamika dan downforce ketika berada di sirkuit. Mantab… sayangnya jadi sedikit terlihat aneh… mungkin karena belum terbiasa kali ya? :mrgreen:

Sayap karbon H2R

Sayap karbon H2R

Headlamp H2R

Headlamp H2R

Dilihat dari depan, selain sayapnya yang agak aneh, bentuk headlampnya juga terlihat sangat mengintimidasi. Dual headlamp-nya terlihat seperti mata dari predator dalam film Alien vs Predator. Jan…sangar bener… Yang jelas sepertinya masih akan sangat lama untuk bisa dibawa ke Indonesia oleh KMI, kalau IU sih mungkin secepatnya 🙂

 

 

Note : Dari watermark-nya sudah terlihat gambarnya dari mana 🙂

Advertisements

12 comments on “Kawasaki H2R, Motor Super Berwajah Predator dengan Tenaga 300 PS

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s