Batam (Masih) Berperang dengan Filariasis

 

Filariasis, nama yang cantik… #halah

Biasanya kita lebih mengenal dengan Penyakit Kaki Gajah. Penyakit yang disebabkan oleh oleh cacing Filaria ini ditularkan melalui berbagai jenis nyamuk. Menurut WikipediaFilariasis adalah penyakit zoonosis menular yang banyak ditemukan di wilayah tropika seluruh dunia. Penyebabnya adalah sekelompok cacing parasit nemtoda yang tergolong superfamilia Filarioidea yang menyebabkan infeksi sehingga berakibat munculnya edema. Gejala yang umum terlihat adalah terjadinya elefantiasis, berupa membesarnya tungkai bawah (kaki) dan kantung zakar (skrotum), sehingga penyakit ini secara awam dikenal sebagai penyakit kaki gajah.

Siklus Filariasis

Siklus Filariasis

Batam, merupakan salah satu daerah di Indonesia yang endemi penyakit kaki gajah. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Batam, Candra Rizal, sudah ada 7 orang di Batam yang positif terkena Filariasis (Batampos).

“Batam ini sudah endemis penyakit filariasis.  Sudah tujuh orang yang tertular, Makanya pemberian obat massal pencegahan filariasis ini menjadi keharusan,” kata Candra.

Yups, pemerintah Kota Batam sudah memberikan obat filariasis sejak tahun 2012 lalu ke semua warga Batam. Pemberian obat gratis ini dilakukan secara terus menerus setiap tahun selama 5 tahun. Tujuannya adalah untuk mencegah dan berkembangnya penyakit kaki gajah di Batam. Untuk mendapatkan obat ini masyarakat bisa mendatangi Puskesmas, Posyandu, bidan praktek, dan di tempat-tempat yang menyediakan obat pencegah penyakit kaki gajah,” ungkap Chandra. Jadi untuk bulan September 2013 ini merupakan pemberian obat yang ketiga kalinya. Saya pun sudah meminumnya :mrgreen: . Obatnya terdiri dari tablet Dietil carba mazine (3 tablet) dan Albanda zole (1 tablet), semuanya berjumlah 4 tablet. Obat ini bisa dibilang sebagai obat cacing semata, namun karena harganya cukup murah dan efektif melawan cacing filaria, maka obat-obat inilah yang dipilih.

Obat Filariasis

Obat Filariasis

Memang seperti apa penyakit filariasis, sehingga Pemko Batam harus bekerja keras untuk mencegah penyakit ini? Penyakit kaki gajah tidak bisa langsung dideteksi atau dikenali. Jika kita terinfeksi filariasis dari gigitan nyamuk, penyakit ini baru memunculkan gejala sekitar 2 hingga 3 tahun lagi. Jadi jika seseorang terkena penyakit ini, dan tidak mendapatkan pengobatan sedini mungkin, akan dapat menimbulkan cacat menetap yang berupa pembesaran kaki, lengan, buah dada dan alat kelamin baik laki-laki maupun perempuan, hii… Dan parahnya lagi, penyakit ini akan memjadikan penderitanya cacat permanen dengan pembesaran organ-organ tubuhnya tersebut… (mungkin hanya bisa “disembuhkan” dengan operasi plastik kali ya?)

image

Penyakit Kaki Gajah (Pict : google)

Maka dari itu, Pemko Batam sangat getol sekali dalam mengkampanyekan obat anti filariasis ini, bahkan di perumahan saya, petugas kesehatan yang ditugaskan sampai mengetok pintu semua rumah dan memastikan semua warga menerima obat ini. Meski obat ini aman dikonsumsi semua orang, namun dalam hal ini, obat tersebut tidak sembarangan diberikan. Ibu hamil, anak usia dua tahun ke bawah dan orang-orang dengan penyakit berat tidak dianjurkan untuk minum obat ini. Dan walaupun aman, ternyata banyak sekali yang mengeluhkan efek samping dari obat ini. Walaupun hanya efek samping ringan, tapi lumayan mengganggu seperti mula, muntah, pusing, diare, dll yang biasanya akan hilang dalam waktu 1 – 2 hari.

Mungkin sedikit tips dari saya, untuk meminum obat ini, pastikan diminum sesaat sebelum tidur malam, sehingga efek yang ditimbulkan tidak terasa. Biasanya ketika bangun, sudah tidak terasa sama sekali mual-mual/pusingnya 🙂

Nyamuk, Obat Cacing, dan Benjolan

  • Nyamuk berperan besar dalam penyebaran penyakit kaki gajah, sehingga pemberantasan sarang nyamuk menjadi hal yang wajib dilakukan.
  • Minum obat cacing secara teratur juga dapat mengurangi risiko.
  • Cacing filaria dalam tubuh dapat dibunuh namun pembengkakan pada bagian tubuh tidak dapat diobati. Oleh karena itu jika mendapati ada benjolan aneh pada kelenjar getah bening maka segera periksakan. Jika nyamuk menggigit pada daerah seputar kaki maka kelenjar getah bening pada pangkal paha yang lebih dulu bengkak, jika digigit pada tangan maka kelenjar di bawah ketiak yang akan bengkak, lalu jika digigit pada kepala maka kelenjar pada bagian leher yang menunjukkan pembengkakan

Ayo kita minum obat cacing… 😀

Advertisements

4 comments on “Batam (Masih) Berperang dengan Filariasis

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s