10 Mobil Paling Hemat Di Indonesia, Yakin?

Langsung saja, baca berita dari beritasatu.com yang menyajikan 10 mobil terhemat yang ada di Indonesia. Silakan baca link berikut untuk sumbernya.

Dari berita tersebut, Carmudi Indonesia, situs jual-beli kendaraan online di Indonesia merilis 10 mobil yang paling hemat menurut pengujian mereka. Carmudi menjelaskan bahwa tingkat efisiensi kendaraan dimaksud dihitung berdasarkan biaya untuk BBM dan jarak tempuh yang berhasil dicapai, walaupun tidak bisa dijadikan patokan resmi karena tergantung dengan si driver, berat kendaraan, jalan yang dilalui dan juga cara mengemudinya.

Toyota Prius

Toyota Prius

Pengujian ini dilakukan dengan memberi bahan bakar seharga 200 ribu rupiah dan membawa mobil tersebut berjalan sejauh mungkin hingga mesinnya mati. Disini tidak disebutkan jenis BBM-nya, tapi menurut saya adalah Pertamax, kecuali Isuzu Panther). Juga tidak disebutkan apakah 10 mobil ini adalah 10 mobil yang diuji saja, atau diambil dari sekian puluh mobil kemudian dirangking menjadi 10 teratas saja tingkat efisiensinya. Secara lengkap berikut 10 mobil terhemat tersebut. 

1. Toyota Prius (420 kilometer)

2. Suzuki Splash (360 kilometer)

3. Isuzu Panther (340 kilometer)
4. Nissan March (330 kilometer)
5. Honda Mobilio (320 kilometer)
6. Mazda CX 5 (310 kilometer)
7. Lexus 460 Hybrid (300 kilometer)
8. Kia Picanto (300 kilometer)
9. Toyota Avanza (300 kilometer)
10. Toyota Camry Hybrid (300 kilometer)

 

Nah, dari hasil ini sedikit kita lakukan analisa. Kalau untuk Prius, saya sudah yakin memang irit (menurut review media-media luar). jadi saya pilih Mazda CX-5 dan Toyota Avanza. Dengan uang 200 ribu dan saya asumsikan menggunakan Pertamax yang  satu liternya sekitar 11.300 rupiah, maka didapatkan BBM sebanyak 17.7 liter. Dengan 17.7 liter, CX-5 sanggup menempuh jarak 310 km, sehingga konsumsi BBM-nya sekitar 17.52 km untuk 1 liter Pertamax, wow irit banget yah…

Mazda CX-5

Mazda CX-5

Lalu kita bandingkan dengan Toyota Avanza seperti pada tabel di bawah. Hasilnya Avanza “hanya” mampu mendapatkan konsumsi BBM sebesar 16.95 km untuk 1 liter Pertamax, kalah irit dengan Mazda CX-5. Piye jal…?

Perbandingan Avanza dan CX-5

Perbandingan Konsumsi BBM Avanza dan CX-5

Oke, benar sekali…semua tergantung si sopir dan juga jalan yang dilalui. Jadi silakan saja, apakah mau dipercaya atau tidak…saya hanya sedikit menganalisa :mrgreen:

Advertisements

11 comments on “10 Mobil Paling Hemat Di Indonesia, Yakin?

  1. Hemmm di batam toyota prius baru keliatan deh bulan kemaren masih gak ada tapi sekarang udah ada 1-2mobil
    Ada mobil nissan gtr r33 atau 34 beh suaranya sangaaaaarrrrrrr saat di gas poll.tapi masih kenceng honda civic type r ek9 mesinnya kalo di itung panjang kali rpmnya mungkin10k rpm tapi suaranya lebih sangarr

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s