Marlboro Boys, Seperti Inikah Generasi Penerus Kita?

Wow, Indonesia selalu menjadi sorotan dunia. Hebat… 😦

Coretan di Gunung Fuji

Coretan di Gunung Fuji

Setelah sorotan dunia dengan coretan-coretan di gunung Fuji Jepang dengan nama-nama Indonesia seperti RUDAL, CLA-X Indonesia dan INDONESIA, kini Indonesia kembali menjadi sorotan dunia. Sayangnya sebagian besar (yang saya tahu) sorotan dunia itu lebih kepada sisi negatif dari negara kita ini.

Adalah Michelle Siu fotografer asal Kanada yang mempublikasikan foto-foto Marlboro Boys alias bocah-bocah perokok yang banyak terjadi di Indonesia. Saat merokok menjadi kegiatan yang diperangi di sebagian besar negara-negara dunia, di Indonesia justru berbanding terbalik, dimana lebih dari 60% penduduk laki-laki Indonesia adalah perokok dan sepertinya tidak ada peraturan pemerintah yang membatasi rokok ini.

Anak SMP Merokok

Anak SMP Merokok

Benarkah? Menurut hasil survei Global Adult Tobacco Survey (GATS) Indonesia yang diluncurkan Kementrian Kesehatan pada 11 September 2012, diketahui jumlah perokok aktif di Indonesia terbanyak dari 16 negara khususnya di kawasan Asia Tenggara. Tercatat sekitar 61,4 juta penduduk Indonesia adalah pengkonsumsi tembakau, meningkat dari 2011 dengan jumlah perokok sebanyak 61,4 juta perokok. Dan menurut Komnas Anak, dari total jumlah perokok di Indonesia tersebut, mencatat 50% di antaranya atau sekitar 30.7 juta perokok tersebut berada pada usia anak yaitu 15-18 tahun (Tempo), weleh… 😦

Persentase Perokok di ASEAN

Persentase Perokok di ASEAN (Sumber : Tempo)

Rokok memang menjadi salah satu penyumbang terbesar penghasilan negara ini, jadi memang agak sulit untuk menghapus rokok dari bumi Indonesia. Cukai yang rendah, industri rokok rumahan yang menjamur ditambah harga rokok yang murah meriah menjadikan rokok sebagai “makanan pokok” sebagian warga negara Indonesia. Harga rokok yang berkisar sekitar 5 hingga 15 ribu rupiah tentulah sangat jauh dibandingkan dengan harga rokok di Jepang dan Singapura yang dijual sekitar 50 hingga 100 ribu rupiah. Konsumsi rokok di Indonesiapun ternyata menjadi yang tertinggi keempat di dunia, setelah Cina, Rusia dan Amerika Serikat.

Konsumsi Rokok Dunia

Konsumsi Rokok Dunia

Konsumsi Rokok Per Penduduk Per Tahun

Konsumsi Rokok Per Penduduk Per Tahun (Sumber : Tobacco Atlas)

Dari data diatas, bisa kita lihat dan bayangkan bahwa secara rata-rata semua orang Indonesia merokok sebanyak 1.038 batang per tahun atau sekitar 2.8 batang rokok per hari per orang. Terlihat sekali begitu menguntungkannya bisnis rokok di Indonesia.

Kembali ke Laptop Marlboro Boys. Menurut Seto Mulyadi atau Kak Seto, foto-foto dari Michelle Siu tersebut adalah kritik atau peringatan untuk pemerintah Indonesia. Seharusnya Indonesia malu, bahkan amat sangat malu sekali karena wajah anak-anaknya terpajang di media-media internasional sebagai perokok. Bahaya yang ditimbulkan oleh rokok bukan hanya masalah kesehatan yang berdampak pada diri sendiri, namun juga bisa jadi pintu gerbang anak-anak untuk mulai mengonsumsi narkoba

“Fenomena itu memang nyata. Di daerah dan di pelosok Indonesia memang ada anak-anak yang merokok seperti itu. Makanya ini harus ditanggapi sebagai kritik atau peringatan untuk pemerintah agar jangan main-main terhadap masalah rokok,” tutur Kak Seto via DetikHealth.

Si Marlboro Boy

Si Marlboro Boy, menghisap rokok disamping ibunya

Si Marlboro Boy

Si Marlboro Boy, menghisap rokok sebelum sekolah

Anak SMP Merokok di keramaian

Anak SMP Merokok di keramaian

Melihat kembali foto-foto dari Michelle Siu tersebut, memang benar-benar menyesakkan. Seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar dengan tenang menghisap rokok sebelum berangkat sekolah dan juga saat santai di rumah. Apa yang dikatakan Michelle Siu pada majalah Time bahwa, “Mereka (anak-anak Indonesia) mengisap dan menghembuskannya seperti orang dewasa yang sudah merokok bertahun-tahun. Beberapa dari mereka sudah merokok 2 bungkus perhari sejak masih kecil.”

Apakah seperti ini anak-anak kita nantinya…? Bagaimana peran kita (saya) sebagai orangtua? Yang jelas, saya akan melarang anak saya merokok dengan cara apapun, dan alhamdulillah saya juga tidak merokok!

 

Advertisements

9 comments on “Marlboro Boys, Seperti Inikah Generasi Penerus Kita?

  1. Pas smp saya ada tim bola tanding di tg.pinang terus nginep di hotel 1minggu baru 1 malam eh pintu wcnya bisa di bawa(baca lepas).sama petugas hotel bingung ko bisa?kata guru penjas saya”jangankan pintu wc,pintu besi sama pagar aja bisa patah.terahkir pintu wc yg di teralis malah ilang”

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s