Perodua Axia, Kembaran Daihatsu Ayla di Malaysia Dijual 92 Juta Hingga 175 Juta Rupiah

Setelah sempat beredar beberapa spyshoot dan bocoran-bocoran tentang Perodua Axia yang merupakan kembaran Daihatsu Ayla yang banyak dipublish oleh Funtacticko.net, akhirnya Perodua Axia resmi dibuka indennya kemarin 15 Agustus 2014 oleh Perodua Malaysia. Perodua Axia dipasarkan dengan status mobil pertama yang masuk kategori EEV (Energy Efficient Vehicle) atau semacam LCGC di Indonesia dan Eco Car di Thailand.

Perodua Axia

Perodua Axia

Nah, klaim dari Perodua, mobil ini mampu meraih efisiensi BBM 1 liter untuk 21.6 km, namun tidak disebutkan RON berapa yang dipakai dan cara pengetesannya, yang jelas bukan menggunakan premium :D. Karena mesinnya sama dengan Ayla/Agya, kemungkinan menggunakan RON yang tinggi atau ada perubahan setting di mesin, sehingga konsumsi BBMnya lebih irit dibandingkan Ayla dan Agya. 

Perodua Axia

Perodua Axia

Perodua Axia

Perodua Axia

Harga yang ditawarkan Perodua untuk berbagai macam tipe berkisar antara RM 24.900 (sekitar Rp. 92 juta) hingga RM 47.240 (sekitar Rp. 175 juta) tergantung tipe, cat dan daerahnya. Wow…murah atau mahal nih…? Selengkapnya bisa dilihat di website resmi Perodua.

Interior Perodua Axia

Interior Perodua Axia

Kalau dari eksterior dan interior sepertinya memang lebih wah dan lengkap si Axia ini. Tengok saja bagian depan dan belakangnya, bemper sporty dan lampu LED di stoplampnya, kemudian interior yang didesain ulang sehingga tidak nampak seperti mobil LCGC. Dan yang lebih mantab, ternyata Perodua Axia ini sudah mengantongi bintang 4 dari crash test ASEAN NCAP. Tidak terlalu terkejut sih dengan 4 bintang ini kalau melihat hasil dari mobil yang lain dimana Daihatsu Xenia dan Avanza juga memperoleh bintang 4. Soalnya crash test hanya dilakukan dengan cara tabrakan depan di kecepatan 64 kmh, sehingga kebayang kan kalo ada kecelakaan mobil di kecepatan 120 kmh, pasti hancur kayak bubur…

Brosur Axia

Brosur Axia dengan 4 Bintang NCAP

Tapi tetap saja terasa gimanaaaa… gitu dengan hasil test NCAP kalau melihat Xenia/Avanza dibandingkan Ford Fiesta atau Subaru XV yang mendapatkan bintang 5. Fiesta dan XV yang lengkap dengan Airbag, ASC, ABS dan berbagai piranti keselamatan lain hanya setingkat lebih baik dibandingkan dengan Xenia/Avanza. Bukan meremehkan lho, tapi hanya melihat data yang ada… 🙂

Xenia vs Subaru XV Crash test

Xenia vs Subaru XV Crash test (Klik untuk memperbesar)

Xenia vs Subaru XV Crash test

Xenia vs Subaru XV Crash test (Klik untuk memperbesar)

Okelah, malah ngelantur ke NCAP test, so gimana menurut masbro/sis semua dengan Perodua Axia si kembaran Daihatsu Ayla ini?

 

Advertisements

6 comments on “Perodua Axia, Kembaran Daihatsu Ayla di Malaysia Dijual 92 Juta Hingga 175 Juta Rupiah

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s