Data Akselerasi Motor Sport 150cc – 250cc versi OtomotifNet

Selamat pagi permirsah… sudah sekitar 4 hari saya menghilang dan akhirnya saya kembali lagi dalam keadaan sehat wal afiat 😀 . Kali ini saya kembali membawa data akselerasi motor-motor sport yang beredar di tanah air yang dipublikasikan oleh media otomotif nasional ternama, OtomotifNet.com.

R15 vs CBR150

R15 vs CBR150 (Pict : Google, tapi lupa dari mana, kalau tidak salah merdeka.com)

Sebenarnya, OtomotifNet sekitar bulan April 2014 lalu juga sudah mem-publish beberapa data akselerasi motor-motor sport di tanah air, seperti Yamaha R15, CBR150R, CB150SF, NVL dan lain-lain. Namun data kali ini merupakan rangkuman lengkap dari hampir semua motor sport batangan dan sarungan di tanah air mulai dari kelas 150cc hingga 250cc, termasuk R25.

Untuk data bulan April lalu, saya comot dari blognya bro Reka di Lovemotobike.com berikut ini. Paling tinggi ccnya “hanyalah” 225 cc yaitu Yamaha Scorpio (walaupun bukan yang tercepat), dan tidak ada data motor 250cc disini. 

Komparasi Motor 150 - 225 (Lovemotobike.com)

Komparasi Motor 150 – 225 (Lovemotobike.com)

Nah, data terbaru dari OtomotifNet, semua motor yang pernah ditest oleh mereka disatukan dalam satu tabel, sehingga memudahkan kita dalam membandingkannya. Data diambil dalam satuan detik, dimana diukur dari akselerasi 0 hingga 60, 80 dan 100 km/jam, kemudian juga diukur dalam akselerasi dari 0 hingga 100, 201 dan 402 meter. Semua diambil dengan menggunakan Racelogic, bukan dengan speedometer atau stopwatch hape :mrgreen:

Berikut data terbaru tersebut yang saya kopi ( bisanya copy paste sih 😀 ) dari blog RudySoul.com.

Data Akselerasi Motor Sport 150-250cc_OtomotifNet

Data Akselerasi Motor Sport 150-250cc_OtomotifNet

Sangat terlihat dengan peletakan data dalam tabel, dimana 2 motor sport Yamaha ada di paling ujung mengapit data motor lainnya. Dari sini terlihat memang duo sport Yamaha memegang rekor paling cepat dan paling lemot :mrgreen: . Yamaha R25 memegang tahta motor sport tercepat dalam akselerasi dimana 0 – 100 km/jam hanya ditempuh dalam waktu 7 detik, selisih 0.5 detik dengan Ninja250 yang berada di 7.5 detik. Sayangnya Yamaha R15 berada di posisi buncit alias paling lemot dengan 12.8 detik, lebih lambat 0.1 detik dari CBR150R.

Namun, semua ini hanyalah test dari salah satu media, tentunya akan berbeda-beda hasilnya jika menggunakan motor dan joki yang berbeda, apalagi jika sudah masuk sirkuit dimana settingan, joki dan sasis sangat berpengaruh.

Last, saya yakin ujicoba ini dilakukan oleh profesional dan di sirkuit, jadi jangan coba-coba melakukannya di jalan raya ya… apalagi coba-coba pake Thunder125 seperti saya 😀

Advertisements

9 comments on “Data Akselerasi Motor Sport 150cc – 250cc versi OtomotifNet

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s