Jokowi-JK Terpilih Sebagai Presiden & Wakil Presiden RI 2014 – 2019, Mari Kita Kawal Janji-janjinya

Akhirnya terpilih sudah Presiden RI yang ke 7 untuk periode tahun 2014 hingga 2019. Bapak Joko Widodo dan Jusuf Kalla resmi ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang dalam pemilu tanggal 9 Juli lalu. Selamat Pak Jokowi-JK, semoga bisa membawa bangsa ini ke arah yang lebih baik dan bagi kubu yang tidak menang, semoga bisa legowo walaupun kemudian mengundurkan diri.

Calon Presiden

Pict : Liputan6

Suara yang didapat pasangan nomer 2 ini memang tidak terpaut jauh dengan pasangan nomer 1. Total perolehan Jokowi-JK adalah 70.633.594 (53,15%), sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh suara sebanyak 62.262.844 (46,85%). OK, kita tidak akan membahas mengenai jumlah suara, curang atau tidak dan juga mundurnya Prabowo. Karena sudah ditetapkan oleh KPU bahwa pasangan Jokowi-JK sebagai pemenangnya, maka akan coba saya ingatkan kembali janji-janji atau pernyataan-pernyataan yang pernah dilontarkan kubu Jokowi-JK selama masa kampanye, termasuk saat depat capres-cawapres.

Pendidikan

Jokowi-JK memiliki rencana untuk menekankan siswa pada revolusi mental, yang menurutnya sangat efektif jika di nilai sejak dini. Oleh karena itu, Jokowi berencana untuk memberikan materi pendidikan karakter, pendidikan budi pekerti, dan pendidikan etika sebesar 80 persen, sedangkan ilmu pengetahuan cukup 20 persen kepada siswa SD. Kemudian akan ditingkatkan pada SMP menjadi 40 persen, sedangkan pendidikan karakter dan budi pekerti menjadi 60 persen. Dan akan diturunkan pada tingkat SMA, pendidikan ilmu pengetahuan ditingkatkan lagi menjadi 80 persen serta pendidikan karakter dan budi pekerti diturunkan menjadi 20 persen.

Pertanian

Jokowi-JK juga berjanji untuk menciptakan sektor pertanian yang bagus. Dengan menambah lahan pertanian untuk rakyat agar bisa memenuhi kebutuhan padi untuk rakyat Indonesia. Karena Jokowi melihat bahwa masyarakat sepertinya kekurangan lahan untuk pertanian (kalau tidak salah akan membuka 2 juta hektar lahan per tahun untuk pertanian).

Kelautan

Jokowi-JK melihat nelayan lokal sangat ketinggalan jauh dengan nelayan di negara lain. Hal ini dikarenakan teknologi nelayan yang ketinggalan zaman, sehingga Jokowi-JK berjanji untuk menciptakan teknologi canggih, dan juga kapal-kapal modern serta pelatihan untuk para nelayan agar bisa menjadi nelayan yang maju.

Energi

Jokowi-JK juga melihat subsidi BBM dan subsidi listrik sangat besar. Oleh karena itu, Jokowi berjanji untuk meminimalisir dengan mengalihkan sumber energi dari BBM ke gas, karena Indonesia memiliki cadangan gas yang sangat tinggi sehingga anggarannya jadi lebih murah. Semoga dukungan kearah mobil listrik akan semakin besar… 🙂

Infrastruktur

Jokowi-JK menyoroti masih kurangnya pengembangan infrastruktur di laut, bandara dan jalur KA. Terutama untuk konsep pembangunan infrastruktur laut atau dikenal sebagai tol laut adalah salah satu hal yang harus bisa segera diselesaikan.

Administrasi Birokrasi

Jokowi-JK juga berjanji jika terpilih nanti ia akan menerapkan sistem elektronik dan jalur online dalam hal pengadaan barang dan jasa di seluruh institusi pemerintah, termasuk dalam hal pengawasannya. Sistem ini dikatakannya sudah di terapkan di DKI Jakarta.

Selain beberapa janji di atas, juga ada beberapa pernyataan yang pernah dilontarkan Jokowi-JK sewaktu kampanye dulu, yaitu :

  • Buyback Indosat
  • E-Goverment & E-Budgeting
  • Meninjau ulang perjanjian/kontrak dengan perusahaan tambang asing sehingga bisa lebih menguntungkan Indonesia
  • Memperbaiki Jakarta dalam 5 tahun
  • Mendukung Palestina
  • Mendukung Industri kreatif
  • Tidak bagi-bagi kursi
  • Pemerintah yang bersih dan bebas korupsi

Nah, itulah dia beberapa janji dan juga pernyataan Jokowi-JK jika jadi presiden dan wakil presiden. Dan sekarang kan sudah jelas terpilih sebagai presiden dan wakil presiden, apakah semua janji tersebut akan dipenuhi? Kita sebagai warga negaralah yang harus mengawal selama 5 tahun kedepan. Jika tidak terpenuhi, minimal ada kerangka dasar yang bisa dilanjutkan oleh pemerintahan selanjutnya. Semoga…

Namun, sayang sekali saya tidak pernah mendengar atau membaca tentang janji Jokowi-JK terhadap kelanjutan dari mobil nasional (MOBNAS). Eh…kalau Mobnas kan janji Prabowo-Hatta ya :mrgreen:

 

*dari berbagai sumber

Advertisements

22 comments on “Jokowi-JK Terpilih Sebagai Presiden & Wakil Presiden RI 2014 – 2019, Mari Kita Kawal Janji-janjinya

  1. Bakal ada peristiwa
    1.ahok jadi gubenur
    2.3.4 banyak korban sumpah di fb sama twiter kalo jokowi menang(yg dukung prabowo)
    5.ahmad dani sunatan
    6.mudik bersama
    7.prabowo #akurapopo
    Dlll

  2. kemaren ada kecelakaan di tiban 3 orang tewas di tabrak mobil fortuner
    bapak,ibunya luka parah sampai meninggal anaknya keseret hingga masuk dalam kolong mobil
    Yang bawa mobil kebetulan ngebut. Pas tabrakan saya kaget karena suara tabrakan kencang

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s