Membuat Paspor di Batam secara Online, Mudah dan Murah! (Bag. 2)

Lanjutan dari postingan sebelumnya tentang pembuatan paspor secara online, khususnya di Batam (walaupun sama/mirip juga untuk daerah-daerah lain). Untuk yang belum baca bisa dibuka tautan berikut. Jadi, kita lanjutkan kembali apabila langkah pendaftaran online selesai.

Update 2017 : Saat ini Layanan Paspor Online Imigrasi sudah tidak bisa diakses. Kalau ingin membuat paspor bisa mendaftar melalui WhatsApp. Baca selengkapnya di : Cegah Calo dan Antrian Panjang, Imigrasi Batam Gunakan Layanan Antrian via WhatsApp (LAW) Mulai Senin Esok

Kantor Imigrasi Batam

Kantor Imigrasi Batam

  • Sebelum ke kantor imigrasi, siapkan dokumen-dokumen berikut
    • KTP Asli
    • KK Asli
    • Ijazah atau Akte Kelahiran Asli
    • Buku Nikah Orangtua Asli jika membuat paspor untuk anak
    • KTP kedua Orang tua jika membuat paspor untuk anak
    • Tanda terima permohonan yang kita terima lewat email
    • Bukti pembayaran bank (3 lembar)
    • Semua dokumen diatas tidak perlu difoto kopi, karena untuk foto kopinya sendiri “diharuskan” dikopi di “koperasi” kantor imigrasi (sudah ada standar pemotongan dan jumlah kopiannya)
    • Materai 6000 rupiah (Dewasa = 1 lembar, Anak-anak = 2 lembar), materai juga bisa dibeli di koperasi kantor imigrasi
    • Pulpen warna Hitam

  • Pastikan datang pagi-pagi ke kantor imigrasi, kalau bisa jam 07.00 sudah tiba di kantor imigrasi. Imigrasi Batam buka pintu jam 07.30 dan pelayanan dimulai jam 08.00
  • (Khusus Batam) Langsung saja mengantri di depan pintu pelayanan paspor, walaupun masih tutup. Tidak ada kartu antrian sebelum pintu dibuka, jadi kita bisa mengantri dengan meletakkan dokumen kita atau helm atau apa saja sebagai penanda. Ingat-ingat nomer berapa antrian kita.
Antrian sebelum pintu dibuka - Kantor Imigrasi batam

Antrian sebelum pintu dibuka – Kantor Imigrasi batam

  • (Khusus Batam) Setelah pintu dibuka, kita ambil dokumen kita dan kemudian antri lagi di dalam dengan cara yang sama, yaitu meletakkan dokumen kita atau apa saja sebagai penanda. Saya sarankan gunakan saja botol minuman atau map kosong sebagai penanda antrian
Antrian setelah pintu dibuka - Kantor Imigrasi batam

Antrian setelah pintu dibuka – Kantor Imigrasi batam

  • Sambil menunggu loket dibuka, kita bisa membeli map serta memfoto kopi dokumen yang diperlukan di “koperasi” kantor imigrasi. Tukang fotokopinya sudah tahu berapa jumlah kopiannya.
  • Setelah loket dibuka kita akan dipanggil satu persatu sesuai antrian untuk mendapatkan nomer antrian A dan mengambil formulir yang harus diisi.
  • Isi formulir sesuai contoh yang ada dan tunggu panggilan. Untuk paspor anak, ada tambahan formulir yang harus diisi dan ditandatangani di atas materai. Kalau sudah dipanggil, serahkan dokumen yang sudah diisi dan kita akan diberi nomor antrian B untuk menunggu foto dan wawancara.
Nomor Antrian B - Foto dan Wawancara

Nomor Antrian B – Foto dan Wawancara

  • Saat dipanggil untuk foto dan wawancara, pastikan bisa menunjukkan dokumen pendukung yang aslinya.
  • That’s it…setelah foto dan wawancara, selesailah proses pembuatan paspor kita. Tinggal menunggu paspor jadi, sekitar 3 – 5 hari. Simple bukan, cukup 2 kali mengambil nomor antrian 🙂
  • Untuk mengecek status paspor kita, bisa melaui SMS ataupun melalui website imigrasi.
Cek status Paspor lewat SMS

Cek status Paspor lewat SMS

Cek status Paspor lewat Website

Cek status Paspor lewat Website

  • Setelah 3 hari kita bisa ke kantor imigrasi lagi untuk mengambil paspor kita. Namun saya sarankan setelah 5 hari baru ke kantor imigrasi, karena walaupun statusnya sudah “serahkan paspor”, tapi kalau di Batam sering terjadi Paspor sudah jadi tapi belum ditanda tangani.
  • Tiba di kantor imigrasi, kita harus mengambil antrian E setelah lebih dulu diharuskan mengisi “survey” online mengenai pelayanan kantor imigrasi. Apakah baik, jelek atau sedang-sedang saja?
Komputer untuk mengambil antrian dan mengisi survey

Komputer untuk mengambil antrian dan mengisi survey

Antrian E - Mengambil Paspor

Antrian E – Mengambil Paspor

  • Tunggu sebentar dan…. jadideh paspornya…silakan kalau mau jalan-jalan ke luar negeri 😀
Paspor Anak Saya

Paspor Anak Saya

 

Related Post

Advertisements

125 comments on “Membuat Paspor di Batam secara Online, Mudah dan Murah! (Bag. 2)

  1. Pingback: Membuat Paspor di Batam secara Online, Mudah dan Murah! | 4G92 Mivec Blog

  2. Barusan tadi siang urus paspor buat istri & anak (3orang)
    Ternyata cukup lama jg walau online. Ngatri mulai 7:00 dan baru foto 14:00.
    Total waktu 7jam – mulai antri, serah berkas, cek berkas, wawancara & foto.
    Lebih cepat dr dulu cuman masih relatif lama.
    Antri berkas – urutan 80an
    Antri foto – urutan 60an

    Anak ane yg paling tua gagal di wawancara & foto.
    Tgl lahir di akte ama kk beda 😦

    • Pada dasarnya hanya 255 ribu rupiah gan… tapi itu dulu bulan Juni 2014. kalo ditambah biaya fotocopy dan materai paling sekitar 275 ribu per orang.

      Kalau sekarang sudah naik per Juli 2014 menjadi 355 ribu. Untuk 24 halaman, masih ada…cuma hati2 saja karena ada beberapa negara yang “katanya” menolak paspor 24 ini.

      • all gan mau Tanya.. klo buat paspor anak di batam pas wktu wawancara kedua org tua harus hadir ya? ato blh slh 1 aja yg datang? btw kmrn agan total Brp jam di imgrasi dr dtg pagi smpe slesai fto wawancara? thx be4 gan ..di tgu jwbannya 😀

      • ooo..gtu..Oke..btw mau tny lg nih Gan.
        Surat pernyataan orgtua harus di tandatgn Sm ke2 orgtua yah? Trus Cara fto copy KTP , paspor Dan akta nikah di kertas A4 itu bgmn posisinya? Trus akta nikah kan Ada utk suami Sm utk istri..kah itu perlu di ftocopy 22nya? thx skali lg buat jwbannya Gan…hehehe

      • Surat pernyataan ditandatangani salah satu saja kemarin, biasanya ayah. Untuk fotocopy saya sarankan di koperasi imigrasi saja, mereka sudah tahu cara, posisi dan jumlahnya. Tidak ribet, cukup bilang mau buat paspor…
        Akta nikah juga salah satu saja, boleh istri atau suami 🙂

      • ooo..gtu..Oke..btw mau tny lg nih Gan.
        Surat pernyataan orgtua harus di tandatgn Sm ke2 orgtua yah? Trus Cara fto copy KTP , paspor Dan akta nikah org tua di kertas A4 itu bgmn posisinya? Trus akta nikah kan Ada utk suami Sm utk istri..kah itu perlu di ftocopy 22nya? thx skali lg buat jwbannya Gan…hehehe

      • sorry Gan mau tny lg nih… materai butuh 2 ya klo utk paspor ank? itu utk dmn aja Gan? btw ad pin bb ato Wa yg bs di contact..biar tny lbih jelas soalnya bs smbil ku fto data yg gk ku ngerti… soalnya agan kan Dh pengalaman biking paspor ank…kbtulan jg aku bkin daerah batam..jd tny Sm org yg tepat…he he..

  3. Walaupun E-KTP tp luar batam ttp gak bisa ya mas??
    Trs dokumen pendukung harus d serahin yg asli gtu?? Misalkan kk ny cuma ad copy an aj??

  4. halo..mao tny nih..klo misalkan slip bukti pembayaran BNI hilang pas tinggal mau ngambil passpor gmna yaa ?? apakah ad solusi laen ?? ditunggu balasannya yaa…thankyou..

  5. Gan , prosedur pembuatan paspor sekarang beda ya ma yg dulu , klo dulu kan mesti beli formulir dulu sekitar 20 rb an klo skrng kt na kita kasih nama and no hp and then pihak immigrasi yg nentuin tgl na kita dtng lg pa bener ?

  6. Gan, Aplikasi Layanan Paspor Online (Pra-Permohonan) saat ini tidak dapat diakses dari semalam :(, sementara saya tinggal memasukkan 6 digit jurnal bank.
    Mohon bantuannya

  7. pagi pak, kalau untuk perpanjangan paspor secara online
    apakah nanti sesampai dikantor imigrasi mesti mengisi formulir atau semacamnya lagi?
    mohon pencerahanya
    terimakasih

  8. pak kalau paspor on line,susah nggak .saya kan sudah daftar online sudah nentuin tanggal 28-4-2015 datng.ada juga sih formulir yg di isi .disana nanti masih ngisi formulir yah.

  9. Pak misal dipendaftaran online sdh mnentukan datang tanggal 29 tapi hari itu ada halangan mendadak terus diganti hari lain bagaimana,bisa tdk ,ada masa kadaluarsanya tdk utk jadwal datangnya. tks

  10. halo imigrasi batam. saya ingin coba buat paspor lewat online, tapi ko tidak ada aplikasinya di webnya/
    bagaimana yah share nih terimakasih.

  11. Terima kasih , appx dah muncul taaaapiiiii, di
    memilih lokasi kayknya perlu di up grade contoh
    kanim kelas 1 ba. karna cuma dua huruf jadi jadi harus banyak mencoba yg di awali ba. dan ternya
    yg sy cari Batam sy tidak jumpa. jadi sy usul paling kurang 3-4huruf, ma’af dan terima kasih tapi di tungu
    Batam nya ya.

  12. mau tanya apakah itu selalu selesai 5hr ya? sya bikin pasport mepet waktunya. mau pergi tgl 29 mei tp dpt wawancara tgl 25 mei. msh bs terkejar gak ya mas kira” ?

  13. Dear all

    Saya sudah bayar melalui Bank BNI dan sudah bisa akses selanjutnya,tetapi saya belum dapat email balasan dari SPRI(Imigrasi) tanda terima permohonan,tapi saya lihat verifikasi permohonan disitu bilang ,permohonan sudah dikirim ke kantor yang telah dipilih . terus apakah itu hangus uang pembayaran?
    mohon penjelasan nya ?

      • Alhamdulilah sudah bsa mendapat email tanda terima permohonan,tetapi setelah saya check ko data nya beda,padahal pada waktu sya isi betul pas dengan data akurat,ini malah beda..seperti pekerja,saya isi wiraswasta ini malah jadi pegawai swasta.dan alamat rumah kosong padahal sudah di isi.ini disitu dengan benar. bagaimana bos..bila beda.apakah nanti gagal gk jadi interview dn fto.mohon pencerahanya

      • Beda data kadang memang terjadi. Istri saya kemarin juga beda di tahun lahir. Tapi nanti kan dicocokkan sama data asli (ktp/ijazah). Kalau ok biasanya tidak masalah. Namun kadang tergantung petugasnya juga, bisa jd petugasnya akan meminta surat keterangan diatas materai. Surat keterangan dibuat sendiri pakai tulisan tangan, dan diberi materai.

  14. Gan, untuk passport anak/istri apakah pengambilan formulir & penyerahan dokumen bisa di wakilkan?(antrinya satu orang saja). untuk foto tentu semuanya harus datang. thanks ya

  15. Mas,gmn cara check status permohonan melalui website???udh siap foto kapan bisa ambil paspornya,soalnya gak di kasih tao kapan ambilnya?

  16. Mas,gmn cara check status permohonan melalui website???udh siap foto kapan bisa ambil paspornya,soalnya gak di kasih tao kapan ambilnya???

    • standar pengambilan paspor setelah foto adalah 5 hari kerja. Tapi kalau mau ngecek statusnya bisa ke web imigrasi.go.id –> layanan paspor online –> klik status permohonan personal –> masukkan nomor permohonan.

      Disitu nanti akan tahu sudah bisa diambil atau belum

      • Udh di check tapi blm ada tulis serahkan paspor pdhal udh 1minggu jadi blm bisa ambil iya mas???punya adek saya udh serahkan paspor pdhl sama2 pemohonannya,jd gmn iya mas?

      • Biasanya memang sesuai dengan yang ada di sistem… tapi siapa tahu sistemnya sedang error sih

        Kalau lebih dari seminggu seharusnya sudah jadi. Coba diambil saja, nanti kalau belum jadi akan diberitahukan oleh petugasnya.

      • Udh dr smlm check blm ada tulis jg,tapi check punya adek saya ada mas tulis serahkan paspor,bingung jg pdhal sama bikinnya,bsknya hrs ke imigrasi check dl

  17. Bang, kan klo sdh foto dan wawancara nanti dikasih kembalikan ke kita itu bukti pembayara. Nah saya ga dikasih tuh bang. Gimana cara ngambilnya ? Takut jugaaa sama petugasnya >< saya bukan domisili batam soalnya

    • Kalau nggak dikasih harusnya diminta saja, boleh kok. Bilang saja belum dikopi, jadi nanti akan dikembalikan. Kemarin saya juga gitu waktu perpanjangan.

      Soalnya bukti pembayaran itu dipakai untuk ngambil paspor jika sudah jadi. Kalau email saat daftar online masih ada, bisa dipakai tuh… di print aja formnya

    • Sama saja mas dengan membuat paspor baru… (langkah dan syaratnya sama). Hanya saja saat pilih jenis paspor dipilih yang jenis penggantian (bukan paspor baru). Nantinya saat datang ke imigrasi, harus membawa paspor lamanya (plus fotokopi)

  18. saya mau tanya selain warga batam yang bikin passport di batam boleh gak sih??
    dan saya juga mau tanya kalo mau bikin passport baru bisa gak , soalnya saya punya passport tapi passport kerja tki dan saya mau membuat passport yang gak buat kerja tapi passport biasa ,?
    tolong balaas yahh soalnya penting terimakasih

  19. Maaf nii admin.ktp saya kan luar kota batam.apakah saya harus melampirkan domisili dari rt/rw saya tinggal di batam?? Tuk jawaban nya trims ^_^

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s