Kenapa All New Yaris & All New Jazz Masih Sama Mesinnya dengan Generasi Sebelumnya?

Dua mobil hatchback yang selalu bersaing ketat di tanah air telah resmi diluncurkan. All New Yaris diluncurkan Toyota Astra Motor (TAM) tanggal 17 Maret 2014 lalu, sementara yang terbaru adalah All New Jazz yang baru diluncurkan Honda Prospect Motor (HPM) tanggal 26 Juni kemarin. Dari segi eksterior dan interior, kedua mobil ini sama-sama mengalami banyak perubahan. Namun dari segi dapur pacu, dua mobil baru ini tidak mengalami perubahan alias tetap sama dengan generasi sebelumnya.

All New Yaris 2014 vs All New Jazz 2014

All New Yaris 2014 vs All New Jazz 2014

Untuk Toyota Yaris, mesin yang digunakan masih sama yaitu 1NZ-FE, 4 silinder, 16 Valve DOHC VVT-i yang berkapasitas 1.497 cc dengan tenaga maksimal 109 PS dan torsi 141 Nm. Sementara Honda Jazz masih menggunakan mesin L15A7, 1.5 L SOHC i-VTEC, 4 silinder dengan tenaga maksimal 120 PS dan torsi 148 Nm. Jangan bandingkan DOHC dan SOHC ya… 😀 . Padahal sebelumnya saya memprediksikan di sini bahwa All New Jazz di Indonesia akan menggunakan mesin terbaru. Soalnya kalau diluar negeri sana ada varian Jazz yang sudah menggunakan mesin terbaru L15B Earth Dream yang sudah DOHC dan tenaga maksimalnya 132 PS.

Tabel Perbandingan Mesin Yaris & Jazz 2014

Tabel Perbandingan Mesin Yaris & Jazz 2014

Lantas kenapa 2 raksasa otomotif di Indonesia ini masih menggunakan mesin yang lama? Yang pastinya sih rahasia perusahaan masing-masing, namun kalau tebakan ngawur saya mungkin seperti ini.

  1. Biaya Produksi

Biaya Produksi ini meliputi biaya riset, Test Run, Pilot Run, Vendor, dan lain-lain yang pastinya harus mengeluarkan banyak biaya jika menggunakan mesin baru. Soalnya walaupun tinggal comot langsung dari Jepang misalnya, tetap saja HPM dan TAM harus melakukan beberapa riset untuk menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan masyarakat Indonesia. Jika OK pun harus tetap dibutuhkan Test Run, Pilot Run, Production test dan lain-lain agar benar-benar sesuai dengan standard Jepang. Belum lagi harus mencari vendor baru mengenai part-part mesin yang dilokalkan.

Nah jika menggunakan mesin lama, minimal riset dan pencarian vendor baru bisa diminimalisir. Untuk persiapan produksinya pun bisa lebih cepat, dan pastinya hemat biaya.

  1. Biaya Training Operator & Mekanik

Dengan mesin baru pasti dibutuhkan training lagi untuk operator produksi dan mekanik-mekanik yang tersebar diseluruh Indonesia, berapa coba biayanya? Sedangkan kalau mesinnya sama dengan generasi sebelumnya, mungkin training bisa lebih diminimalisir atau bahkan ngga perlu training-training lagi…cukup dikirimkan SOP yang baru sepertinya cukup :mrgreen:

  1. Biaya Pengadaan Spare Part

Untuk spare part juga sama, strategi common part dengan generasi sebelumnya akan menghemat pengadaan spare part mesin. Selain itu, konsumen diyakini tidak akan ragu membeli karena ketersediaan fast moving part yang melimpah…

  1. Harga Jual

Dan ini yang penting, walaupun All New tapi harga jual mobil bisa ditekan akibat dari berkurangnya biaya-biaya tadi. Bahkan untuk Jazz malah bisa lebih murah :mrgreen:

  1. Tipikal Konsumen

Untuk yang ini, mungkin tidak semuanya setuju. Tapi kalau dari pandangan saya, konsumen mobil Indonesia itu tidak terlalu mementingkan mesin. Cukuplah merek terkenal (seperti contohnya Toyota dan Honda) serta desain yang WOW, jika keduanya terpenuhi pasti laris 😀

Saya ambil contoh Ford Fiesta 1.0 L EcoBoost atau Fiesta Sport, harganya tidak terlalu mahal, miriplah dengan Jazz dan Yaris, model keren, fitur melimpah, tenaga juoss, irit, tapi karena mereknya “tidak terkenal” di Indonesia, ya jadinya kurang laku… 🙂

  1. Masih Laku

Kalau yang ini hanya tebakan ngawur ya. Begini, kalau pakai mesin lama saja laku ngapain pakai mesin baru. Nanti kalau sudah tidak laku, baru diupgrade ke mesin baru 😀 . Mungkin ya Jazz RSZ itu kali…

Nah, mungkin itu tebakan ngawur saya, kalau ada tambahan atau tidak setuju…silakan ditambahkan dan didiskusikan 🙂

Advertisements

15 comments on “Kenapa All New Yaris & All New Jazz Masih Sama Mesinnya dengan Generasi Sebelumnya?

  1. Pintarnya marketing honda dan toyota di indonesia. konsumen belom melek teknologi. buat apa beli mobil baru yang hanya ganti body doang. nanti abis beli 1 dan 2 tahun,, baru deh keluar yang mesin baru. yang baru beli all new jazz dengan mesin lama pasti nyesel. wong mesin yang baru lebih powerful dan lebih irit. semoga mesin Earth Dream teknologi honda cepat masuk.

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s