Lancer CK4 Mivec vs Lancer CK4 Versi KTB

Ada beberapa pertanyaan yang masuk ke redaksi halah… yang menanyakan tentang perbedaan Lancer CK4 Mivec dan Lancer CK4 versi KTB (Krama Yudha Tiga Berlian) atau selanjutnya akan saya sebut sebagai CK4 Lokal. Beberapa perbedaannya sebenarnya sudah saya tulis pada artikel berikut ini.

CK4 Mivec vs CK4 Lokal

CK4 Mivec vs CK4 Lokal

Namun, kali ini saya coba merenagkum beberapa perbedaan yang ada antara Lancer CK4 Mivec dan Lancer CK4 Lokal ini sejauh yang saya tahu, jika ada kekurangan atau kesalahan mohon dikoreksi.

Asal-usul

Nah, asal usul dari Lancer CK4 ini saya anggap penting agar tidak salah dalam mendefinisikannya. Untuk Lancer CK4 Lokal, mobil ini dipasarkan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) sebagai APM Mitsubishi di Indonesia. Biasa dikenal dengan sebutan Lancer Evo 4, padahal perbedaannya sangat jauh antara Lancer Evolution dan Lancer CK4. Sedangkan Lancer CK4 Mivec, tidak pernah dipasarkan oleh KTB. Mobil ini bisa ditemui hanya di Batam dan Sabang yang merupakan daerah khusus yang memperbolehkan impor mobil bekas dari negara lain, kecuali kalau hasil modifikasi atau dari IU ya… 🙂

Mesin

Untuk urusan mesin, kode yang dipakai CK4 Lokal dan CK Mivec adalah sama, yaitu 4G92. Namun untuk CK4 lokal masih menganut sistem SOHC sedangkan CK4 Mivec menggunakan sistem DOHC plus dengan MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Mivec ini merupakan sistem pengaturan timing dan bukaan valve secara otomatis, mirip seperti sistem VTEC pada Honda. Dengan sistem ini, maka saat Mivec bekerja disekitar 5000 rpm, torsi dan tenaga akan melonjak dan mencapai puncaknya disekitar 172 HP pada 7500 rpm, bandingkan dengan CK4 lokal yang “hanya” sekitar 110 HP.

Engine Lancer CK4 Lokal vs Mivec

Engine Lancer CK4 Lokal vs Mivec

Bore x Stroke & Rasio Kompresi

Untuk Bore dan stroke kedua mobil ini sama, yaitu 81 x 77.5. Sedangkan rasio kompresi untuk 2 Lancer ini sangat berbeda. Untuk CK4 Lokal mempunyai perbandingan kompresi 10 : 1, sedangkan Mivec mempunyai perbandingan kompresi 11 : 1 alias wajib Pertamax Plus 😀

Sasis

Sasis mobil ini sebenarnya sama persis alias podho plek kalau bahasa Belandanya, yaitu menggunakan sasis CK4A (lebih dikenal dengan CK4) baik untuk yang Lokal maupun yang Mivec. Mitsubishi menggunakan kode CK4 untuk Lancer dengan penggerak FWD dan 4G92 Engine yang kita sebut dengan Lancer CK4 Lokal tadi atau yang dikenal sebagai Lancer “Evo” 4 di Indonesia. Sedangkan kode sasis CN9A digunakan untuk Lancer Evolution 4 dengan mesin 4G63T dan penggerak AWD.

Kalau masih bingung tentang penyebutan lancer, berikut ini beberapa sebutan kode sasis ini yang biasanya digunakan untuk menyebut varian Lancer (non turbo) di Indonesia (CMIIW).

  • CB2A –> Lancer dengan mesin 4G15, 1500 cc, SOHC, karburator, 92 HP, tahun 1991 – 1996
  • CB4A –> Lancer dengan mesin 4G92, 1600 cc, SOHC, Injection, 110 HP, tahun 1991 – 1996
  • CB5A –> Lancer dengan mesin 4G93, 1800 cc, DOHC, Injection,  138 HP, tahun 1991 – 1996
  • CK4A –> Lancer dengan mesin 4G92, 1600 cc, SOHC, Injection, 110 HP, tahun 1997 – 2002 (Khusus Mivec, mesin 4G92, 1600 cc, DOHC Mivec,  172 HP)
  • CS3A –> Lancer dengan mesin 4G18, 1600 cc, SOHC, Injection, 105 HP, tahun 2002 – 2004 (Kalau tidak salah ada varian 1800 cc juga)
  • CS5A –> Lancer dengan mesin 4G93, 1800 cc, SOHC, Injection,  118 HP, tahun 2004 – 2007
  • CY4A –> Lancer dengan mesin 4B11, 2000 cc, DOHC Mivec, Injection,  155 HP, tahun 2008 – sekarang ( lebih dikenal dengan Lancer EX daripada Lancer CY4 😀 )

Jadi biasanya untuk menyebut Lancer dengan tepat adalah dengan menggunakan kode sasis di atas, misalnya CB, CK atau CS. Oh ya, biasanya huruf A di belakang dihilangkan dalam penyebutannya :mrgreen:

Transmisi

Untuk varian otomatis, Lancer CK4 hanya menggunakan sistem otomatis 4 percepatan, sedangkan Lancer Mivec menggunakan transmisi 4 percepatan dengan tiptronic, mirip dengan mobil-mobil jaman sekarang. Sedangkan untuk varian manual, perbedaannya hanya di perbandingan giginya.

Gear Ratio CK4 Lokal vs Mivec

Gear Ratio CK4 Lokal vs Mivec

Sensor Udara

Sensor udara untuk Lancer berfungsi untuk menakar volume udara yang masuk ke ruang bakar agar debit bensin yang disemprot injektor bisa benar-benar pas atau sesuai perbandingannya. Untuk Lancer CK4 Lokal menggunakan MAF Sensor (Mass Air Flow Sensor) yang letaknya di dekat filter udara. Bentuknya kotak dan ada semacam sarang lebah didalamnya serta “diode zener” dibagian tengahnya. Sedangkan untuk Lancer CK4 Mivec menggunakan MAP Sensor (Manifold Absolute Pressure) yang diletakkan di throttle body.

MAF Sensor CK4 Lokal vs Mivec

MAF Sensor CK4 Lokal vs Mivec

Speedometer/Tachometer

Bagian speedometer/tachometer juga berbeda karena mengikuti spesifikasi mesinnya. Kalau CK4 lokal redline ada di 7100 rpm, maka redline CK4 Mivec ada di 8200 rpm, jauh lebih tinggi.

Speedo Lancer CK4 Lokal vs Mivec

Speedo Lancer CK4 Lokal vs Mivec

Panel AC

Panel AC dari CK4 Mivec sudah menggunakan panel digital, seperti halnya panel Galant. Ada fitur auto fan speed yang kecepatan fannya menyesuaikan dengan suhu di dalam kabin. Pastinya fitur ini tidak dimiliki CK4 Lokal yang masih menggunakan knob putar.

Panel AC Lancer CK4 Lokal vs Mivec

Panel AC Lancer CK4 Lokal vs Mivec

Rem

Bagian pengereman juga berbeda bro. Untuk CK4 Lokal, Rem belakang masih menggunakan model drum, sedangkan bagian depan cakram. Kalau Lancer Mivec, bagian depan dan belakang sudah menggunakan cakram, seperti halnya Lancer CB5 GTI.

Body Kit & Spoiler

Untuk body kit dan rear spoiler sebenarnya tidak berbeda untuk Lancer CK4 Lokal varian SEi, namun kalau dibandingkan dengan varian Lancer GLXi, ada beberapa perbedaan dimana Lancer CK4 GLXi tidak mempunyai side skirt dan juga rear spoiler serta beberapa body kit lain. Sedangkan Lancer Mivec lengkap dengan body kit termasuk side skirt, rear spoiler dengan LED Lamp dan juga fog lamp.

Sunroof

Nah inilah salah satu yang spesial dari Lancer CK4 Mivec. Asli dari pabriknya, Lancer CK4 Mivec ini telah dilengkapi dengan Sunroof, jadi nampak seperti mobil mahal :mrgreen:

Sunroof Lancer CK4 Mivec

Sunroof Lancer CK4 Mivec

Lumayan banyak sepertinya, tapi kalau disederhanakan dengan tabel akan kelihatan sedikit kok 🙂

Tabel Perbedaan Lancer CK4 Lokal & Mivec

Tabel Perbedaan Lancer CK4 Lokal & Mivec

Last, mungkin itulah beberapa perbedaan yang terlihat dari 2 jenis Lancer ini. Sebenarnya masih banyak perbedaannya kalau melihat jeroan mesinnya, tapi sayanya yang ngga mudeng :mrgreen: . Ada yang mau nambah atau perlu dikoreksi? Monggo…

 

 

Advertisements

42 comments on “Lancer CK4 Mivec vs Lancer CK4 Versi KTB

  1. ane pengen mobil impor dari negara lain….tapi karena ada beberapa masalah jadi ngak boleh di bawa keluar dari batam,padahal kemarin pernah mau ngambil toyota supra tapi apa daya ngak bisa di bawa ke pku 😀

  2. Mas bagi bagi rujukan bengkel yg biasanya handle mitsubishi lancer dunk..saya kesulitan cari aksesoris nya..

    thank you

  3. Untuk body kit (rear add on, sideskirt, front lips) emg bener2 sama Om antara CK4 SEi dan Mivec? Kl sama, ane mau pasang di body GLXi.. Makasi informasinya…

  4. saya punya mobil ck4 mivec yang tidak berfungsi girnya tidak bekerja … sudah saya cek ke bengkel … katanya icu metic bermasalah … apakah ada disini icu metic nya yang ck4 mivec exs singapor …

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s