Update : Kupu-kupu Malam itu adalah Lyssa Zampa Docile

Dua hari yang lalu saya memposting soal kupu-kupu malam yang menyerang perumahan tempat saya di Batam. Sampai sekarang kondisinya pun masih sama dan bahkan sudah menyebar ke daerah industri di tempat saya bekerja, yaitu Kawasan Industri Batamindo.

Kupu-kupu yang berhasil masuk ke rumah

Kupu-kupu yang berhasil masuk ke rumah

Setelah saya cari-cari di internet, ternyata kupu-kupu ini mempunyai nama yang cantik, Lyssa Zampa Docile yang merupakan family dari Uraniidae dan Genus Lyssa (Wikipedia). Kupu-kupu ini dapat ditemukan di pegunungan Himalaya hingga ke semenanjung Malaysia dan juga Kalimantan. Walaupun namanya cantik, menurut sumber dari sini, kupu-kupu ini bisa menimbulkan rasa gatal bila disentuh dan juga gangguan pernafasan akibat dari dari “bulu-bulu/serbuk” pada badan dan sayapnya. Untuk kebenarannya sementara masih saya cari… Selain itu, ternyata bentuk ulatnya cukup bikin ngeri, seperti ini nih…

Ulat Lyssa Zampa

Ulat Lyssa Zampa

Ternyata kupu-kupu ini juga pernah “menyerang” Malaysia dengan jumlah ribuan. Kupu-kupu ini bahkan pernah “menyerang” stadion Darul Makmur saat pertandingan sepakbola antara Pahang dan Johor Darul Takzim. Selengkapnya bisa dibuka pada link berikut.

Serangan "Kupu-kupu malam" di Malaysia

Serangan “Kupu-kupu malam” di Malaysia

Serangan "Kupu-kupu malam" di Malaysia

Serangan “Kupu-kupu malam” di Malaysia

Serangan "Kupu-kupu malam" di Malaysia

Serangan “Kupu-kupu malam” di Malaysia

Tambahan : Jika sudah terlanjur memegang kupu-kupu ini dan merasa gatal-gatal, bisa menggunakan bedak tabur ataupun minyak kayu putih untuk meringankannya. Untuk menghalangi kupu-kupu ini masuk ke dalam rumah, bisa dengan mengurangi lampu di dalam rumah karena kupu-kupu ini sangat tertarik dengan cahaya terang di malam hari.

Advertisements

72 comments on “Update : Kupu-kupu Malam itu adalah Lyssa Zampa Docile

  1. Pingback: “Gara-gara” Kupu-kupu Malam Lyssa Zampa, Hits Melambung Tinggi ke Angkasa :D | 4G92 Mivec Blog

  2. Mmang 2 hari lalu kupu* ini ada masuk kamar aku y
    Tapi karna aku usir dy gak mau pergi*
    Aku orang ny ji*k dn pnggeli sama binatang yg trbang* gitu
    Apa lagi kupu* sbesar itu
    Jadi aku semprot dy sbanyak mngkin pake’ HIT biar dy mati

  3. Waduhhh…saya baru brosing nih….ternyata kupu2 bahaya ya,malah saya biar kan anak saya main kan.dan saya pun ikut2 foto2 kupu2 nya,kt nya msk rmh ada tamu tuh….hehe….nya….mkh ya info nya:-)

  4. Semakin bnyk kupu” mlm semakin sempit d dunia,mka mari lah kita brdoa supaya kupu” mlm menuju jln k rindho allah,agar kupu” mlm cpt menyadari dlm diri ny ciptaan allah

  5. Lebay loe2 pd,dr jaman dlu kala jg dah ad dbatam.ulatnya namanya ulat bulu dipinggir pantai bnyk.kalian aj yg sok cantik dkit2 internet,browsing,,.norak tauuuuuuuuu!!!!!!!!!!

  6. Kirain kupu” м∂└∂м I†ű wanita м∂└∂м ,,smoga Ǧ̩̥∂ќ Ƙέ jakarta sel Ƴɑɑ°˚˚˚°♡

  7. Makasih infonya mas, karna blog ente, ane jadi posting hal yang serupa, *ampun mas ga copas punya ente kok, hehehe… Silahkan mas, jadi ajang silahturahmi mampur ke blog ane yah

  8. Pingback: Kupu kupu itu bernama Lyssa Zampa Docile | Christy Sherly

  9. Kalau itu kupukupu masuk bulunya lu bakar pake kayu yang tipis bakar sampe habis trus badannya kamu tusuk pake tusuk gigi berapi
    Haha

  10. udh sminggu ini aq mainin kupu” itu tapi ggak ada dampak negativnya.
    ggak gatal & sesak nafas sprti yg agan maksud.
    tpi cuma sakit kantong ajja nii isi dompet mulai mngering :p

  11. wahh,,saya dah berharap kupu2 itu membawakan rezeki,,ternyata wkwkwk ayo berantasss keburu makan korban…

  12. Hahahha tu kupu2 ud 3 hari kejebak gk bisa keluar dri kolam ikan lantai drmh gw . Biar dimakan ikan2 ny. Kasian pdhl bkn maksud mrka y mw bikin kita gatel2 kan 😦

  13. Pingback: Alhamdulillah, MivecBlog.com Sudah 1 Tahun | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s