Tentang KIA Morning

Tanggal 20 Mei 2014 lalu, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional dan juga launching motor fenomenal Yamaha R25 di tanah air, KIA Motor Indonesia juga tidak mau kalah dengan pabrikan lain dengan meluncurkan “mobil termurahnya”, yaitu KIA Morning. Dibanderol dengan harga 128 juta, KIA berusaha untuk memasuki pasar mobil “murah” dan bersaing dengan mobil-mobil LCGC dari pabrikan lain, walaupun KIA Morning tidak termasuk dalam program LCGC.

Kia Morning 1.0

Kia Morning 1.0 (Pict : iotomotif.com)

Lalu, apakah yang diunggulkan dari KIA Morning untuk bisa bersaing dengan Agya, Ayla, Brio Satya dan Karimun Wagon R? Bersumber dari modifikasi.com, saya rangkumkan berbagai hal tentang si Kia Morning ini.

Dari segi Interior, Kia Morning tidak berbeda jauh dengan kakaknya Picanto. ACnya sudah komplit, ada pengatur semburan AC dan defogger di kaca belakang juga tidak dihilangkan, sama seperti Kia Picanto. Head unit juga lumayan, Single Din yang dilengkapi dengan USB + AUX + Radio. Panel Speedometer juga lengkap, ada MID dan lengkap dengan tachometer. Airbag? Sayangnya masih belum ada 🙂

Dashboard Kia Morning

Dashboard Kia Morning

Panel Speedo KIA Morning

Panel Speedo KIA Morning

Yang sedikit disunat adalah bagian power window. Berbeda dengan Picanto yang ada power window di keempat pintunya, Morning hanya mempunyai 2 power window untuk kaca depan, sedangkan kaca belakang harus pakai engkol 😀 . Power window di sisi sopir juga bisa mengontrol kaca di sisi penumpang, tidak seperti di mobil lain di kelas low end yang individual, alias hanya bisa mengontrol power window di sisi sopir saja.

Power Window Kia Morning

Power Window Kia Morning

Pintu Belakang Kia Morning

Pintu Belakang Kia Morning

Di pintu bagian belakang sepertinya terdapat speaker, namun sebenarnya itu hanyalah dummy saja karena di Kia Morning ini, speaker hanya ada 2 di pintu depan kiri dan kanan 😀 .

Beralih ke eksterior, secara keseluruhan desainnya sama dengan Picanto, namun grill sudah mengikuti grill Picanto Platinum. Fog lamp di bagian depan juga dihilangkan. Kemudian Spion dan handle pintu dicat sewarna body, tidak seperti mobil-mobil varian terendah lain yang biasanya disunat di bagian ini. Sayangnya, sein yang ada di spion dihilangkan, namun tidak diberikan sein di fender, sehingga agak menyulitkan pengendara motor atau mobil disampingnya (agak membahayakan). Selain itu fitur retractable mirror juga dihilangkan di Kia Morning ini.

Eksterior Kia Morning

Eksterior Kia Morning

Di bagian belakang, wiper belakang ternyata tidak dihilangkan. Ditambah dengan defogger, jadi semakin banyak saja kelebihannya dibandingkan mobil-mobil sekelasnya. Eitsss…tidak hanya di situ, ternyata ada emblem D CVVT juga, berarti mobil ini telah mengaplikasikan pengaturan katup variabel di mesinnya, padahal di Picanto saja tidak ada lho (CMIIW). Mantab!

Bagian Belakang Kia Morning

Bagian Belakang Kia Morning

Sambungan body dan juga kualitas pengecatan sangat bagus, bahkan bagian dalam ruang mesin juga dicat sewarna body. Soal mesin, Kia Morning ini mengusung mesin 1.0 liter 3 cylinder. Tenaga maksimumnya 68 hp dengan torsi 95.12 Nm, berbeda dengan kakaknya Picanto yang menggunakan mesin 1.2 liter dan tenaga 84 hp serta 120.62 Nm. Transmisinya masih manual, sedangkan varian metik masih dipertimbangkan oleh KIA. Menurut dapurpacu.com, getaran khas mesin 3 silinder juga tidak dirasakan saat mengendarai mobil ini, kabarnya karena mobil ini sudah mengaplikasikan engine mounting hidrolik, wow… Dalam hal akselerasi pun juga lumayan, mudah untuk mencapai 100 kmh.

Ruang Mesin Kia Morning

Ruang Mesin Kia Morning

Mesin Kia Morning

Mesin Kia Morning

Nah, sekarang makin banyak bukan pilihan city car di kelas entry level. Mau pilih Morning, Agya, Ayla, Brio atau Wagon R, silakan monggo…jangan lupa test drive dulu sebelum beli 🙂

 

 

Sumber : http://www.modifikasi.com/showthread.php/531423-First-Impression-Mobil-Kia-Picanto-Morning-1-0?highlight=kia+morning

Advertisements

8 comments on “Tentang KIA Morning

  1. alhamdulillah ane dah pake KIA Rio gan…dah 2 thn…maknyuss. Lagi pengen liat si morning…seirit apa konsumsi bbm dia…

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s