Di India, Kirim Pizza Pakai “Pesawat”, Indonesia Bisa?

Layanan antar pizza atapun fast food lainnya sudah jamak bin lumrah di Indonesia. Tinggal kita telpon dan dalam sekejab pesanan kita sudah diantar oleh (biasanya) mas-mas tukang antar dengan sepeda motor khasnya. Namun di India baru-baru ini ada “inovasi” unik, yaitu mengantarkan pizza tidak lagi menggunakan jasa manusia, melainkan dengan drone atau pesawat tanpa awak. Wow…

Drone - Pengantar Pizza

Drone – Pengantar Pizza

Ini merupakan pertama kalinya di India, daripada menggunakan sepeda motornya menembus kemacetan untuk mengantarkan pizza lezat ke rumah si pemesan, mendingan pesanan pizza diantar lewat jalur udara dengan menggunakan pesawat tanpa awak, bebas macet tentunya. Inovasi ini dilakukan oleh sebuah restoran pizza India bernama Francesco’s Pizzeria yang berada di kota Mumbai Selatan. Mereka mengirimkan pizza pesanan pelanggannya dengan sebuah pesawat remote, pesawat tanpa awak kecil itu berharga sekitar 200 USD atau sekitar Rp 23 juta per unitnya. Mahal juga ya…dapat Vixion satu 😀

Drone - Pengantar Pizza

Drone – Pengantar Pizza

Menurut staff restoran ini, ide “gila: ini terinspirasi dari situs Amazon yang berencana akan menggunakan pesawat kecil serupa untuk pengiriman mereka. “Kami berhasil melakukan uji coba pengiriman dengan mengirimkan sebuah pizza kepada pelanggan yang berjarak 1,5 km dari outlet kami 11 Mei lalu. Apa yang kami lakukan saat ini akan menjadi suatu hal yang biasa 4-5 tahun kedepan,” ungkap kepala eksekutif Francesco Pixeria, Mikhel Rajani.

Drone - Pengantar Pizza

Drone – Pengantar Pizza

Sayangnya, 12 hari setelah pesawat tanpa awak ini terbang di atas kota Mumbai, polisi setempat menyatakan bahwa akan dilakukan penyelidikan untuk “kasus” ini. Polisi beranggapan bahwa delivery menggunakan drone akan menimbulkan beberapa resiko, salah satunya adalah mengganggu lalu lintas udara karena tidak meminta ijin kepada petugas ATC (Air Traffic Control) setempat.

“An unmanned vehicle cannot be used in Mumbai without seeking the requisite security clearance. This includes aerial vehicles. The outlet never approached us for any permission. We learnt about it through the media and have demanded an explanation,” Additional Commissioner of Police, Madhukar Pandey told The Hindu.

Wew, bisa diimplementasi di Indonesia-kah? Menurut saya, sebenarnya ini merupakan langkah jitu untuk mengantarkan pesanan tepat waktu, sekaligus membantu mengurangi kemacetan. Apalagi juga bisa mengurangi man power cost sebagai pengantar pizza. Namun tentu saja harus ada aturan lanjutan yang mengatur masalah ini karena jika banyak yang menggunakan drone ini pastinya “lalu lintas” udara menjadi semakin semrawut. Belum lagi jika tiba-tiba kehabisan baterai atau kehilangan daya jangkau remote yang mengakibatkan jatuhnya drone ini, tentu sangat berbahaya.

Dan mungkin yang paling penting bagi pemilik usaha jika menggunakan drone ini, siap-siap saja drone-nya tidak kembali karena “diembat” sama pelanggannya 😀 . Mahal je, lumayan kalo dijual :mrgreen:

Jadi pilih pake drone atau tetap pake motor?

Ilustrasi Pengantar Pizza

Ilustrasi Pengantar Pizza

Advertisements

15 comments on “Di India, Kirim Pizza Pakai “Pesawat”, Indonesia Bisa?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s