Mobil Hybrid UNY Berhasil Menjadi Yang Terbaik dalam ISGGC 2014

Satu lagi hasil karya anak bangsa ini yang mengharumkan nama Indonesia di dunia Internasional, terutama dalam bidang teknologi setelah 2 mobil yang diikutkan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) melalui tim Garuda UNY Racing Team (GURT) berhasil menjadi yang terbaik dalam kegiatan International Student Green Car Competition (ISGGC) 2014 di Seoul, Korea Selatan.

Mobil Listrik & Hybrid UNY

Mobil Listrik & Hybrid UNY

2 mobil yang diikutsertakan tersebut merupakan 1 unit mobil hybrid dan 1 unit mobil listrik. Untuk mobil hybrid HYVO (Hybrid Vehicle Odyssey), mampu menjadi yang tercepat dalam kategori akselerasi setelah mencatatkan waktu 12.25 detik dan 10.56 detik untuk dua kali kesempatan yang diberikan. Dalam sesi ini, HYVO ini bersaing dengan 15 tim mobil hybrid dari berbagai negara di dunia.

Mobil Hybrid UNY

Mobil Hybrid UNY (HYVO)

Sedangkan untuk mobil listrik EVO (Electric Vehicle Odyssey), mobil ini mampu menjadi yang terbaik ketiga dari total 41 mobil yang diikutkan dari berbagai negara dengan catatan waktu 11.76 detik. Mantab… ⭐ ⭐ ⭐

Mobil Listrik UNY

Mobil Listrik UNY (EVO)

ISGCC 2014 sendiri merupakan kompetisi mobil listrik dan hybrid mahasiswa internasional yang diselenggarakan oleh Korean Transportation Safety Authority (KOTSA) dan Korean AutoVehicle Safety Association (KASA). Pada Mei 2013 lalu, Tim Mobil Listrik UNY menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia dalam ajang perlombaan internasional ini dan berhasil memenangkan perlombaan dalam kategori 1st winner Creative Technology. Hal ini membuktikan bahwa tim mobil listrik Indonesia mampu bersaing dalam dunia internasional dan mempunyai kesempatan besar untuk memenangkan perlombaan. Pada tahun ini, GURT 2014 kembali menggebrak ajang ISGCC 2014 dengan memboyong dua tim sekaligus, yaitu satu tim untuk kategori mobil electric (listrik) dan satu tim untuk kategori mobil hybrid.

FT UNY

FT UNY

Perakitan mobil balap listrik dan hybrid ini melibatkan 25 orang mahasiswa dan dua orang dosen pembimbing sebagai supervisor. 25 orang mahasiswa tersebut terbagi dalam dua tim, yang kemudian terbagi lagi dalam beberapa divisi, baik teknis maupun non-teknis. Anggota tim tidak hanya berasal dari Fakultas Teknik UNY saja, namun tim ini melibatkan semua fakultas yang ada di UNY. Hal ini dimaksudkan agar semua disiplin ilmu yang ada di UNY dapat sinergi dan saling mendukung.

Mobil Listrik & Hybrid UNY

Mobil Listrik & Hybrid UNY

EVO dirancang dapat melaju hingga kecepatan hingga 120 km/jam dengan berat kendaraan 250 kg, sedangkan HYVO dapat mencapai 100km/jam dengan berat kendaraan 300kg. EVO dan HYVO ini masing-masing mempunyai kekuatan hingga 18 Hp dan 20 Hp dan saat kompetisi ini diuji untuk endurance sejauh 45 km untuk kategori mobil electric dan 22,5 km untuk kategori mobil hybrid.

Mobil Listrik UNY di Korea

Mobil Listrik UNY di Korea

Yups, sebagai alumni UNY, tentu saja saya turut bangga dengan raihan ini. Semoga tidak berhenti di sini, namun terus berkembang dan tidak hanya berhenti menjadi sebuah berita. Tinggal bagaimana follow up pemerintah terhadap hasil karya anak bangsa ini. Kita bisa lihat mobil Selo dan Gendhis yang sangat WOW, ditambah dengan mobil litrik ITS yang tidak kalah WOW, sampai saat ini masih belum jelas nasibnya 😦

Siapa yang bertanggung jawab?

Sumber : http://uny.ac.id/berita/hari-pertama-isggc-tim-mobil-listrik-uny-langsung-gebrak-dunia.html

Advertisements

17 comments on “Mobil Hybrid UNY Berhasil Menjadi Yang Terbaik dalam ISGGC 2014

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s