Guskamla Armabar Tangkap 5 WN Vietnam Pemburu Harta Karun di Laut Kepri

Tanggal 20 Mei kemarin, Armada patroli Gugus Keamanan Laut Armada Barat (Guskamla Armabar) TNI Angkatan Laut menangkap sepuluh penyelam barang antik bernilai miliaran rupiah di daerah Pulau Karang Heluputan, Perairan Pulau Mapur Kepulauan Riau. Mereka tertangkap tangan sedang melakukan perburuan ilegal terhadap harta benda berharga muatan kapal tenggelam (BMKT). Ternyata bener-bener ada yang para pencari harta karun itu, kayak Tomb Raider aja 😀

WN Vietnam Pemburu Harta Karun

WN Vietnam Pemburu Harta Karun

Dari 10 orang tersebut, ternyata 5 orang merupakan warga negara Vietnam sedangkan 5 orang lagi warga negara Indonesia. Ngga cuma ikan saja yang dicuri oleh negara lain, “harta karun” di dalam laut juga diburu dan dicuri ternyata 🙂

Dari tangkapan tersebut petugas berhasil menyita barang antik yang diselam berupa piring, mangkok, asbak dan kendi ukuran kecil yang tenggelam ratusan tahun silam di perairan Kepri. Taksiran nilainya sekitar 1.3 Miliar rupiah, wow… Namun, belum dipastikan akan diselundupkan kemana aset negara itu.

Harta Karun yang disita

Harta Karun yang disita

Komandan Guskamla Armabar Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro mengatakan, penangkapan kapal dan pelaku pemburu harta karun itu bermula dari informasi yang diterima pihaknya kemudian dilakukan penyergapan oleh KRI Kala Hitam. Para pemburu harta karun ini saat beraksi menggunakan speed boat dengan kecepatan 800 HP, Lamborghininya kapal kali ya :mrgreen:

“Setelah digeledah memang ditemukan barang bukti barang antik ini. Total nilai barang antik ini mencapai Rp1,3 Miliar,” ujar Laksamana Pertama TNI Harjo Susmoro, saya kutip dari Batam Pos.

Memang menurut Sejarawan Radar Panca Dahana, bahwa perairan Indonesia memiliki banyak harta karun yang berasal dari kapal-kapan pedagang dan penjajah yang tenggelam ratusan tahun lalu. Sejak 1963-1968, harta karun itu menarik banyak pengejar harta karun. Namun arkeologi maritim Indonesia, baru dimulai sekitar 2004-2005.

“Jadi, Indonesia ketinggalan hampir 40 tahun dari pengejar harta karun,” paparnya. Dalam hal penelitian keilmuwan, Indonesia kalah dari pengejar harta karun.

"Harta Karun" Sitaan Polisi Laut April 2014 lalu

“Harta Karun” Sitaan Polisi Laut April 2014 lalu

Di provinsi Kepri sendiri diperkirakan terdapat delapan titik tersimpannya BMKT, sedangkan di seluruh Indonesia, data terakhir PSDKP (Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan), disebutkan terdapat 463 titik lokasi BMKT. Aparat PSDKP mengandalkan 10 kapal patroli di Indonesia Barat untuk mengamankan lokasi BMKT dari penjarahan dan juga tindakan pencurian ikan ilegal. Nah banyak sekali bukan titik-titik lokasi harta karun di Indonesia…

Advertisements

4 comments on “Guskamla Armabar Tangkap 5 WN Vietnam Pemburu Harta Karun di Laut Kepri

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s