Masjid Jabal Arafah Batam

Sebuah masjid ‘megah” dan eksotis terletak di tengah padatnya kota Batam, di antara mall dan hotel-hotel bertingkat. Masjid Jabal Arafah, itulah nama untuk masjid yang dibangun tahun 2011 – 2012. Masjid Jabal Arafah terletak persis di samping timur Mall Nagoya Hill, yang merupakan Mall terbesar dan tentu saja paling ramai di Batam, sehingga masjid ini selalu ramai walaupun bukan di ‘jam sholat’.

Masjid Jabal Arafah

Masjid Jabal Arafah

Lokasi Masjid Jabal Arafah

Lokasi Masjid Jabal Arafah

Bangunan Masjid Jabal Arafah bertingkat-tingkat, didesain mengikuti struktur tanah yang berada di perbukitan, dari mulai tempat parkir, kantin, ruangan kantor masjid dan tempat wudhu, kemudian ruang sholat utama di paling atas. Di area masjid ini juga ada mini market yang menjual aneka ragam makanan ringan dan juga minuman. Tak lupa beberapa stan juga tersedia untuk berjualan cindera mata dan juga busana muslim.

Halaman masjid ini dilengkapi taman dan juga beberapa tempat duduk di sekeliling kolam ikan dengan air mancurnya. Terasa sejuk dan benar-benar nyaman duduk-duduk di taman ini, apalagi di sore hari. Walaupun di hari kerja biasa, masjid Jabal Arafah ini selalu ramai dikunjungi. Apalagi di hari libur, rombongan dari Singapura, Malaysia, Brunei dan Thailand misalnya, selalu menyempatkan diri untuk sholat dan pastinya berfoto-foto di masjid ini.

Taman di Halaman Masjid

Taman di Halaman Masjid Jabal Arafah

Kantin

Kantin

Dan salah satu yang sangat membuat saya kagum adalah desain tempat wudhunya. Selain luas dan sangat bersih, tempat wudhunya juga sangat wow, jauh lebih bagus daripada kamar mandi hotel berbintang.

Tempat Wudhu

Tempat Wudhu

Tempat Wudhu

Tempat Wudhu

Sejak November 2013, masjid Jabal Arafah juga dilengkapi dengan perpustakaan umum yang digratiskan buat siapa saja yang datang ke masjid. Kemudian di Maret 2014 kemarin, pembangunan tower masjid juga sudah selesai sehingga lengkap sudah bangunan masjid ini. Tower ini memiliki tinggi 58 meter dari jalan atau 38 meter dari lantai dasar bangunan Masjid, dikerjakan dalam kurung waktu 2 tahun serta ditaksir menghabiskan anggaran Rp 2 miliar. Kabarnya total biaya pembangunan masjid ini lebih dari 25 miliar, entah benar atau tidak. Rancangan bangunan masjid dan tower dikerjakan oleh insinyur Alumni UI, dan diawasi pembangunannya oleh konsultan dari Jakarta. Dan sisi ketahanan, kedua bangunan tak terpisahkan tersebut dirancang bisa bertahan hingga ratusan tahun, mantab 🙂

Tower Masjid

Tower Masjid

Dari atas tower, kita bisa melihat hampir seluruh kota Batam, terutama daerah Nagoya. Untuk bisa naik ke atas tower kita harus naik lift berkapasitas 6 orang dengan biaya 5000 rupiah per orang dewasa, dan 3000 rupiah untuk anak-anak.

Biaya Naik ke Tower

Biaya Naik ke Tower

Oke, silakan datang sendiri ke Masjid ini jika ke Batam. Sebelumnya, monggo dinikmati gallery fotonya.

 

 

Advertisements

20 comments on “Masjid Jabal Arafah Batam

      • Yap kayak jalan mau ke batu aji dari simpang stc tuh yang baru siap dah berlubang di benerin rusak lagi jalannya parah.
        Di batam tuh kalo ada duit banyak cepet siap tapi hasilnya agak jelek tapi kalo lama lama duitnya yang habis.
        Mungkin karena ada mtq jdi di kawasan batam center,nagoya sama harbourbay di bagusin eh di sekupang gak ada suasana nyA.
        Apalagi cuacanya lg pengen pergi eh hujan lagi banget pergi banjir,gak kemana mana malah panas aduuh..

        Salam dari tiban.

      • memang coba kita lihat fasilitas di tambah di bagusin
        tapi transportasi sama sarana jalanya yang kurang
        apalagi jalan ke batu aji di stop lagi kan? di arah ke nongsa udah selesai tinggal di kasih aspal
        punggur dah selesai pertengahan

      • Batam pengembangannya terlalu terpusat disekitaran Batam Center dan Nagoya saja, untuk “daerah pinggiran” hampir tidak tersentuh. Batu aji, Piayu, Sengkuang, dll bisa dikatakan parah… So kita liat saja nanti setelah MTQ apakah ada perkembangannya 🙂

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s