DIY : Membersihkan Indoor Unit AC Samsung

Beberapa bulan yang lalu (sudah lama ya… ) AC dirumah tiba-tiba bocor alias meneteskan air dengan lumayan cepat. Alhasil dibawah AC perlu diber ember untuk menampung air tetesannya 😀 . Sebagai informasi AC dirumah saya merupakan AC Samsung type AS05ESMN, buatan tahun 2009 atau sudah berumur sekitar 5 tahun. Walaupun sudah cukup berumur namun pendinginannya masih lumayan joss dan belum pernah ada problem berat. Setiap beberapa bulan juga selalu di servis walaupun tidak secara rutin :mrgreen:

AC Samsung

AC Samsung

Tampungan air bocor :)

Tampungan air bocor 🙂

Karena sudah pernah melihat tukang servis AC membersihkan unit indoornya, maka saya coba beranikan untuk melakukan pembersihan secara sendiri. Cara ini sudah saya lakukan 2 kali dan hasilnya sampai sekarang masih OK. Nah berikut langkah-langkahnya (Untuk AC Samsung type lain sepertinya juga hampir sama).

Proses Membuka Cover Utama AC & Juga Filter-filternya

Baut yang harus dibuka

Baut yang harus dibuka

Untuk membuka penutup utama, setelah kedua baut diatas terlepas, kita harus membuka 1 baut lagi di penutup controllernya (dibagian kanan AC). Tarik saja covernya bila baut sudah dilepas.

Baut untuk penutup controller

Baut untuk penutup controller

Setelah itu buka semua filternya. Setelah semua filter terlepas, kita harus mencungkil pengaitnya dibagian atas AC untuk membuka penutup utama.

Pengait di bagian atas AC

Pengait di bagian atas AC

Setelah semua pengait terbuka, tinggal kita tarik penutup utamanya. Jangan lupa untuk melepas socket/konektor kontroller yang ada di penutup utama dan juga sensor suhunya.

Lepaskan sensor suhu

Lepaskan sensor suhu

Lepaskan konektor

Lepaskan konektor

AC setelah terbuka tutupnya

AC setelah terbuka tutupnya

Proses Pembersihan AC

Untuk AC Samsung saya, biasanya bocor karena air hasil kondensasi yang berada di bak penampung tidak bisa keluar melalui lubang pembuangan. Hal ini disebabkan oleh endapan lumpur dan kotoran yang terkumpul di mulut lubang pembuangan. Kalau dilihat seperti jelly yang kental dan biasanya berwarna keputihan.

Air tidak bisa mengalir melewati lubang pembuangan

Air tidak bisa mengalir melewati lubang pembuangan

Proses pembersihan endapan ini harus membukan bak penampung airnya. Cukup dengan menarik bak ini dengan hati-hati karena bak ini hanya dikaitkan dengan klip pengunci ke body AC.

Lubang pembuangan yang tertutup jelly

Lubang pembuangan yang tertutup jelly

Dan cara membersihkan “jelly” ini sangat gampang, cukup gunakan kain basah ataupun tissue. Untuk lebih memastikan sudah bersih, masukkan lidi ke lubang pembuangan. Kalau lancar berarti sudah bersih.

Ini setelah dibersihkan

Ini setelah dibersihkan

Kalau sudah bersih, pasang bak penampung ke tempatnya semula dan lakukanlah pengetesan apakah airnya bisa mengalir dengan lancar atau tidak. Tuangkan air menggunakan botol air mineral atau apa saja, jika air bisa mengalir lancar dan sampai habis berarti sudah benar-benar bersih.

Dan untuk menutup kembali AC, cukup dengan membalik langkah-langkah di atas. Cukup mudah kan, walaupun harus berkeringat wkwkwk….

Semoga berguna, maaf kalau belepotan 🙂

 

Related Post

Advertisements

12 comments on “DIY : Membersihkan Indoor Unit AC Samsung

  1. Terima kasih sharing-nya. Ini mirip juga dengan yang dilakukan montir resmi AC Sharp di rumah saya, kebetulan saya pakai merk Sharp Plasmacluster tipe jadul.
    Sebelumnya saya sudah pernah minta tolong tukang servis rumahan, tapi yang saya lihat, mereka hanya bersihkan kisi-kisi kondensor AC indoor dan outdoor menggunakan air deras yang disemprot pakai kompresor, alhasil masih netes. Ternyata setelah panggil montir resmi dikasih tau bahwa salurannya mampet karena sudah banyak lendir beningnya. Cukup disemprot, selesai. Persis seperti dalam tulisan ini. Saya rasa AC merek lain juga metodenya sama nih.

  2. Baru tadi siang ac di kamar netes2…
    Penasaran pen bongkar sendiri, nyari2 cara…. eh nemu artikel bapa.
    Makasih ya pa… dah bantu kamar saya adem lagi.
    🙂

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s