Toyota Innova Di-Recall di India dan Filipina. Indonesia Gimana?

Setelah sebelumnya Mazda me-recall mobil andalannya Mazda 6 di Indonesia akibat kemungkinan kesalahan pembacaan progam i-ELOOP (bisa dibaca di blog-nya mas angga di sini), kini Toyota India dan juga Toyota Filipina akhirnya me-recall mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) andalannya,Toyota Innova (kalau di Indonesia ada embel-embel Kijang). Di India ada 44.989 unit Innova yang kena recall karena masalah kerusakan kabel di dalam stirnya (clockspring). Recall Innova ini berlaku untuk mobil yang diproduksi antara Februari 2005 dan Desember 2008.

Toyota Innova

Toyota Innova

Serupa dengan di India, di Filipina juga dilakukan recall “besar-besaran” untuk mobil Toyota. Bahkan di Filipina, recall ini berlaku bukan hanya untuk Innova, melainkan juga Hilux dan Fortuner karena masalah yang sama, clockspring. Untuk Filipina, mobil yang di-recall adalah keluaran antara November 2004 hingga Juni 2010.

Toyota Fortuner

Toyota Fortuner

Pihak Toyota sendiri menjelaskan kalau MPV mereka ini memiliki masalah pada kabel di roda kemudi yang menyebabkan lampu peringatan airbag pada instrument cluster terus menyala. Tentunya bisa sangat berbahaya jika terjadi kecelakaan karena dengan menyalanya lampu peringatan airbag, otomatis airbag tidak akan mengembang. Weh….ngeri…

Clockspring

Clockspring

Perusahaan otomotif raksasa ini juga menjelaskan kalau recall tersebut merupakan bagian dari recall global yang akan melibatkan 6,39 juta kendaraan yang terdiri dari 26 model kendaraan di seluruh dunia. Recall ini juga merupakan salah satu recall terbesar dari Toyota setelah sebelumnya Toyota me-recall Yaris, Corolla dan juga model lainnya di tahun 2012 akibat masalah power window.

Gimana dengan Indonesia Bro?

Menurut GM Corporate Planning and Public Relations PT Toyota Astra Motor (TAM) Widyawati Soedigdo, seperti dikutip dari detikoto, Toyota Motor Corp (TMC) memang sudah mengumumkan masalah recall dan pihaknya sudah mengkonfirmasi kepada Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Setelah diperiksa untuk Fortuner dan Innova di Indonesia bebas dari recall.

Dijelaskannya, bebasnya recall untuk Fortuner dan Innova di Indonesia itu dikarenakan item yang terkena masalah antara di Indonesia dan di luar berbeda. Untuk yang digunakan diluar negeri, kabel spiralnya memiliki 5 dan 7 channel.

“Untuk pasar domestik Indonesia itu menggunakan kabel spiral 14 channel. Dengan demikian dapat dipastikan tidak terkena recall karena speknya beda, ujar Widyawati Soedigdo”

Toyota Hilux

Toyota Hilux

Tuh…aman kan… Bagi yang punya Innova di Indonesia bisa menggunakan mobilnya tanpa khawatir. Jelas saja, lha wong tahun 2005 – 2008, Innova di Indonesia ngga ada yang pake Airbag, kecuali yang tipe 2.7V :mrgreen:

#foto dari kaskus

Advertisements

27 comments on “Toyota Innova Di-Recall di India dan Filipina. Indonesia Gimana?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s