Komodo Dipakai oleh Mahindra untuk Nama SUV-nya

Sepertinya nama-nama hewan berbahasa Indonesia semakin digandrungi oleh pabrikan luar untuk menyebut mobil-mobil produksinya. Setelah sebelumnya Porsche menamakan SUV terbarunya dengan nama Macan, kini giliran pabrikan India, Mahinda & Mahindra (M & M) yang menggunakan nama hewan Indonesia untuk SUV terbarunya. Mobil produksi Mahindra ini dinamakan Mahindra Komodo.

Mahindra Komodo

Mahindra Komodo, emang kereennn

Mahinda menggunakan nama Komodo untuk mobil konsep terbarunya, Mahindra Komodo IED Concept. Sampai saat ini belum ada penjelasan dari Mahindra mengapa mereka menggunakan nama Komodo untuk SUV mereka, namun yang jelas Mahindra Komodo SUV didesain sebagai sebuah mobil yang gagah dan mewah dengan penggerak roda 4×4.

Makrand Patil, desainer asal India yang mendesain Komodo yang juga merupakan lulusan Institute Europeo di Design (IED) di Turin, Italia mengatakan “Apa yang saya sajikan adalah sebuah SUV yang dibangun untuk pasar India. Segmennya bisa siapa saja mulai dari kalangan muda untuk individu, pebisnis, ayah yang cinta keluarga dan gemar berpetualang.”

Mahindra Komodo

Mahindra Komodo

Nama Komodo sendiri sebenarnya juga sudah digunakan oleh “mobil” Indonesia yaitu FIN Komodo. Mobil yang dikhususkan untuk medan Offroad ini diproduksi oleh PT. FIN Komodo Teknologi yang merupakan karya anak bangsa dan dirancang bangun oleh para insinyur Indonesia yang telah berpengalaman dibawah pimpinan Ibnu Susilo.

Untuk urusan nama hewan sebagai nama mobil memang bukan hal yang baru. Di seluruh dunia, mobil dan motor memang sering dinamai dengan nama hewan. Di Indonesia sendiri ada beberapa mobil yang sudah diproduksi dan diberi nama hewan, seperti Toyota Kijang, Daihatsu Zebra dan lain-lain. Berikut beberapa dari mobil-mobil tersebut.

1. Toyota Kijang
Toyota Kijang pada awalnya adalah model kendaraan niaga yang kemudian bertransformasi menjadi mobil keluarga buatan Toyota, dan merupakan kendaraan paling populer untuk kelas MiniBus di Indonesia. Toyota Kijang hadir di Indonesia sejak tahun 1975 dan saat ini merupakan salah satu model Toyota yang sukses secara komersial sampai sekarang.

Toyota Kijang 1977

Toyota Kijang 1977

Toyota Kijang juga dijual di Malaysia dan Singapura dengan nama “Unser”, Filipina (Toyota Tamarraw/Revo), Taiwan (Toyota Zace surf), Vietnam (Toyota Zace), India (Qualis) dan Afrika Selatan (Toyota Condor Hi-Roof). http://id.wikipedia.org/wiki/Toyota_Kijang

Di Batam juga banyak Toyota Unser, harganya murah meriah dibandingkan Toyota Kijang 😀

2. Mitsubishi Kuda
Mitsubishi Kuda adalah sebuah MPV kompak yang didesain oleh Mitsubishi Motors dan China Motor Corporation untuk pasar Asia, dan awalnya dibuat di Taiwan dan Filipina (di sana dinamai Mitsubishi Adventure). Pertama kali diluncurkan pada 11 September 1997, dan produksi ke 50.000 tercapai tahun 2005 di Filipina. Mitsubishi Kuda terbagi dalam tiga tipe mesin yaitu bensin 1.6 L, 2.0L, dan diesel 2.5L.

Di pasar internasional Mitsubishi Kuda dikenal sebagai Mitsubishi Freeca di Taiwan, Mitsubishi Adventure di China dan Philipina dan Mitsubishi Jolie di Vietnam. Produksi Mitsubishi Kuda di Indonesia telah dihentikan sejak tahun 2005.

Mitsubishi Kuda

Mitsubishi Kuda

3. FIN Komodo
Seperti yang sudah saya sampaikan di atas, FIN Komodo merupakan mobil karya anak bangsa Indonesia. FIN KOMODO, adalah kendaraan un-conventional yang dirancang bangun khusus untuk digunakan di medan off-road sesuai dengan alam Indonesia, sebuah kendaraan multi guna, dengan dukungan spare part yang tersedia di pasaran, harga relatif terjangkau, perawatannya mudah dan murah dengan memberikan kenyamanan dan keamanan yang optimum. FIN sendiri merupakan singkatan dari Formula Indonesia.

FIN Komodo

FIN Komodo

4. Isuzu Panther
Isuzu Panther adalah kendaraan Diesel serba guna yang dibuat Isuzu di Indonesia untuk pasar Asia. Dirakit berdasarkan chasis dan model yang hampir mirip dengan Toyota Kijang.

Sejak tahun 2000 beredar Isuzu Panther generasi ke-3 dengan kode produksi TBR-541, diawali dengan generasi pertama tahun 1991 sampai tahun 1996 dengan kode produksi TBR-52 dan generasi kedua tahun 1996 sampai tahun 2000 dengan kode produksi TBR-54.

Isuzu Panther

Isuzu Panther

Selain di Indonesia juga diproduksi di Filipina dengan nama Isuzu Crosswind, di Vietnam dengan nama Isuzu Hi-Lander dan di India dengan nama Chevrolet Tavera. http://id.wikipedia.org/wiki/Isuzu_Panther

5. Daihatsu Zebra
Daihatsu Zebra merupakan penerus dan juga pengembangan dari Daihatsu Hijet yang dimulai pada tahun tahun 1986, dengan tetap menggunakan mesin 1000 cc, yang kemudian dikembangkan kembali pada tahun 1990 dengan menggunakan mesin 1300cc.

Daihatsu Zebra

Daihatsu Zebra

Pada tahun 1995, dilakukan penyempurnaan bodi Zebra sehingga diperoleh desain yang modern dan diberi nama Daihatsu Zebra Espass dengan varian 1.300cc dan sangat menarik dengan body yang aerodinamis, posisi stir (katanya) senyaman sedan serta pintunya model sliding. Pada tahun 1997 keluar seri komplit 1.600cc dengan nama Espass supervan yang dilengkapi dengan AC dan radio tape serta velg racing.

Nama Zebra pada tahun 2000 kembali digunakan tapi dengan penyempurnaan pada mesin dan penguatan pada struktur bodi. Publik paling suka 1.300cc karena terkenal irit dan tenaganya mumpuni untuk dipakai harian sehingga awal 2003 baru keluar genasi Neo Zebra dengan Varian ZL, ZX dan ZSX dengan 2 pilihan mesin 1.3 dan 1.6cc. Dua tahun kemudian baru keluar mesin 1.500cc dengan teknologi Electronic Fuel Injection/EFI

6.Geely Panda
Geely Panda merupakan mobil asal China yang juga dipasarkan di Indonesia. Mobil ini mengusung dua jenis mesin dengan kapasitas berbeda, 1.000cc dan 1.300cc. PT. Geely Mobil Indonesia sendiri hanya memasarkan Geely Panda di Indonesia dengan kapasitas mesin 1.300cc. Dengan tenaga 84 hp @6.000rpm dan torsi 110 Nm @5.200rpm mobil ini cukup menggoda masyarakat Indonesia. Apalagi dengan tampang yang imut bagai boneka membuatnya menjadi daya tarik khususnya kaum hawa.

Geely Panda

Geely Panda

7. Fiat Panda
Fiat, akronim dari Fabbrica Italiana Automobili Torino (Pabrik Mobil Italia Turin), adalah produsen mobil Italia yang memproduksi mobil-mobil bermerek Fiat. Salah satu mobil produksinya, Fiat Panda merupakan kendaraan sedan yang diproduksi sejak tahun 1980 untuk pasaran Eropa. Fiat Panda pertama kali diluncurkan tahun 1980 dengan kendaraan 5 pintu. Mobil ini dirakit di Tychy, Polandia dan Miraflori, Italia.

Fiat Panda

Fiat Panda

Fiat Panda ini kabarnya akan segera masuk ke Indonesia dalam waktu dekat. Mobil yang digadang-gadang sebagai mobil Low Carbon Emission (LCE) pertama di Indonesia ini mempunyai kapasitas 5 penumpang dengan desain yang futuristik dan mesin yang telah disesuaikan dengan kebijakan pemerintah tentang mobil murah dan ramah lingkungan. Mobil Fiat Panda memang irit bahan bakar dengan konsumsi BBM 30 km per liter.

Menurut agen resmi pemegang merek Fiat, Garansindo akan menjual mobil tersebut dengan harga 200 juta rupiah mulai bulan depan. Mobil terbaru Fiat ini akan mendapat potongan pajak lebih besar karena produknya yang dinilai ramah lingkungan dan rendah emisi gas buang.

8. Kancil
Kancil (singkatan dari Kendaraan Niaga Cilik Irit Lincah) merupakan merek dagang terdaftar dari sebuah kendaraan angkutan bermotor roda empat yang didisain, diproduksi dan dipasarkan oleh PT. KANCIL (singkatan dari Karunia Abadi Niaga Citra Indah Lestari). Mobil ini pernah diharapkan sebagai pengganti (peremajaan) bajaj dan bemo karena keduanya tidak diizinkan untuk bertambah jumlahnya atau diproduksi di wilayah Jakarta. Sayang cita-cita ini jalan ditempat hingga saat ini. http://id.wikipedia.org/wiki/Kancil_(kendaraan)

Mobil Kancil

Mobil Kancil

9. Tawon
Kendaraan lain yang juga didesain sekelas dengan Bajaj dan Kancil, adalah Tawon, besutan PT Super Gasindo Jaya, yang berlokasi di Rangkasbitung, Banten. Nama Tawon, menurut perancang dan pemilik Gasindo, Koentjoro Njoto, merupakan inspirasi dari hewan lebah madu (apex indica).

Mobnas Tawon mencangkok mesin dua silinder 664 cc, transmisi manual dengan daya 20 Kw serta torsi hingga 49 Nm, disamping itu mobnas ini telah siap memakai Bahan Bakar Gas (BBG) dengan pemasangan unit konverternya secara plug in, tanpa modifikasi ulang serta telah memenuhi Stadarisasi EURO III sehingga ramah lingkungan juga bisa memakai bahan bakar bensin. Sementara itu kendaraan ini terkandung 90% berbahan lokal.

Mobil Tawon

Mobil Tawon

Ternyata lumayan banyak ya mobil di Indonesia yang menggunakan nama hewan. Apalagi kalau ditambah motor, jelas lebih banyak lagi seperti Honda Tiger dan juga Yamaha Scorpio 😀

 

# gambar dari mbah google

Advertisements

30 comments on “Komodo Dipakai oleh Mahindra untuk Nama SUV-nya

    • Hahaha…masih sedikit untung bukan malays*a ya…
      Klo nama cheetah ada yang pake di mesin pesawat kang hehehe…klo ga salah juga ada chevy cheetah tahun 60an 😀

  1. Good day! This is kind of off topic but I need some guidance from
    an established blog. Is it hard to set up your own blog?
    I’m not very techincal but I can figure things out pretty quick.
    I’m thinking about setting up my own but I’m not sure where to begin.

    Do you have any points or suggestions? Thanks

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s