Setiap 3 Hari, 1 Orang Tewas di Jalanan Batam

Kecelakaan di jalan raya memang masih menjadi salah satu penyebab tertinggi kematian di Indonesia. Bahkan tahun lalu, kecelakaan di jalan raya menjadikannya sebagai penyebab kematian no. 3 tertinggi di Indonesia (waspadamedan.com). Menurut data Polri, secara nasional sepanjang tahun 2013 kecelakaan lalu lintas telah menewaskan 25.157 jiwa. Angka tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2012 dimana saat itu 27.441 jiwa meregang nyawa di jalanan. Namun, angka-angka kuantitatif ini tetap menyiratkan tingginya tingkat lakalantas yang diiringi kematian dan kerugian materil.

Kecelakaan Mobil - Ilustrasi

Kecelakaan Mobil – Ilustrasi

Bagaimana dengan Batam?

Angka kecelakaan lalulintas di Batam juga terhitung sangat tinggi. Tercacat di unit laka lantas Polresta Barelang tiga bulan pertama ditahun 2014 ini sudah 35 orang yang meregang nyawa di jalan raya. Bulan Januari saja terjadi sebanyak 39 kasus lakalantas di Batam, dari kejadian tersebut tercatat sebanyak 17 orang meninggal dunia, 13 orang mengalami luka berat, 36 luka ringan dengan 3 kasus tabrak lari.

“Rata-rata dua kecelakaan per hari, itu yang laporan masuk ke kami (Satlantas Polresta Barelang),” ujar kanit laka lantas Polresta Barelang Iptu Eriman.

Kecelakaan Motor - Ilustrasi

Kecelakaan Motor – Ilustrasi

Angka kecelakaan lalu lintas meningkat tajam di bulan Februari. Data kepolisian mencatat 54 kasus lakalantas dengan perincian 11 orang meninggal dunia, 28 luka berat, 68 luka ringan dengan 13 kasus tabrak lari.

“Sedangkan di bulan Maret ini, sudah terjadi 40 kasus lakalantas, dengan memakan nyawa 7 orang yang meninggal di jalan,” terang Eriman.

Eriman juga menjelaskan bahwa angka lakalantas ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, sedangkan korban tewas akibat kecelakaan sebagian besar adalah pengendara roda dua.

Ckckck…ngeri buanget kan bro kalau ngomongin angka-angka kecelakaan. Jadi tidak ada cara lain, selalu patuhi rambu lalu lintas, dan gunakan kendaraan dengan bijaksana. Keep safety riding and driving…

 

Sumber : BatamPos, WaspadaMedan, Polresta Barelang

Advertisements

31 comments on “Setiap 3 Hari, 1 Orang Tewas di Jalanan Batam

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s