Yamaha YZF-R1-pun Direcall di India, R1 di Indonesia? Masih Aman

YZF-R1, yang merupakan flagship dari Motor Yamaha di India akhirnya dinyatakan untuk di-recall. Penarikan motor ini dilakukan setelah pihak Yamaha menetapkan bahwa coupler lampu utama bisa overheating dan kemudian meleleh, seperti dikutip dari motorbeam.com. Hal ini bisa sangat berbahaya mengingat overheating akan sangat mudah menyebabkan kebakaran.

Yamaha YZF-R1

Yamaha YZF-R1

Issue recall ini secara global sudah mencuat sekitar Februari lalu. Namun untuk Yamaha Indonesia katanya masih aman karena speknya berbeda dengan R1 Eropa. GM Promotion & Community Development Yamaha Indonesia Eko Prabowo mengungkapkan untuk Yamaha  YZF-R1 yang dipasarkan di Indonesia sampai saat ini belum ditemukan adanya masalah pada lampu depan yang cepat panas seperti yang terjadi di negara lain. Lha koq nunggu ada masalah yo 🙂 . IMHO, mending tetap dilakukan pengecekan kalau tidak mau dibilang recall, karena selain lebih aman tentu akan membuat konsumen puas dan merasa diperhatikan, apalagi saya yakin pemilik R1 di Indonesia bisa dihitung dengan jari 😀

Secara global, recall tersebut berlaku untuk R1 yang diproduksi dari Oktober 2008 hingga Agustus 2013. Selain model ini, secara global Yamaha juga melakukan recall untuk motor XT1200Z Super Tenere. Weleh semahal apapun itu motor, memang belum ada jaminan tidak ada kesalahan dalam produksinya ya… 🙂

XT1200Z Super Tenere

XT1200Z Super Tenere

Untuk di India, walaupun penjualan R1 tidak banyak, hanya berkisar 2 digit, namun Yamaha tetap peduli dengan konsumen setianya. Tentu saja penggantian komponen tersebut gratis dan tidak memakan waktu lama. Pemilik R1 di India dipersilakan mengecek motor mereka apakah termasuk dari motor yang direcall atau tidak dengan memasukkan nomor sasis di website Yamaha (di sini).

Recall

Nah, urusan recall-me-recall sebenarnya sudah jamak dilakukan pabrikan otomotif di seluruh dunia. Terlebih lagi di Eropa dan Amerika. Hal-hal kecil yang menyangkut keselamatan konsumen sangat diperhatikan, kalau perlu recall, ganti, dan bahkan hingga kompensasi ganti rugi. Indonesia?

No Recall

Advertisements

27 comments on “Yamaha YZF-R1-pun Direcall di India, R1 di Indonesia? Masih Aman

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s