Strategi Suzuki untuk Bangkit di 2014-2015?

Membaca artikelnya Wak Haji Taufik tentang si Gixxer 150 aka GSX 150, Burgman 125 dan 200, “Mini FU” serta Van Van 125 seperti membawa harapan bagi saya dan mungkin para pecinta Suzuki di Indonesia. Kenapa? Karena sebagai salah satu pecinta Suzuki (hehe…), kemunculan berbagai motor Suzuki ini, walaupun masih dalam bentuk NJKB alias belum launching, seakan-akan memunculkan harapan baru bagi pecinta Suzuki.

Gixxer 150_Foto by MotorBeam

Gixxer 150_Foto by MotorBeam

Saat ini motor yang laris manis dari Suzuki hanya menyisakan FU150, walaupun banyak yang mengecapnya sebagai motor alay 🙂 , namun tidak bisa dipungkiri kalau motor ini masih menjadi daya tarik bagi speedlover di tanah air. Motor-motor lain di kelas batangan, skutik apalagi bebek kalah bersaing dengan motor-motor dari ATPM lain.

Sejak jaman saya kecil, keluarga memang selalu membeli motor Suzuki sehingga sudah sangat terbiasa dengan produk-produk Suzuki, mulai dari RC80, RC 100 Bravo, Suzuki Shogun hingga terakhir Thunder 125 yang kemarin baru “direstorasi”. Dengan munculnya motor-motor Suzuki dalam daftar NJKB tersebut, terutama si Gixxer dan Burgman, membuat harapan tentang kebangkitan si Suzi muncul lagi, apalagi jika banderolnya tidak jauh dari angka NJKB 😀

Suzuki Burgman

Suzuki Burgman 200

Si Gixxer yang menurut NJKB-nya hanya 12,4 juta rupiah, jika dipasarkan mungkin dikisaran 18 juta akan apple to apple dengan Verza-nya Honda. Desain body yang racy tentu sangat menggoda buat pengguna motor batangan entry level. Sedangkan Burgman 200 yang NJKBnya 14,7 juta jika dipasarkan dengan harga 25 jutaan maka akan menghantam pasar PCX 150nya Honda. Bakal berdarah-darah si PCX kalau dihantam dengan harga 25 jutaan.

Suzuki Van Van 125

Suzuki Van Van 125 (foto dari TMC Blog)

Sedangkan Van van 125 dengan NJKB 11 juta jika dipasarkan di bawah 18 juta maka akan menciptakan pasar baru yang tidak ada pesaingnya di Indonesia. Pesaing di atasnya ada dari Kawasaki, si Estrella 250 namun jika harganya 60 juta ke atas, marketnya mungkin akan sangat kecil dan sedikit pengaruhnya. Strategi dengan motor baru dan harga (semoga) yang tidak mahal inilah mungkin yang akan menjadi senjata Suzuki di 2014 ini atau setidaknya 2015 nanti.

So, akankah Suzuki bisa menaikkan market share-nya di Indonesia dengan jagoan-jagoan baru di atas? Dengan motor-motor yang benar-benar baru dan harga yang terjangkau tersebut (semoga), bukan tidak mungkin Suzuki bisa fight back atau setidaknya menaikkan market share-nya. Kita tunggu saja launching dari semua motor di atas… 😀

Advertisements

26 comments on “Strategi Suzuki untuk Bangkit di 2014-2015?

  1. Saya juga pecinta Suzuki Mas Bro, masih tersimpan FXR walau bekas tabrakan tapi males untuk dijual, “terlanjur sayang” gitu lah..
    Ke depannya semoga bisa bawa pulang Brugman 200 kalo sudah diproduksi ntar,

  2. haha… yang ketar ketir yamaha nihh klo suzuki naik daun…. krn dulu memang suzuki yg di peringkat 2 ms di sini… trs di salip yamaha..

  3. Pingback: Data Penjualan Motor Februari 2014, Suzuki Perlu Kerja Lebih Keras! | 4G92 Mivec Blog

  4. banyakin aja varian Nex biar segmented seperti strategi Yamaha mio bertahan menghadapi beat.gimana jg pasar skutik adlh yg paling gemuk.

  5. Susuki itu kendaraannya hebat n bagus , cuman sayang team para penggawa suzuki ini selalu lelet alias lambat dalam melihat dan mengikuti kebutuhan pasar , sehingga merek lain selalu bisa lebih dulu memenuhi kebutuhan pasar baru suzuki nyusul untuk dapat sisanya aja .
    Cobalah belajar berani ambil keputusan yang cepat dlm melihat kebutuhan pasar , wacana mendatangkan : gixxer , Burgman, Raider Van van jangan cuma wacana dan terus wacana yg akhirnya gagal / batal . Ayo buktikan segera dan maksimalkan seluruh tenaga pemasarannnya……….Suzuki bisa jika mau berjuang keras dan jangan hanya menunggu …….mari kejar bola dan jangan menunggu bola datang sxendiri .

    • Hehhe…begitulah…
      Mungkin masih menggunakan pola pikir orang Jepang kuno yang cenderung lambat dalam mengambil keputusan…meeting terus…keputusannya 5 bulan kemudian 🙂
      Sekarang kita tunggu saja si Gixxer dan juga Burgman…saya yakin 2 motor ini bisa laris jika harganya masuk akal.

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s