Cuaca “Aneh” di Batam

Salah satu yang khas di Batam seperti yang pernah saya tulis di sini bahwa Batam itu tidak mempunyai musim, setiap saat bisa hujan ataupun panas menyengat. Bahkan kadang hujan hanya terjadi pada satu tempat sebesar lapangan bola saja, sedangkan sekelilingnya ga hujan 🙂 Namun akhir-akhir ini koq tak ada hujan sama sekali seantero Batam, ada apakah gerangan?

Batam Kekeringan

Batam Kekeringan (Foto : Batam Pos)

Seperti diberitakan http://batam.bisnis.com, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam memprakirakan wilayah Kota Batam, Kepulauan Riau, akan mengalami kekeringan karena tidak akan ada hujan sampai akhir Februari 2014. Cuaca ekstrim telah mempengaruhi Kota Batam yang diprediksi akan mengalami kekeringan sampai dengan akhir bulan ini meskipun bukan musim kemarau, waduhh…. Berdasarkan pantauan kami, tidak akan ada hujan di Batam hingga akhir Februari,” kata Kepala BMKG Hang Nadim Batam Phillip Mustamu, Kamis (20/2/2014). Ia mengatakan sebenarnya potensi pembentukan awan di wilayah Batam relatif banyak, namun awan-awan hujan itu tertiup hingga menjauhi wilayah Batam. Sebenarnya, kata Phillip lagi, saat ini bukan musim kemarau. Karena Batam dan daerah lain di Kepulauan Riau tidak mengenal musim, melainkan hujan sepanjang tahun.

Dan dari catatan BMKG, tidak turunnya hujan ini sudah dimulai sejak 20 Januari 2014 hingga sekarang, sehingga terhitung sudah 1 bulan lebih Batam tidak hujan sama sekali. ANEH. Panas yang melanda Batam ini banyak memicu kebakaran diantaranya kebakaran hutan di Piayu, di Sekupang, bengkong serta kebakaran perumahan di Bengkong. Philip mengimbau masyarakat untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan untuk menghindari kebakaran, mengingat daun-daun yang mengering saat kemarau sangat rentan terbakar.

Kebakaran di Bengkong Batam

Kebakaran di Bengkong Batam (Foto : AntaraNews)

Kebakaran Hutan di Piayu beberapa waktu yang lalu

Kebakaran Hutan di Piayu beberapa waktu yang lalu

“Setiap hari satu sampai dua kali ada kebakaran pada wilayah Batam. Bahkan sempat terjadi empat titik kebakaran. Musimnya juga memang mendukung, sedang kering ditambah angin kencang jadi harus hati-hati dengan api,” kata Kepala Kantor Penanggulangan Bahaya Kebakaran Badan Pengusahaan (PBK BP) Batam, Slamet Sriyanto.

Rumput depan rumah pun sampai mengering hiks hiks….

image

Rumput depan rumah...

Advertisements

11 comments on “Cuaca “Aneh” di Batam

  1. Pingback: Alhamdulillah, Setelah Sholat Istisqa Langsung Turun Hujan Di Batam | 4G92 Mivec Blog

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s