DIY : Ganti Lampu Speedometer Lancer CK4 aka Evo 4

Penggantian lampu speedometer mobil sebenarnya mudah lho. Yang penting hanya harus tahu bagian tersulitnya, yaitu bagaimana cara membuka panel speedometer 😀 Berhubung lampu speedometer Lancer CK4 saya mati satu sekalian saya saya share DIY (Do It Yourself) cara menggantinya. Alat yang diperlukan hanyalah Obeng (+) dan Lampu Penggantinya. Kalau di Lancer CK4 hanya memakai lampu jenis T5 dan T10.

Speedometer Lancer CK4, Speedometer Lancer Evo 4

Speedometer Lancer CK4

Yang pertama adalah membuka baut panel penutup speedometer. Ada 2 buah baut yang harus dibuka. Agar lebih mudah jangan lupa untuk menurunkan stir mobil.

Baut Panel Penutup Speedo Lancer

Baut Panel Penutup Speedo

Gunakan Obeng (+) untuk Membuka Baut Speedo Evo 4

Gunakan Obeng (+) untuk Membuka Baut Speedo

Setelah terbuka bautnya, tarik penutup panelnya. Cukup ditarik menggunakan tangan dengan hati-hati karena ada klip pengunci di belakangnya.

Tarik panel Penutup Speedo

Tarik panel Penutup Speedo

Setelah terbuka akan terlihat speedometer secara keseluruhan beserta baut pengikatnya.

Baut Pengikat Speedo (4 pcs)

Baut Pengikat Speedo (4 pcs)

Buka 4 baut pengikat speedometer yang saya lingkari merah dengan obeng (+). Jika sudah terbuka bautnya, speedometer sudah bisa dilepas. Tarik pelan-pelan spedoometer, tidak perlu khawatir kabel atau kawat speedometer putus karena speedometer Lancer CK4 tidak menggunakan kawat speedo. Jadi dibelakang speedo hanya ada 2 buah socket/konektor untuk menghubungkan speedometer dengan mobil.

Speedometer tinggal ditarik aja...

Speedometer tinggal ditarik aja…

Socket/Konektor Speedometer Evo 4

Socket/Konektor Speedometer

Nah kalau speedo sudah terlepas, dengan mudah kita bisa mengganti lampu speedometer. Silakan lihat dibagian belakang speedometer, disana akan ada banyak lampu sebagai indikator fitur-fitur mobil. Seperti yang sudah saya sebutkan, lampu speedo Lancer CK4 hanya menggunakan jenis T10 dan T5.

Lampu-lampu pada Speedo Lancer Ck4

Lampu-lampu pada Speedo Lancer Ck4

Yang saya beri panah kuning adalah lampu-lampu speedo yang bisa kita ganti. Yang besar adalah T10 sedangkan yang kecil adalah T5.

Lampu T5 vs T10 vs T20

Lampu T5 vs T10 vs T20

Untuk mengganti Lampunya, cukup putar lampu berlawanan arah jarum jam dan tarik maka lampu akan terlepas. Untuk Lampu bawaan Lancer CK4 masih berupa lampu pijar, sehingga kurang awet. Agar awet bisa diganti dengan yang model LED. Walaupun sedikit mahal, namun kita bisa memilih warna lampu hijau, biru putih atau merah sehingga tampilan speedometer di malam hari lebih terang dan beda dengan mobil lainnya. Tentu saja lebih awet dibandingkan lampu pijar.

Lampu T5 & T10 Standard Lancer Evo 4

Lampu T5 & T10 Standard Lancer CK4

Mudah sekali bukan….? Untuk memasang kembali speedometer, cukup lakukan cara ini dengan terbalik. Oh ya…. kalau mau diganti dengan lampu LED pemasangan lampu jangan sampai terbalik karena Lampu LED mempunyai polaritas (+) dan (-), sedangkan lampu pijar bisa dibolak-balik tanpa (+) dan (-). Jadi setelah dipasang jangan dibaut dulu, tapi ON-kan kunci kontak dan lihat apakah lampu LED hidup atau tidak. Kalau tidak hidup lampunya tinggal dibalik saja pemasangan lampunya.

Contoh LED T10

Contoh LED T10

Semoga berguna 🙂

 

Related Post

Advertisements

22 comments on “DIY : Ganti Lampu Speedometer Lancer CK4 aka Evo 4

  1. Bagaimana jika, Jarum Speedometer dan Odometer Digital tidak berfungsi. Apa yang harus dilakukan ? apakah mengganti Speedometer Set nya ?

    • Kalau untuk speedo dan odo digital yg mati biasanya yg rusak IC didalamnya. Dlu klo di batam ada yg bisa repair, cuma orangnya dah pulang kampung. Kalau sekarang kurang tau.
      Jd yaa… harus diganti 1 set kalau tidak ada yg bisa repair 🙂

  2. bro, bagaimana kalau seandainya lampu tersebut tidak menyala. sedangkan ketika di tukar posisinya dengan tempat yang lain lampu nyala. Dari 9 lampu t 10 di mobil ane, cuma 4 aja yg hidup. trims

  3. Kalo ck4 saya lampu check enginenya mati. Sudah saya bawa ke bengkel biasa dan bengkel resmi, bilangnya gak ada masalah apa2, bahkan mesin sehat walafiat. Saya jd curiga kalo hanya bolam check enginenya yg mati. Yg saya mau tanyakan, apa benar dugaan saya bro?, trs kalo bolam check engine, pakenya yg T5 atau T10 ya bro?

    Btw makasih buat tips cara membuka speedometernya.

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s