Tentang Batam 2, Yang Khas di Batam

Melanjutkan artikel sebelumnya di sini, sekarang kita bahas hal-hal yang khas dan mungkin hanya ada di Batam. Mulai dari nama tempat, otomotif, tata kota, dan lain-lain. Berikut selengkapnya.

  • Jodoh hanya ada di Batam

Jodoh memang hanya di Batam, karena Jodoh adalah nama daerah bukan jodoh sehidup semati :mrgreen: . Jodoh bisa dibilang menjadi pusat niaga di Batam selain Nagoya dan Batam Center.

Kawasan Jodoh Batam

Kawasan Jodoh Batam (www.skyscrapercity.com)

  • Banner Raksasa yang menyerupai Holywood

Banner “Welcome to Batam” adalah salah satu ikon di Kota Batam, terletak di Batam Center yang merupakan pusat pemerintahan dan pusat pemukiman warga Batam. Tulisan raksasa berwarna putih ini terdapat di Bukit Clara, Batam Centre yang berjarak sekitar 300 meter dari dataran Engku Putri.

Banner Raksasa Welcome to Batam

Banner Raksasa Welcome to Batam

  • Nagoya bukan hanya di Jepang, tapi juga ada di Batam

Sama halnya dengan Jodoh, Nagoya yang biasanya hanya dikenal di Jepang adalah nama daerah di Kota Batam. Di Nagoya, kita bisa menemukan pusat perbelanjaan mulai dari Mall, Pasar hingga deretan ruko yang jumlahnya sangat banyak. Kalau mau cari tas, jam dan parfum branded, disinilah tempatnya 🙂

Kawasan Nagoya Batam

Kawasan Nagoya Batam (www.batam-island-info.com)

  • Batam hanya kota kecil, tetapi Mall-nya banyak

Di Batam, Mall merupakan salah satu tujuan wisata, baik turis maupun warga Batam sendiri. Setidaknya ada 8 Mall besar di Kota Batam, yaitu Nagoya Hill, Kepri Mall, Mega Mall, BCS Mall, Top 100 Mall, Harbour Bay Mall, STC Mall, dan Panbil Mall. Tinggal pilih saja mau kemana…

Nagoya Hill Mall

Nagoya Hill Mall (www.indonesia-minutenews.com)

Nagoya Hill dan BCS Mall bisa dibilang menjadi mall yang paling ramai. Kalau mau cari HP atau Laptop, di Nagoya Hill ini tempatnya (tentu saja selain Lucky Plaza). Kalau mau cari busana muslim, wajib mampir ke DC Mall…

  • Mobil Impor (CBU) yang Murah

Mobil mewah banyak berseliweran di Batam. Mobil-mobil tersebut diimpor langsung sebagai CBU (Completely Built Up) car. Karena Batam merupakan daerah Free Trade Zone (FTZ), maka semua barang impor di Batam tidak kena pajak PPN dan PPnBM sehingga lebih murah. Contohnya saja Toyota GT86 yang di Jakarta sekitar 600 juta, di Batam “hanya” 470 juta. Vellfire dan Alphard “hanya” sekitar 500 jutaan di kota ini. Hanya saja, mobil-mobil tersebut tidak bisa dibawa keluar Batam, apapun caranya (yang legal lho) 😦

Salah satu Mobil Mewah di Batam

Salah satu Mobil Mewah di Batam

  • Status tanah sebagian besar Hak Guna Bangunan, bukan Hak Milik

Setiap 30 tahun, warga yang meiliki tanah atau rumah di Batam harus mengeluarkan biaya 10% dari nilai NJOB, jika ingin terus menggunakan asetnya tersebut. Selain itu bagi pemilik rumah atau tanah di Batam, selain harus membayar PBB setiap tahun juga harus membayar sejumlah uang kepada BP Batam (d/h Otorita Batam), yang disebut UWTO (Uang Wajib Tahunan Otorita).

  • Tidak terlihat adanya kabel listrik di Kota Batam

Inilah yang saya kagumi di Batam. Kota ini sudah menerapkan jaringan distribusi listrik bawah tanah, sehingga tidak terlihat kabel listrik bergelantungan di sepanjang jalan. Terlihat bersih dan rapi… Kabel listrik hanya terlihat untuk daerah-daerah pinggiran atau setelah masuk ke perumahan.

Jalanan Batam tanpa Kabel Listrik

Jalanan Batam tanpa Kabel Listrik

  • Tidak familiar dengan nama jalan

Kalau berkunjung ke Batam dan menanyakan nama jalan, bisa dipastikan 99% tidak akan bisa menjawab karena di Batam, untuk menuju ke suatu tempat biasanya hanya berdasarkan nama daerah atau bahkan nama perumahan tersebut. Misalnya mau ke Batam Center, Batuaji, Piayu, Jodoh, Blok 2, Nagoya, PJB, Sekupang, Punggur, dll.

Jadi jika ada jual beli online yang mengaku ada di Batam dan mencantumkan nama Jalan, bisa dipastikan 80% adalah penipuan karena nama-nama toko biasanya berupa nama Komplek Pertokoan dan nomernya.

  • Nama persimpangan yang khas dan aneh

Lain halnya dengan nama jalan, nama persimpangan sangat dikenal di Batam, namanya pun kadang unik bin nyleneh. Ada simpang Frengky, simpang Jam (karena ada jam besar di simpang tersebut), simpang Kara, simpang Panbil (karena ada Panbil Mall), simpang Dam (karena ada Dam), simpang Seken (karena ada pasar seken), simpang Kabil (karena menuju ke daerah Kabil), dan lain-lain.

Simpang Jam Batam

Simpang Jam Batam

  • Batam surga belanja fashion branded, tapi KW

Barang-barang fashion bermerek sangat mudah ditemui di Batam, terutama di daerah Nagoya dan Jodoh. Banyak tas-tas ataupun baju-baju bermerek dijual di komplek pertokoan di daerah Nagoya dan Jodoh. Tas-tas tersebut biasanya bukan asli tetapi KW, ada yang KW super, Semi Ori, dll yang sangat susah dibedakan dengan aslinya. Yang asli sebenarnya juga ada, tapi harga sama saja, mahal.

Salah satu Toko Tas di Batam

Salah satu Toko Tas di Batam

  • Taksi di Batam (sebagian besar taksi non resmi) beroperasi layaknya angkot

Taksi-taksi tersebut mengangkut penumpang satu, kemudian jalan, jika ada penumpang lain, diangkut lagi asalkan sejalan, begitu seterusnya sampai penuh. Taksi-taksi ini tidak menggunakan argo, jadi harganya sesuai kesepakatan atau kebiasaan saja.

Taksi Batam

Taksi Batam

(Update 2015) Tapi saat ini sudah mulai taksi berargo di Batam, mulai dari Blue Bird, Silver Cab, Port Taxi, dan lain-lain.

  • Batam tidak lagi identik dengan Elektronik murah

Mungkin 10 tahun lalu Batam terkenal dengan barang-barang elektronik yang murah. Namun saat ini lupakan image tersebut, kecuali HP BM (Black Market), tidak ada lagi barang elektronik murah. Banyak iklan atau tawaran HP online mengatasnamakan Batam yang harganya sangat murah, dijamin itu adalah penipuan. Harga HP BM memang lebih murah daripada di daerah lain, tapi tidak murah-murah amat dan juga dengan resiko tanpa garansi tentunya.

  • Batam tidak mempunyai Musim

Benar sekali, Batam adalah pulau atau kota yang tidak mempunyai musim, baik musim kemarau maupun musim hujan. Karena posisinya yang dikelilingi lautan, cuaca Batam sangat mudah berubah. Yang pasti setiap minggu pasti ada hujan walaupun hanya sehari. Jadi rata-rata kendaraan baik mobil atau motor di Batam body-nya selalu kotor karena hujannya tidak bisa ditebak 😀

 

Related Post

Advertisements

15 comments on “Tentang Batam 2, Yang Khas di Batam

  1. Pingback: Cuaca “Aneh” di Batam | 4G92 Mivec Blog

  2. Bagi yang suka wisata “rohani” di Batam banyak panti pijat yang menyajikan layanan tambahan, yang menjamin ketentraman jiwa anda. Tentram karena gak akan digrebek oleh satpol PP.
    Bagi yang baru pertama berkendara di jalanan kota Batam, harap berhati-hati karena di jalan raya pun terkadang ada polisi tidurnya, apalagi di perumahan-perumahan, minta ampun polisi tidurnya, tiap lima meter.
    Batam jalan rayanya kelihatan mulus membuat pengemudi terlena. Padahal tiba-tiba bisa terperosok lobang.
    Pokoknya harus hati-hati di kota Batam. Banyak jalan berlubang dan banyak lobang berjalan-jalan.

  3. Enk lho tgl di batam kta siapa kebuthan mahal,jgn prcya buktny saya udh 6 thun dsni trus plng kmpung msh blek lgi kesni enk lho batam

  4. Pingback: Masih Tentang Batam, Kata-kata, Ungkapan dan Dialek Khas Batam | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s