Fitur Safety Mobil, Pilih ABS atau Airbag?

Fitur safety pada kendaraan terutama mobil sangatlah penting, seperti Stability Control, Traction Control, Crash Prevention, Seatbelt Pretensioner, Airbag, ABS, EBD, BA, dan lain-lain. Fitur-fitur ini dulunya sangat minim tersemat dalam mobil-mobil produksi negara kita. Namun belakangan, sepertinya para pabrikan sudah mulai memperhatikan fitur dengan menyematkan beberapa fitur keselamatan pada mobil-mobil produksinya.

ABS atau Airbag?

ABS atau Airbag?

Lalu, apakah fitur safety yang paling kita inginkan tersemat di mobil kita? ABS, Airbag, atau cukup Seatbelt saja? Bagi saya pribadi, fitur safety yang ada di mobil saya Kyo, Lancer CK4 Mivec yaitu Seatbelt, Dual SRS Airbag dan ABS (Air Brake System) sudah dirasa mencukupi untuk menunjang keselamatan selama ini.

Airbag merupakan piranti keselamatan yang  biasanya terpasang di bagian depan, baik itu di depan sopir (terletak di dalam stir) dan juga di depan penumpang depan (di dalam dashboard). Walaupun untuk mobil-mobil kelas atas jumlah airbag bisa mencapai 6 atau bahkan 8 bagian, namun rata-rata mobil hanya menerapkan airbag pada kedua tempat tadi.

Airbag akan berfungsi jika sensor-sensor airbag mendeteksi adanya benturan. Sensor tersebut berupa sensor benturan dan juga sensor kecepatan. Ketika benturan terdeteksi maka sensor akan mengeluarkan sinyal ke control unit bahwa terjadi benturan, sehingga memerintahkan inflator untuk mengembang.

Sedangkan ABS (Antilock Brake System) akan bekerja jika sensor ABS yang ditempatkan pada keempat roda mendeteksi adanya roda yang terkunci akibat pengereman. Saat roda mengunci, maka sensor ABS akan mengeluarkan sinyal ke Control Unit yang kemudian akan mengontrol rem membuka dan menutup secara otomatis. ABS bekerja membuka dan menutup rem bisa mencapai 15 kali per detik, sehingga biasanya akan terasa getaran pada pedal rem.

Jadi, mobil tanpa ABS biasanya akan meluncur saat pengereman mendadak yang diakibatkan oleh ban yang terkunci, sedangkan mobil dengan ABS mobil bisa lebih maksimal dalam melakukan pengereman mendadak karena ban tidak akan mengunci.

Mobil dengan ABS dan Tanpa ABS

Mobil dengan ABS dan Tanpa ABS (http://www.astracreditcompanies.com)

Banyak perdebatan mengenai ABS atau Airbag yang lebih penting. Yang jelas, ABS hanya bekerja untuk mencegah terjadi kecelakaan, sedangkan Airbag hanya bekerja jika kecelakaan sudah terjadi, sehingga Airbag adalah sistem yang sekali pakai. Airbag juga hanya akan berfungsi jika si driver mengenakan seat belt dengan sempurna, jadi pastikan anda meng-klik seatbelt jika sedang mengendarai mobil.

Dari pengalaman pribadi saya, ABS pada si Kyo sangat membantu sekali di jalanan kota Batam yang mengharuskan kita untuk sering mengerem mendadak. Terhitung sudah berfungsi 2 kali saat mengerem mendadak dan ABS bekerja agar roda tidak mengunci.

Advertisements

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s