Mengganti Kapasitor ECU Lancer

Iseng browsing mencari informasi tentang Lancer, saya menemukan info yang menurut saya sangat penting untuk para pengguna Mitsubishi Lancer. Dari blog tacra’s DIY garage di sini dan di sini dijelaskan bahwa ECU (Electronic Control Unit) untuk Mitsubishi Lancer harus diganti kapasitornya jika sudah berumur 10 tahun. Waduh…usia si Kyo (Lancer CK4 Mivec saya) saat ini sudah sekitar 17 tahun, dan belum pernah diganti kapasitor ECU-nya 😕

ECU Lancer

ECU Lancer

Cara mengganti kapasitornya pun tergolong mudah dan murah karena hanya mengganti 4 buah kapasitor di dalamnya. Harga kapasitor kualitas bagus juga tidak mahal, mungkin hanya sekitar 5000 rupiah per pcs. Dengan bantuan solder, soder wick (penyedot timah solder) dan sedikit keahlian menyolder kita bisa mengganti kapasitor ini sendiri. Kapasitornya bisa diganti dengan merek apa saja, asalnya kapasitasnya sama, yaitu :

Kapasitor ECU yang diganti

Kapasitor ECU yang diganti

Untuk menggantinya, yang jelas harus mencabut kabel aki dulu agar tidak terjadi korsleting. Buka box ECU dan akan kelihatan 4 buah kapasitor yang akan diganti.

Kapasitor yang akan diganti

Kapasitor yang akan diganti

Gunakan soder wick atau penyedot timah solder untuk membuka kapasitor. Hati-hati dalam melepas kapasitor, jangan sampai ada jalur PCB yang ikut terlepas.

Soder wick untuk melepas kapasitor

Soder wick untuk melepas kapasitor

Setelah selesai penggantian kapasitor kita bisa langsung pasang ECU kembali, dan mengetes keseluruhan fungsi mobil. Untuk ECU si Kyo Mivec, sepertinya saya belum berani mencobanya, kalau jadi rusak bisa jutaan melayang :mrgreen:

 

Related Post

Advertisements

7 comments on “Mengganti Kapasitor ECU Lancer

  1. permisi om, saya pengguna ck4 matic di jakarta utara butuh recomendasi kemana utk mengganti ecu mesin & ecu matic (sudah di service tapi perform belum maksimal)

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s