Kuliner di Kelong Seafood Mak Uteh dan Restoran Jawa-Melayu Tanjung Piayu Batam

Kalau ke Batam tidak lengkap rasanya jika belum ke Jembatan Barelang. Ungkapan itu yang sering kita dengar jika membicarakan tentang Batam. Namun selain Jembatan Barelang, ada satu hal yang juga wajib dinikmati jikalau pergi ke Batam, yaitu Seafood.

Di Batam terdapat banyak sekali restoran Seafood yang semuanya menawarkan rasa yang khas, mulai dari Golden Prawn di Bengkong, Sri Rejeki di Batu Besar dan juga beberapa restoran seafood di sekitar Jembatan Barelang seperti Golden Fish dan Barelang Seafood.

Golden Prawn Batam

Golden Prawn Batam

Barelang Seafood Batam

Barelang Seafood Batam

Untuk harga, rata-rata mematok sekitar 200 – 300 ribu rupiah (update 2016, harganya sekitar 300 – 400 ribu) untuk porsi 2 orang dengan menu nasi, kepiting, udang, gonggong, sayur dan minuman (es kelapa muda). Nah, jika dirasa terlalu mahal, di Batam ada beberapa Kelong Seafood yang mematok harga sekitar 120 – 180 ribu rupiah dengan menu dan porsi yang sama (update 2016, harganya sekitar 180 – 250 ribu). Kelong-kelong tersebut berada di ujung selatan Pulau Batam, tepatnya di Kampung Tua Piayu Laut. 

Kampung Tua Piayu Laut dapat dicapai hanya dengan menggunakan kendaraan pribadi, motor ataupun mobil. Dari Panbil Mall atau Batamindo Industrial Park Mukakuning menuju ke selatan (arah Piayu) dengan kecepatan rata-rata 60km/jam akan memakan waktu sekitar 20 sampai dengan 30 menit. Selepas daerah Pancur, sepanjang perjalanan kita bisa melihat pantai dan pulau-pulau di sekitar Batam. Jembatan Barelang juga tampak dikejauhan (sebelah kanan jalan) dalam perjalanan ini.

Jalanan menuju Piayu Laut

Jalanan menuju Piayu Laut – Keren kan?

Di Kampung Tua Piayu Laut ada beberapa Kelong Seafood yang selalu ramai, terutama di hari-hari libur seperti Kelong Mak Uteh, Restoran Jawa-Melayu, Love Seafood, dan Rumah Makan Pantai Biru Sehati. Kelong-kelong Seafood ini letakkan berdampingan, jadi jika yang satu penuh bisa makan di kelong seafood lainnya.

Kelong Mak Uteh Piayu Laut

Kelong Mak Uteh Piayu Laut

Restoran Jawa-Melayu Piayu Laut

Restoran Jawa-Melayu Piayu Laut

Untuk yang pertama-kali ke Piayu laut, mungkin agak kebingungan mencari Kelong Mak Uteh dan Restoran Jawa-Melayu, karena kedua restoran ini tidak memasang papan nama dipinggir jalan. Jadi, kalau sudah berjalan menuju Piayu Laut, nanti akan kita temui gapura besar di tengah jalan bertulisskan Kampung Tua Tanjung Piayu. Dari gapura ini kita masih harus terus jalan karena hampir sampai. Jangan menyerah ya… Yang jelas di tahun 2016 ini, semua jalan menuju Piayu laut sudah halus bin mulus 😀

Gapura Kampung Tua Piayu Laut

Gapura Kampung Tua Piayu Laut

Dari gapura, sekitar 200 meter akan ada Restoran Love Seafood disebelah kiri dan Halte Bis di sebelah kanan. Dari Love Seafood ini jangan langsung berhenti, tapi lurus sekitar 100 meter sampai menemukan gedung SD di sebelah kanan. Di depan SD tersebut ada belokan dan turunan tajam ke kiri, nah, disitulah kita turun dan sampai di Kelong Mak Uteh dan Restoran Jawa-Melayu. Untuk parkir kendaraan, para pemuda di kampung ini menarik biaya 5000 rupiah untuk satu mobil.

Restoran Pantai Biru Sehati Piayu Laut

Restoran Pantai Biru Sehati Piayu Laut

Saya hanya pernah mencicipi seafood di Kelong Mak Uteh dan restoran Jawa-Melayu, kalau Love Seafood belum pernah. Untuk Kelong Mak Uteh, rasanya lebih kearah selera Melayu, sedangkan di restoran Jawa-Melayu, rasanya lebih mengarah ke selera Jawa, sesuai namanya 😀

Untuk jenis makanannya juga sama, yaitu Kepiting (Saus, Lada Hitam, dll), Rajungan, Range, Ikan, Sotong, Gonggong, dan lain-lain. Semuanya terasa mak nyuss…. apalagi ditambah dengan es kelapa muda :mrgreen:

Nyammiiee....

Nyammiiee….

Biasanya saya ke Piayu laut untuk menikmati kepiting atau rajungan, baik dimasak asam pedas ataupun lada hitam, sotong, udang, dan gonggong. Ditambah dengan sayur dan kelapa muda biasanya ‘hanya’ menghabiskan sekitar 150 – 170 ribu rupiah (Update 2016, sekitar 180 – 250 ribu). Tidak mahal bukan?

Jadi, jika ada waktu luang silakan disempatkan untuk ke tempat ini. Dijamin tidak akan menyesal 🙂

 

Related Post

Advertisements

31 comments on “Kuliner di Kelong Seafood Mak Uteh dan Restoran Jawa-Melayu Tanjung Piayu Batam

  1. Pingback: Gonggong, Seafood Khas Batam/Kepri yang Unik dan Lezat | 4G92 Mivec Blog

    • Bisa banget mbak, banyak temen2 yang kesana pake motor. Jalannya aspal halus, kecuali 200an meter terakhir sebelum kelong ini. Kalo porsi sedikit bisa langsung kesana, kalo banyak lebih baik telpon dulu karena nunggunya akan lama. Namun jika di hari libur jangan sampai kesana sore atau malam hari karena biasanya sudah habis 🙂

      Makasih dah mampir

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s