Fitur Sederhana Mobil yang Sangat Penting, Indikator Pintu!

Pengalaman kami saat pertama kali menggunakan mobil Toyota Avanza beberapa waktu yang lalu ketima mudik ke Jogja. Untuk jalan-jalan, kami sekeluarga coba sewa sebuah mobil Toyota Avanza 1.5G M/T.

Toyota Avanza

Toyota Avanza

Karena terbiasa dengan si Kyo, Lancer CK4 Mivec yang bisa dibilang penuh dengan fitur-fitur safety walaupun mobil jadul kami-pun kurang memperhatikan hal-hal “kecil” seperti Indicator pintu yang ada di dashbord.

Indikator Pintu Avanza

Indikator Pintu Avanza

Pagi itu kami jalan-jalan memakai Avanza tersebut, saya dan istri di depan, sedangkan Naya anak kami, ibu dan 1 orang keponakan di baris kedua. Berjalan sekitar 3 km dari rumah tiba-tiba ada seorang pengendara motor yang selalu menunjuk ke arah mobil kami. Pengendara tersebut selalu berusaha untuk mendahului mobil kami dan menunjuk sebelah kanan. Kami-pun tidak menghiraukan apa yang dilakukan pengendara motor tersebut karena setelah saya cek, semua indicator safety di dashboard mati, berarti tidak ada masalah (saya pikir).

Setelah sekitar 15 km dari rumah, kami berhenti di sebuah lampu merah. Tiba-tiba pengedara motor tersebut muncul di samping kanan mobil saya dan mengetuk kaca mobil. Saya turunkan kaca dan pengendara motor tersebut berseru “Pak, pintu sebelah kanan belum tertutup rapat”. Kami-pun kaget dan segera mengecek kondisi pintu sebelah kanan dimana anak-anak bermain di belakang dan ternyata benar, pintu belum tertutup sempurna.

Segera pintu kami tutup rapat dan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada pengendara motor yang baik hati tersebut. Alhamdulillah, tidak terjadi apa-apa dengan kami semua.

Indikator pintu mobil, fitur yang mungkin sangat sederhana, tapi sangat penting dengan keselamatan berkendara, terutama jika kita mempunyai anak yang biasa berada di jok belakang.

Searching di mbah google, saya pun jadi tahu kalau memang Avanza tidak ada indikator pintu-nya, walaupun sebenarnya sudah tersedia slotnya. Para pengguna Avanza biasanya memodifikasi dashboard-nya untuk menambahkan fitur ini. Salah satunya di link berikut.

 

Related Post

Advertisements

2 comments on “Fitur Sederhana Mobil yang Sangat Penting, Indikator Pintu!

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s