LCGC, Perbandingan antara Agya dan Karimun Wagon R

LCGC sedang menjadi trend baru masyarakat Indonesia, terutama untuk golongan menengah atas, lha piye jal…. yang katanya Low Cost Green Car tapi harganya di kisaran 80 juta ke atas, ya bukan murah namanya 😀 😀 . Pertama kali dikenalkan si duo kembar Ayla dan Agya langsung mendapat sambutan luar biasa. Dan sekitar sebulan kemarin, Suzuki juga tidak mau ketinggalan meluncurkan LCGC mereka yaitu Karimun Wagon R.

Wagon R Batam

Karimun Wagon R Batam

Jadi dalam artikel ini, saya hanya akan coba bandingkan Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon R, dimana untuk Agya dibanderol dengan harga antara 99,9 juta rupiah hingga 120,75 juta rupiah, sedangkan Wagon R dilabelin harga 77 hingga 99 juta rupiah. Sebenarnya kalau dari segi harga jelas tidak sepadan, namun untuk urusan fitur sepertinya akan lebih menarik jika dua city car ini dibandingkan.

Perbandingan Agya vs Karimun

Perbandingan Agya vs Karimun

Fitur

Yang coba kita bandingkan pertama adalah dari fitur Safety. Toyota Agya sudah dilengkapi dengan Airbag untuk semua tipe sedangkan Karimun tidak ada Airbag. Namun Karimun mempunyai fitur yang tidak dimiliki Agya, yaitu Immobilizer. Fitur ini mungkin hanya dimiliki oleh mobil-mobil mahal, namun Suzuki berani bersaing dengan mencangkokkan fitur immobilizer di Karimun sehingga kita akan merasa lebih nyaman memarkir mobil ini karena mobil tidak akan bisa dijalankan tanpa kunci aslinya.

Airbag Toyota Agya

Airbag Toyota Agya

Immobilizer Alarm Karimun

Immobilizer Alarm Karimun

Kemudian Karimun juga menyertakan fitur Child Proof Door Lock, yaitu fitur yang ada di pintu belakang yang berguna agar pintu tidak bisa dibuka dari dalam, sehingga jika ada anak-anak di belakang akan lebih aman. Under Seat Tray pada Karimun tipe GX menjadi fitur unggulan yang menjadi pembeda dan menawarkan keamanan lebih terhadap barang-barang berharga yang ditinggalkan pengemudi dalam kendaraan.

Child Proof Door Lock Karimun

Child Proof Door Lock Karimun

Dalam hal kemewahan, Karimun mempunyai tampilan dashboard yang modern. Tampilan cluster meter yang sporty (GX dan GL) juga menjadi salah satu kemewahan yang ditawarkan Karimun Wagon R. Gear Shift Indicator juga disematkan untuk membantu pengemudi dalam mengetahui perpindahan posisi gear. Adanya fitur electric power steering dan power window (GX dan GL) semakin memudahkan dan memanjakan pengemudi. Tidak mau kalah, Agya juga menawarkan cluster meter dan desain dashboard yang sangat manis.

Cluster Meter Agya

Cluster Meter Agya

Dan yang jelas untuk transmisi, Agya kemungkinan lebih banyak diminati karena menawarkan Transmisi Manual dan Otomatis, sedangkan Wagon R hanya manual saja. Tentu saja masyarakat perkotaan akan sangat diuntungkan dengan adanya transmisi otomatis.

Interior & Eksterior

Masuk ke dalam interior, keduanya memiliki kabin yang sama lega meskipun Toyota Agya memiliki wheelbase lebih panjang. Bodi Suzuki Karimun Wagon R yang lebih tinggi yang memberikan penempatan kursi depan dan belakang yang lebih proporsional dan nyaman dibandingkan dengan Agya sehingga lebih cocok untuk perjalanan jauh.

Interior Agya vs Wagon

Interior Agya vs Wagon

Soal interior desain dan built quality, Suzuki Karimun Wagon R terlihat lebih kokoh dan berkelas. Sedangkan Toyota Agya terlihat ringkih dan murahan karena pemilihan kualitas plastik yang tidak sebaik Suzuki Karimun Wagon R. Bisa diibaratkan seperti membandingkan interior Suzuki Ertiga dan Toyota Avanza 🙂

Meskipun Toyota Agya lebih kecil dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R dari segi tinggi, ternyata Toyota Agya sepertinya memiliki ruang bagasi yang sama dibandingkan dengan Suzuki Wagon R.

Bagasi Wagon R vs Agya

Bagasi Wagon R vs Agya

Toyota Agya memiliki bentuk desain yang lebih umum dengan mengusung desain hatchback yang memiliki atap rendah, sedangkan Suzuki Karimun Wagon R memiliki bentuk city car dengan atap tinggi, atau yang sering disebut Kei Car di Jepang. Baik Toyota Agya maupun Suzuki Karimun Wagon R memiliki desain yang cukup manis dan tidak nyeleneh.

Dimensi Toyota Agya unggul dengan wheelbase lebih panjang 50 mm dan lebih lebar 125 mm. Sedangkan untuk ground clearance meskipun Toyota Agya terlihat lebih pendek, ternyata jarak pijak antara tanah dengan bodi Toyota Agya lebih tinggi 10 mm dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R.

Mesin

Toyota Agya dan Suzuki Karimun Wagon R sama-sama dibekali dengan mesin 1.000 cc 3 silinder yang sudah dilengkapi dengan sistem distribusi bahan bakar injeksi. Output tenaga yang dihasilkan juga hampir sama yaitu 68 Hp untuk Wagon R dan 65 Hp untuk Agya. Untuk urusan torsi, Suzuki Karimun Wagon R juga lebih unggul dengan 90 Nm, Toyota Agya harus puas dengan 87 Nm saja. Disini bisa dilihat bahwa Karimun Wagon R sedikit lebih unggul dengan torsi dan tenaga yang lebih besar.

Mesin Agya

Mesin Agya

Mesin Wagon R

Mesin Wagon R

Walaupun tenaga dan torsi Suzuki Karimun Wagon R lebih besar dibandingkan dengan Toyota Agya, Toyota Agya bisa jadi lebih bertenaga dibandingkan dengan Suzuki Karimun Wagon R. Karena Toyota Agya memiliki bobot sangat ringan hanya sebesar 780 kg untuk tipe tertinggi. Nah Suzuki Karimun Wagon R karena menggunakan material plat bodi lebih tebal dan kaki-kaki lebih kuat khas Suzuki, bobot mobil tersebut membengkak menjadi 835 kilogram.

Konsumsi BBM

Berdasarkan test dari Autobild Indonesia, konsumsi BBM untuk 2 mobil ini juga tidak berbeda signifikan. Berikut detail konsumsi BBM-nya untuk rute dalam kota, Tol dan kombinasi.

Konsumsi BBM Agya vs Karimun

Konsumsi BBM Agya vs Karimun

Jadi silakan tentukan pilihan. Kalau mau beli mobil dengan fitur lumayan dengan harga agak miring bisa ambil Karimun, sedangkan jika menginginkan mobil small hatchback dengan fitur banyak bisa dicoba Agya. Kalau di Batam sekarang sudah banyak berseliweran mobil-mobil ini, walaupun lebih banyak terlihat Agya dibanding Karimun.

Kalau saya tetap pilih si Kyo…. 😀

Advertisements

14 comments on “LCGC, Perbandingan antara Agya dan Karimun Wagon R

  1. Pingback: Minica Toppo Town Bee, Key Car Retro dari Mitsubishi | 4G92 Mivec Blog

  2. nih ane tinggalin jejak tai ane… hehehe..
    review yang baik.
    ane tambahin aja , walo karimun wagon R lebih berat, rupanya lebih irit. dibanding agya, yang bannya lebih besar sehingga lebih berat jg. karwo 19kman/lt. agya 18kman/lt.

  3. Soal stabil, mana lebih stabil ya? Agya ato Karimun? Soal konsumsi bahan bakar, agya berapa? Karimun berapa? Kalo after sales bagusan mana ya? Mohon info nya ban, tq yaa☺☺

    • Untuk kestabilan hampir sama saja… tapi agya sedikit lebih stabil karena bodynya yang lebih rendah.
      Konsumsi BBM juga mirip. Untuk dalam kota Agya 14.9 km/liter, Wagon 15.4. Jalan Tol Agya 21.3 km/liter, Karimun 21.4 (data Autobild).

      After sales jangan tanya lagi…toyota masih lebih bagus, walaupun suzuki juga tidak jelek.

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s