Lancer CK4 aka Evo 4 vs All New Corolla vs Civic Ferio

Sebelum saya membeli si Kyo aka Lancer Evo 4 Mivec, saya tertarik dengan 2 jenis sedan lainnya, yaitu Honda Civic Ferio dan juga Toyota All New Corolla. Budget harga waktu itu sekitar 50 s/d 80 juta untuk membeli mobil-mobil di Batam tahun 2011. Dengan kisaran harga segitu, di Batam kita bisa mencari mobil-mobil (sedan) keluaran tahun 1997 s/d 2000-an, seperti Corolla, Civic, Lancer, Nissan Sunny, Accord, Corona, Galant, Soluna, dll.

Untuk Accord, Galant dan Corona langsung saya coret karena cc yang tinggi, otomatis secara teori lebih boros, maklum kantong cekak :D. Walaupun kalau di Batam banyak juga Corona dengan cc 1.6 Liter atau Accord 2.0 Liter, namun pastinya harga sparepartnya lebih mahal dibandingkan kelas sedan di bawahnya. Sedangkan untuk Nissan Sunny, selain karena buta sama sekali dengan Nissan juga modelnya kurang sreg 😀

Nissan Sunny/Sentra

Nissan Sunny/Sentra

Honda Accord

Honda Accord

Jadi sebelum memutuskan, saya coba nyelem dulu sama mbah google kira-kira kelebihan dan kekurangan dari mobil-mobil tersebut. Dari berbagai sumber, saya merangkumnya untuk saya jadikan pegangan. 

1. Mitsubishi Lancer CK4 aka Evo 4

Mobil ini merupakan salah satu mobil idaman anak muda yang notabene seneng ama kebut-kebutan, mungkin karena termakan image EVO asli ( walaupun tenaganya pas-pasan 112 hp) dan kadang modifikasi ancur-ancuran sehingga membuat tampilannya tambah kacau. Jadi harus berhati-hati dan jeli dalam memilih mobil ini. Tampilan body keren dan gak lekang oleh jaman. Body-nya juga agak lebih bongsor dibandingkan Corolla maupun Ferio.

Lancer CK4

Lancer Ck4

System suspensi Lancer model Mc Person di depan, dan belakang menggunakan multi link. Kekurangannya, kaki-kaki lemah sehingga harus diperhatikan bila selalu lewat jalan jelek. Mesinnya yang digunakan Lancer CK4 bisa dibilang biasa saja, 4G92 SOHC 1.600 cc dengan tenaga 112 hp dan torsi 137 Nm, walaupun kata orang bisa sampai 200 Km/jam. Kalau di Batam ada yang versi Mivec dengan mesin DOHC, tenaga sekitar 172 HP ⭐

Selain dari kaki-kaki juga Lancer CK4 biasanya memiliki masalah pada idle-upnya atau biasa disebut Servo. Jika sudah problem, maka dalam keadaaan idle terutama ketika nyala AC, RPM akan naik turun bahkan hingga mati sendiri karena idle turun hingga ratusan rpm. Jadi sebelum membeli Lancer CK4, pastikan dites kondisi idle-nya.

2. Toyota All New Corolla (1996 – 997)

All New Corolla bisa dibilang produk gagal karena tidak lebih sukses dibandingkan pendahulunya Great Corolla. Mobil ini hanya bertahan setahun dan kemudian digantikan New Corolla di tahun 1998.

Mesinnya halus karakter DOHC yang berputar halus sampai rpm atas. Tidak seperti mesin SOHC rival yang saat rpm tinggi terasa ada sedikit getaran (seperti suara dengkuran kucing hehehe). Tenaga lumayan dan torsi juga besar, kalau tidak salah 110 hp/6000rpm dan 145 Nm/4.800rpm.

All New Corolla

All New Corolla

Kata orang peredaman All New Corolla (ANC) juga sangat jelek, suara dari luar sangat terdengar. Kalah jauh dibandingkan dengan Ferio dan Lancer Evo 4. Suspensi Corolla menggunakan type Mc Person untuk depan dan belakang. Suspensinya terbilang lembut dan sangat mudah mengayun. Memang akan terasa sangat nyaman jika tidak ngebut, namun handling menjadi susah di saat kencang 🙂

3. Honda Civic Ferio

Model oke, hampir sama dengan Lancer yang tidak ketinggalan jaman. Tenaga dan torsinya lumayan walaupun SOHC.  Mesin VTECnya benar-benar bisa diandalkan dengan 125 PS-nya. Mencari yang body mulus susahnya minta ampun. Karena biasanya udah terserang karat di list kaca khas Honda. Kenyamanan baik karena suspensinya double wishbone di keempat roda. Bantingannya juga empuk dibandingkan Civic 1.7 atau Civic 1.8 (katanya). Kehalusan mesin biasa, peredaman lumayan bagus. FC terkenal irit. Kekurangannya hampir sama dengan Lancer, ada di kaki-kaki.

Enaknya punya Ferio, masih terlihat ganteng hingga sekarang. Selain itu part modifikasi juga masih sangat banyak, hampir sama dengan Lancer Ck4.

Civic Ferio

Civic Ferio

Terus Pilih Yang Mana?

Jadi jika dilihat dari system suspensi,  kestabilan Ferio ama Lancer hampir setara. Sementara Corolla sedikit di bawah Lancer dan Ferio karena suspensinya paling sederhana – Mc Person di keempat roda sehingga kemungkinan memberikan tendensi body roll  yang besar. Apalagi setingan suspensinya sangat empuk. Secara teori peredaman Mc Person kurang baik karena shock ama per dipantek dibawah di bagian roda dan di atas langsung di body. Sehingga gelombang dari jalan langsung diteruskan kearah body. Selain itu gerakan roda yang tidak tegak lurus terhadap jalan menambah potensi body roll.

Double Wishbond Suspension

Double Wishbond Suspension

Multilink Suspension

Multilink Suspension

Dari segi sparepart Honda dan Mitsubishi sih harganya mirip-mirip, agak mahal kalau yang ori. Walaupun umurnya juga tahan lama, bisa sampai 5 tahun atau lebih. Tapi… untuk Corolla walaupun kaki-kakinya simple gitu… ada kelebihannya lho, harga sparepartnya murmerrrr berhubung suspensinya juga simple sehingga komponennya lebih sedikit. Dan ini yang penting, kebanyakan orang yang baru mempunyai mobil, biasanya ngga bisa bedain antara suspensi Torsion Beam ato Multilink ato yang lain, yang penting bisa jalan :D.

Untuk FC semuanya mirip-mirip, sekitar 1:10 s/d 1:13, tergantung kaki masing-masing. Jadi kesimpulannya, kalau mau sparepart murah, banyak kw-nya ya pilih Corolla, tapi kalau mau mengutamakan handling, dan penampilan jelas Lancer or Ferio… harga sparepart mirip-mirip.

Dan untuk saya pribadi, karena kebetulan saat itu ada tetangga yang jual Lancer, Manual, Mivec, kinclong pula…jadi ya sudah langsung diangkut hehe. Kalau anda, monggo tersrah pilih yang mana 🙂

Si Kyo - Lancer CK4 Mivec

Si Kyo – Lancer CK4 Mivec

 

Related Post

 

Advertisements

44 comments on “Lancer CK4 aka Evo 4 vs All New Corolla vs Civic Ferio

  1. honda dengan vtec nya memang menggoda..tapi kalo dapet lancer mivec ya jelas lancer mivec nya..1600cc dohc tenaganya ngeri..astina 1800cc dohc pun nggak setinggi itu powernya.. 🙄

  2. kode mesin lancernya apa ya ? ada jual mesin glondongannya aja enggak? sekarang pake cb5 mau ganti ck yg lokal 4g92 jauh banget ama cb5 4g93…mo convert klo ada mesin nya..he he….

  3. Pingback: Lancer CK4 Mivec vs Lancer CK4 Versi KTB | 4G92 Mivec Blog

  4. saya dari batam mas, saya penguna civic SiR ek4 Engine DHOC b16b5 , dan civic ferio ek3 engine SHOC VTI d15z7 CVT, matic, untuk supsensi khusus seri ini sangat berbeda sekali , karena bawaan pabrik sudah di lengkapi sturt bar depan belakang, atau stabilizer supsension,saya sendiri pencinta mobil 97, khusus lancer dan civic, bnyk perbedaan yang saya resakan, walaupun ferio vti mesin SHOC tp tarikan pertama sangat berbeda dengan lancer. vtecnya honda terasa banget tenaganya. apalai DHOC VTEC honda lebih brutal.

    • Salam kena masbro…
      Ikut Civic Club juga? Yang tiap malam minggu di alun-alun?

      Kalo soal tarikan Civic memang saya akui mantab banget… saya coba pakai civic ferio VTI aja mantab banget di tarikan awal… 😀

      Kalo Lancer Mivec menurut perasaan saya bagus di gigi 3 keatas, kalau gigi 1 & 2 agak kurang.

      Untuk Civic VTi sudah ada stabilizer juga ya?

  5. Thanks gan infonya bermanfaat bgt bagi sya yg baru kenal dunia otomotif (maklum orang kampunk hehe). Oya gan nanya dikit nih utk jenis evo 4 boros gk bbmny ? Coz ane denger2 jenis evo rata2 boros ya bener gk tuh ?

    • Ga rugi juga koq sebenarnya…soalnya kalau kenyamanan pasti lebih nyaman Accord daripada Civic, soalnya dah pernah naik dua-duanya dan memang Accord lebih baik dari segi kenyamanan, lapang dan kekedapan kabin 🙂
      Lagian Accord dan Civic juga sudah beda kelas…

  6. gan, tanya dong..

    pasaran ck4 yg mivec berapa ya ?
    kayanya di jabodetabek jarang ada mivec… saya di bogor

    apa mivec udah bawaannya pake sunroof ? atau ada juga yang ngga pake ?
    keren mobilnya gan, jadi pengen

    • Mivec dari aslinya ada sunroofnya, emang terlihat jauh lebih keren dari CK4 “lokal” 🙂

      Kalo pasaran CK4 Mivec di Batam rata-rata 40 – 60 tergantung kondisi, biasanya sekitar 50an klo kondisi OK. Kalo di Jawa tidak ada/jarang karena memang tidak dijual oleh KTB. Biasanya yang pakai Mivec di Jawa adalah hasil swap engine…harganya jadi naik banget kalo dah jadi mivec di jawa, sekitar 90 – 100an 🙂

    • Tergantung mas bro tinggal dimana. Klo dikota besar tentu tidak masalah dengan kondisi jalan dan spare part. Soalnya kategori mobil tua ini jd sudah banyak perlu perawatan dan penggantian part. Klo masih berjiwa muda saran saya hanya civic ato lancer, banyak komunitas, aksesori dan performance part.

      Kenyamanan dan performa mirip. Spare part klo di kota besar tidak ada masalah karena mudah di dapat. Test drive baru tentukan pilihan 🙂

  7. salam kenal ..baru boyong ANC ..mohon bimbingan apa2 yg perlu di perhatikan..
    btw..kemarin baru ganti oli mesin dan filter..pas buka oli tinggal sikit apa sebabnya.
    pagi2 hidup ada asap putih dan berair apa sebabnya.tq maaf newbie banyak tanya

  8. utk mas tri ,. soal asap dan air yg keluar dari knalpot LUMRAH krn adanya perubahan suhu dari dingin ke panas,.nah oli yg kurang ini yg jd masalah,.kalo tidak ada kebocoran, ring piston/seal valvenya udah lemah ditandai asap putih yg tak kunjung hilang walau mesin tlah sampai pada temperatur normalnya.

  9. Gan Saya di tawarin temen evo 4 plat BG (palembang) manurut agan harga 40 cukup murah gak, saya pakeknya malang-surabaya..
    Denger2 sih boros, saya jadi bingung di ambil apa kagak yak 😂😅 soale saya baru di dunia otomotif n belom paham mesin 😂😭😬

  10. Gan, kebetulan saya lagi liat2 mobil bekas untuk kendaraan roda 4 pertama. Pilihannya antara civic / lancer, nah beberapa waktu lalu sempat liat postingan di lapak online Mivec “97 seharga 42jt namun saat cek pajaknya yang muncul di sistem adalah “Lancer 1600 SOHC GLXI”. Kesalahan pada sistem atau penjual yang salah menyebutkan spesifikasinya ?

    • Memang untuk Lancer Mivec selalu ditulis SOHC GLXI…biasanya karena orang pajak/dispenda kurang mengerti dengan jenis2 lancer. Karena nampak sama dengan Lancer GLXI jadi ditulis gitu saja. Hampir semua Lancer Mivec teman saya juga tertulis GLXI SOHC di STNKnya 🙂

  11. Pingback: Mitsubishi Lancer Tidak Jadi Disuntik Mati? | MivecBlog.com

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s