Komponen-Komponen Mesin Mobil yang Sering Bermasalah

Mesin mobil sangat kompleks jika dibandingkan dengan mesin motor. Banyak komponen-komponen yang kerap kali bermasalah apabila tidak di rawat secara teratur. Meskipun kita tidak bisa memperbaiki sendiri tetapi kita wajib tahu beberapa komponen mesin yang paling sering bermasalah sehingga tidak mudah dicurangi oleh “bengkel nakal” dan membuat biaya perbaikan membengkak.

Mivec Engine
Mivec Engine – Mitsubishi
VTEC Engine
VTEC Engine – Honda


Pendeteksian komponen rusak harus diawali dengan pengetahuan akan fungsi komponen tersebut. Berikut fungsi masing-masing komponen dan indikasi kerusakannya:

1. Distributor
Komponen ini berfungsi menyuplai tenaga hasil pengapian ke semua komponen penggerak di rangkaian mesin. Bila pendisribusian tenaga terganggu otomatis mesin bekerja dengan tidak baik.

2. Koil
Koil berfungsi untuk membangkitkan energi listrik. Sehingga bila rusak, maka proses pengapian juga tidak akan terjadi. Hal serupa juga terjadi pada busi, yang berfungsi untuk memantik proses pengapian.

3. Busi
Busi yang aus akan terlihat dari bentuk kepalanya yang sudah rusak atau bisa juga renggang. Bila anda menemukan salah satu busi bermasalah anda wajib mengganti satu set (seluruh busi mesin anda) karena biasanya kondisi busi lainnya tidak jauh berbeda.

4. Sistem injeksi (Khusus mobil injeksi, bukan karburator)

Sistem injeksi ini adalah sistem distribusi bahan bakar yang mengalirkan bahan bakar kedalam silinder mesin.

Sebenarnya komponen ini jarang rusak namun sering kali menimbulkan gejala bila kotor/tersumbat. Indikasi injector (sistem injeksi) tersumbat yaitu mesin akan bergetar kasar yang tiba-tiba muncul dan segera hilang kala gas diinjak dalam-dalam dan putaran mesin tinggi.

Coba lakukan langkah berikut:

  • Nyalakan mesin dan masukan gigi pada posisi netral
  • Injak pedal gas dalam-dalam secara tiba-tiba (seperti mau ngebut)- Bila mesin terasa terbatuk; bahasa sehari-harinya “mbrebet” kemungkinan besar injector anda kotor.

Solusinya adalah dengan melakukan Injector Cleaning. Ada beberapa metode diantaranya Ulrasonic dan Interject Service. Injector Cleaning sebaiknya dilakukan setiap 40.000 km untuk menjaga sistem ini selalu prima.

Sebagai catatan, bensin Premium lebih kotor dibandingkan Pertamax dan Pertamax+ sehingga otomatis mobil yang menggunakan bensin Premium Injectornya cenderung lebih cepat kotor.

5. Karburator
Secara fungsi sama dengan injektor yaitu memasok bensin ke silinder namun karburator bekerja secara mekanis manual sedangkan injektor yang sudah elektronik.

Setelan katup Karburator
Ini bukan komponen, hanya settingan saja. Bila setelan idle katup terlalu tinggi katup karburator tak menutup sempurna, dan menyebabkan supply bahan bakar ke silinder terlalu banyak.

Nah, itulah beberapa komponen mobil yang biasanya sering bermasalah. Kalau untuk Lancer Evo 4 sendiri yang sering bermasalah biasanya adalah ISC – Idle Speed Control atau biasa disebut Servo.

Servo Lancer Mivec

Servo Lancer

Gejalanya adalah RPM yang tidak stabil atau naik turun. Hal ini biasanya disebabkan selain karena faktor usia juga kurang terjaganya kebersihan filter udara. Jadi, pastikan kebersihan filter udara tetap terjaga agar Servo awet karena jika rusak harganya sangat mahal.

Advertisements

9 comments on “Komponen-Komponen Mesin Mobil yang Sering Bermasalah

  1. Mas aku punya mobil daihatsu terios, klu pagi dipanasin awalnya sekitar 2 menit gak suara klutuk dari mesin .saat RPM turun sedikit ada suara klutuk dari mesin. setelah 3 menit kemudian dan mesin sudah panas suara ribut itu hilang. kenapa ya mas?kawatir mas mesinnya udah rusak.minta sarannya mas..makasi

  2. Mas aku punya mobil daihatsu terios, klu pagi dipanasin awalnya sekitar 2 menit gak ada suara klutuk dari mesin .saat RPM turun sedikit ada suara klutuk dari mesin. setelah 3 menit kemudian dan mesin sudah panas suara ribut itu hilang. kenapa ya mas?kawatir mas mesinnya udah rusak.minta sarannya mas..makasi

  3. Swift dlm kondisi jalan tiba2 ngegas sendiri dn rpm naik turun..busi dah di ganti sensor semua dah di bersihin..isc,sensor air flow, vakum dah semua..kira2 apanya ya bro..

  4. mas,mau nanya masslah servo,klo sevonya tidak fungsi,apa efeknya trus klo servonya di bersihin masih bisa ingga kira kira fi pakai lagi,mohon pendapatnya mas,trimakasih…………

  5. saya punya masalah dengan mobil carry 1.5 pick up.injeksi.mrembet apabila gas rendah n sering tenaga hilang….apa msalahnya…..?

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s