Kyo, My First Car – Lancer 4G92 Mivec

Kyo, begitulah istri saya menyebutnya. Sebutan untuk Mitsubishi Lancer CK4 tahun 1997 yang dikenal dengan “Lancer Evo 4” di Indonesia. Padahal kalau dibandingkan dengan Lancer Evolution beneran, dari spesifikasi dan harganya bagai bumi dan langit :). Kyo saya dapatkan di akhir bulan Desember 2011 sebagai kado ulang tahun istri saya. Dibeli dari tetangga yang saat itu mau ganti mobil city car 🙂

Kyo, si CK4 Mivec

Kyo, si CK4 Mivec

Kyo berbeda dengan kebanyakan Lancer CK4 yang beredar di Indonesia. Lancer CK4 yang beredar di Indonesia secara resmi diperkenalkan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Walaupun secara sekilas penampakannya sama, namun Lancer CK4 Mivec mempunyai beberapa perbedaan dengan Lancer CK4 versi KTB.

Berikut beberapa perbedaan antara Lancer CK4 Mivec, CK4 versi KTB dan sang legendaris Lancer Evolution 4.

Perbandingan Spesifikasi Lancer dan Lancer Evo

Perbandingan Spesifikasi Lancer dan Lancer Evo

Dari spesifikasi di atas terlihat bukan, betapa jauh beda Lancer CK4 KTB dan Evolution. Untuk bentuk body hampir sama, hanya untuk Evolution 4 terdapat foglamp besar di bemper depannya.

Lancer CK4 versi KTB

Lancer CK4 versi KTB

Lancer Evolution 4

Lancer Evolution 4

Lancer CK4 Mivec

Lancer CK4 Mivec

Untuk Kyo sendiri, dengan tenaga 172 hp sudah sangat cukup untuk dipakai harian, tenaganya ga habis-habis untuk menaklukkan jalanan Batam. Sayang untuk tendangan Mivecnya sendiri belum pernah saya rasakan karena jalanan Batam sudah semakin macet :(. Sebenarnya agar Mivec bisa aktif, cukup menggeber lebih dari 5000 rpm. Mungkin next time bisa dicoba di sekitar Barelang hehe…

Di Batam, untuk populasi Lancer CK4 sangat banyak, baik yang Mivec maupun non Mivec. Bahkan banyak taksi gelap yang menggunakan CK4 Mivec di Batam. Mobil-mobil ini adalah limbahan mobil bekas dari Singapura sebelum tahun 2004. Karena sebelum 2004 Batam masih bebas untuk impor mobil bekas dari luar negeri, biasanya dari Singapura & Malaysia. Setelah 2004, impor mobil bekas sudah dilarang, tetapi untuk impor mobil baru masih diperbolehkan dan tetap tidak dikenakan pajak sampai sekarang.

Itulah sebabnya kata orang, Batam adalah surga mobil-mobil aneh dan langka untuk tahun keluaran 90-an. Kalau sekarang podho ae… :mrgreen:

Tertarik ke Batam?

Advertisements

29 comments on “Kyo, My First Car – Lancer 4G92 Mivec

  1. Pingback: Situs Wajib Buat Pengguna Lancer CK4 aka Evo 4 | 4G92 Mivec Blog

  2. Pingback: All New Toyota Yaris 2014 Resmi Ngaspal, Harga Terendah 219 Juta! | 4G92 Mivec Blog

  3. Pingback: Benarkah Mitsubishi Lancer Evolution Akan Berakhir Nasibnya Tahun Ini? | 4G92 Mivec Blog

    • Kalo di Jawa harus swap engine bro, kalo yang ori ngga ada. Belum lama.ada yang jual tuh di Bandung, di grup FB Indonesian Lancer Community, sudah pake mesin Mivec. Pasaran di jawa sekitar 80an kalo ngga salah 🙂

  4. Pingback: Lancer CK4 Mivec vs Lancer CK4 Versi KTB | 4G92 Mivec Blog

  5. mas masih pakek mivec nggak kebetulan saya mohon rekomendasi klo mau beli part mivec 4G92 DOHC model CK4 seperti mas punya

  6. Gan mohon pencerahannya donk, ane bingung mau beli Lancer Evo 4 Mivec, 5 ato 6 ? kalo liat ulasan di blog agan ane tertarik bgt pengen Evo 4 Mivec, tp ane msh penasaran apa perbedaan Evo 4 Mivec, Evo 5 sama Evo 6 ..? Mohon pencerahannya gan secara ane msh Newbie maslah yg ginian mah hehe …

    • Agan mau beli evo beneran atau evo-evoan? Tapi evo beneran atopun wannabe tidak banyak perbedaan antara evo 4, 5 ato 6. Mesinnya sama plek. Sedikit berbeda di bentuk body saja, dan beberapa fiturnya. Kalo dari body, diantara evo 4, 5 dan 6 pilih evo 6. Tapi klo ada mending evo 7 ato 8 🙂

    • Belum pernah liat kalo CB pake Mivec di Batam…mungkin harus swap engine segelondong…

      Banyak engine part yang dipretelin trus di bawa keluar Batam…bisa lewat JNE juga klo ngga salah. Klo masalah hukum masih kurang paham… :mrgreen:

    • Mivec seperti vtec…memiliki pengaturan katup menyesuaikan dengan rpm jd saat mivec on menjadi lebih bertenaga. Lancer mivec bisa dibilang varian tertinggi di keluarga lancer non evolution. Klo glxi varian standard lancer, 1.6 liter sohc sedangkan mivec 1.6 liter dohc. Klo gli tidak ada gan…yang pake gli biasanya toyota. Satu lagi ada lancer sei, hanya beda fitur keamanan dan body kit dengan glxi. Klo glx biasanya 1.3 liter sohc.

  7. Masih menunggu, kapan ya mobil2 di Batam bisa keluar ke Jawa? 😦
    Kalo CK4 ktb biasa convert pake 6a13TT dan tetep FWD mungkin ga ya?

    • Klo itu saya juga nungguin masbro…dah kebelet pengen bawa mivec ke Jawa 😀
      Semua bisa aja bro mau dimasukin mesin apapun, hanya saja biayanya terlalu besar klo pake 6A13TT… karena buanyak yg harus diubah… mending pake 4G63T aja yg lebih simple… 🙂

      • Mntap blognya om, jd banyak tau the dgn mobil kesayangan ane.
        Shering2 boleh ya om. Engine Ck4 lokal kalo convert dengan engine ck4 mevic cocok g ya? kalo d batam ada g ya, yg jual engine mevic yg bisa keluar batam… Trus harganya berapaan ya om.

Monggo, silakan dikomeng atau dicaci maki...gratis ^_^

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s